5 Film Kung Fu yang Layak Ditunggu Tahun Ini

Di tengah derasnya sajian film-film Hollywood, film-film kung fu Mandarin sebenarnya tidak pernah berhenti berkarya. Bintang-bintang film kung fu ternama seperti Jet Li, Jackie Chan, Andy Lau, Donnie Yen, Michelle Yeoh, dan Aaron Kwok akan hadir tahun ini dalam film berbagai genre. Setelah IP Man 3 yang diputar berbarengan dengan Star Wars: Force Awaken mendulang sukses, tahun ini paling tidak ada 5 film kung fu Mandarin yang layak kamu nantikan kemunculannya.

 

Crouching Tiger Hidden Dragon 2: Sword of Destiny

via www.screencrant.com

Sutradara: Yuen Woo Ping

Pemain: Michelle Yeoh, Donnie Yen, Jason Scott Lee

Genre: Kung fu klasik

Tiga belas tahun sudah berlalu sejak kesuksesan Crouching Tiger Hidden Dragon (2000) memborong empat Oscar. Akhirnya Weinstein Company bersama Netflix, yang bertugas sebagai distributor, membuat sekuelnya yang berjudul Crouching Tiger Hidden Dragon: Sword of Destiny (CTHD2). Film ini yang akan tayang dengan format IMAX ini rencananya akan diputar di RRT serta Amerika pada bulan Februari 2016.

Film ini dibesut oleh Yuen Woo Ping, seorang koreografer kung fu jempolan (Kung fu Hustle,Once Upon a Time in China 2, True Legend, Kill Bill, Matrix). Alkisah, sekelompok kesatria yang bertugas menjaga sebuah pedang purba bernama Green Sword dari incaran para pemburu dan perampok. Cerita itu pun dibalut dengan kisah cinta Yu Shu Lien yang hilang serta penebusan dosa. Dijamin kamu akan takjub melihat suguhan gerakan kung fu dengan nilai artistik tinggi.

Untuk pemain, Michelle Yeoh masih berperan sebagai tokoh utama. Selain Yeoh, ada pula Yu Shu Lien, dibantu oleh Donnie Yen dan Jason Scott Lee. Chow Yun Fat dan Zhang Ziyi tak lagi terlibat dalam sekuel kali ini.

 

Kung Fu Yoga

via www.Superchanblog.blogspot.com

Sutradara: Stanley Tong

Pemeran: Jackie Chan, Amyra Dastur, Aarif Rahman, Sonu Sood

Genre: Kung fu modern dibalut bumbu komedi dan petualangan

Meski usia sudah mendekati senja, aksi Jackie Chan memang tidak ada matinya. Kali ini bekerja sama dengan produser asal India, Jackie Chan mengangkat paduan kung fu ala Mandarin dengan Yoga India yang dibungkus kisah petualangan.

Diceritakan Jackie Chan berangkat ke India dan Timur Tengah sebagai seorang profesor arkeologi yang meneliti harta karun Magada di Tibet. Tiba-tiba rombongan Chan disergap kawanan perampok. Salah satu anggota rombongan kabur mengambil berlian besar, lalu meninggalkan Chan terperangkap di gua es.

Seperti film-film Jackie Chan sebelumnya, Kung Fu Yoga tidak hanya menonjolkan aksi laga dan petualangan, tapi juga akting komedi Jackie Chan di setiap adegannya. Padauan tersebut menjadikan film ini sungguh menghibur, khususnya bagi kamu yang ngefans dengan Jackie Chan.

 

Feng Shen Bang 3D

via www.maactioncinema.com

Sutradara: Koan Hui dan Verni Yeung

Pemain: Jet Li, Tony Leung, Louis Koo, Huang Xiaoming, Angelababy

Genre: Kung fu Fantasi

Bagi kamu yang mengidolakan Jet Li, inilah film yang akan mengobati kerinduan kamu. Jet Li sudah cukup lama jarang muncul di dunia perfilman, kecuali sebagai pemeran pendukung di film Expendable 3.

Dalam film ini, Jet Li akan berperan sebagai Jiang Ziya, seorang ahli strategi perang Raja Wu dari Zhou. Tokoh ini berhasil menggulingkan Kerajaan Zhou dari Shang, setelah melalui pertempuran yang melibatkan hal gaib. Raja Zhou dari Shang berubah menjadi tiran setelah terbujuk rayuan jahat Daji, roh berbentuk rubah yang menyamar sebagai selir.

Film kung fu fantasi yang berformat 3D ini merupakan adaptasi dari novel Fengshen Yanyi karya Xu Zhonglin. Menelan biaya produksi sebesar 300 juta dolar Hongkong, film ini akan diputar pada bulan Oktober di RRT.

 

The Great Wall 3D

via www.hype.my

Sutradara: Zang Yimou

Pemain: Andy lau, Matt Damon, Jing Tian, Willem Dafoe

Genre: Kung fu klasik berbalut misteri dan sejarah

Film ini akan mengambil setting abad ke-15, saat tembok raksasa Cina ini masih dalam tahap pembangunan. Matt Damon akan berperan sebagai prajurit asal Inggris yang menyaksikan proses pembangunan tembok raksasa itu. Ternyata tembok raksasa ini ternyata dibangun bukan hanya untuk mencegah para prajurit Mongol menguasai daratan Cina, tetapi juga menghalangi serangan mahluk lain yang lebih seram dan ganas dari manusia.

Menurut rencana, The Great Wall 3D akan mulai diputar di Amerika sekitar bulan Oktober 2016, dan RRT sekitar bulan Desember 2016.

 

Monkey King 2

via www.goldposter.com

Sutradara: Cheang Pou-soi

Pemain: Aaron Kwok, Gong Li, Feng Shaofeng

Genre: Kung fu fantasi

Film yang koreografi kung funya dibesut oleh Samo Hung ini menceritakan perjalanan biksu suci mencari kitab tua bersama para muridnya. Murid pertama sang biksu adalah manusia kera bernama Sun Go Kong, yang juga menjadi tokoh utama cerita. Dalam perjalanan yang penuh rintangan dan gangguan dari para siluman, tejadi konflik antara Sun Go kong dengan gurunya akibat ulah siluman tengkorak. Biksu pun tertangkap dan Sun Go Kong harus menyelamatkannya.

Diangkat dari novel klasik berjudul Journey to The West karya Wou Cheng’en, film kung fu fantasi ini merupakan sekuel dari fim Monkey King yang meraih box office tahun 2014 lalu. Menurut rencana, film Monkey King 2 akan diputar bulan Februari 2016, bertepatan dengan Tahun baru Imlek.

 

Itulah 5 film kung fu Mandarin yang layak kamu tunggu sepanjang tahun ini. Tertarik menonton yang mana? Atau kamu lebih tertarik menanti film-film Indonesia tahun 2016?

 


Featured Image via www.pr.netflix.com