Nonton Film Tidak Harus Di Bioskop!


via kineforum.org

Nonton film cuma di bioskop? Sepertinya kalimat itu perlu dikoreksi lagi. Alasannya, seiring perkembangan masyarakat, kebutuhan akan tontonan juga semakin beragam.

Saat ini ada banyak film yang beredar di luar bioskop. Bukan karena secara komersil film-film ini tidak laku, tapi karena memang mengincar segmen tertentu. Film-film yang memberikan tawaran lain pada penonton dalam menikmatinya ini di kemudian hari disebut sebagai film alternatif.

Untuk memenuhi kebutuhan akan beragamnya film masa kini, muncullah ruang-ruang pemutaran atau ruang putar. Dinamakan ruang putar, karena tempat-tempat seperti ini punya ruangan khusus untuk memutar film. Selain itu, ruang putar biasanya juga punya jadwal dan program tertentu yang diperbarui secara berkala.

Berikut adalah tempat-tempat yang sering mengadakan pemutaran film. Lokasinya tersebar di berbagai kota. Kamu bisa pilih yang dekat dengan tempat kamu tinggal.

 

Kineforum – Dewan Kesenian Jakarta

via ciptamedia.org

via ciptamedia.org

Buat kamu yang tinggal di Jakarta, coba deh kunjungi Kineforum. Setiap bulannya, Kineforum membuat program yang mengangkat tema tertentu. Pemutaran film diselenggarakan hampir setiap hari. Untuk bulan November 2015 ini, mereka mengangkat tema #SinemaTetangga, yang fokus memutar film-film dari kota tetangga Jakarta. Kineforum berlokasi di area Taman Ismail Marzuki, di belakang bioskop Cinema XXI.

 

Minikino

via bali.tribunnews.com

via bali.tribunnews.com

Di Bali ada Minikino yang berfokus memutar film pendek, sesuai dengan jargonnya “healthy dose of short films”. Selain program pemutaran dan diskusi bulanan, ruang putar ini juga punya program andalan bertajuk Minikino Film Week dan Indonesia Raja. Kamu bisa mengunjungi situs Minikino untuk mengetahui lebih banyak tentang program-program yang mereka buat. Atau kalau kamu tinggal atau sedang jalan-jalan di Denpasar, bisa langsung kunjungi markas mereka di Griya Musik Irama Indah, Denpasar, Bali.

 

Kineruku

via kotakami.com

via kotakami.com

Di Bandung, ada Kineruku yang sebetulnya adalah perpustakaan swasta untuk umum. Di sini bukan hanya film, buku dan CD musik juga ada. Koleksi film biasa diputar di area yang disebut Moviestation. Untuk menampung penonton yang lebih banyak, Kineruku biasanya mengadakan pemutaran rutin di halaman belakangnya.

 

Forum Film Dokumenter

Suasana Malam Penganugrahan Festival Film Dokumenter 2013 via forumfilmdokumenter.blogspot.com

Suasana malam penganugrahan Festival Film Dokumenter 2013 via forumfilmdokumenter.blogspot.com

Yogyakarta punya Forum Film Dokumenter (FFD) yang khusus memutarkan film-film dokumenter Indonesia dan dunia. Hampir setiap bulan, FFD mengadakan pemutaran bertajuk ScreenDocs! di sekretariat mereka yang terletak di Jalan Sajiono 15, Yogyakarta.

FFD juga terkenal dengan event tahunan terbesarnya, yaitu Festival Film Dokumenter. Bulan Desember nanti festival tersebut akan diselenggarakan lagi di Yogyakarta. Untuk mengetahui info lengkapnya kamu bisa mengunjungi situs web dan akun Twitter-nya.

 

Sinema Rabu – Paviliun 28

via ilonadea.blogspot.com

bioskop mini di Paviliun 28 via ilonadea.blogspot.com

Sesuai namanya, Program Sinema Rabu mengadakan pemutaran film setiap hari Rabu malam. Sebelum atau sesudah nonton, kamu bisa menikmati hidangan yang ditawarkan di Paviliun 28 karena lokasinya berada di tempat kongkow. 

Kafe yang berlokasi di Jakarta ini punya bioskop mini dengan kapasitas 30 orang. Film yang diputar seluruhnya film Indonesia. Untuk jadwal dan film yang diputar, kamu bisa lihat akun Twitter-nya, @sinemarabu.

 

Rumah Seni Rumata

via revi.us

via revi.us

Bekerja sama dengan Cinema Appreciator Makassar, Rumata Art Space adalah ruang kesenian yang berlokasi di Makassar. Tiap minggunya, tempat ini mengadakan pemutaran dengan program yang diperbarui tiap bulannya. Buat kamu yang tinggal di Makassar dan sekitarnya, coba cari infonya di situs web dan akun Twitternya untuk mengetahui program pemutaran bulan ini.

 

Goethe Institut

via freedomfilmfest.komas.org

Suasana diskusi Freedom Film Festival di Auditorium Goethe Institut via freedomfilmfest.komas.org

Buat kamu yang suka menilik segala sesuatu Jerman, pasti tahu Goethe Institut. Tempat ini, selain mengembangkan pengetahuan tentang bahasa Jerman, juga menumbuhkan wawasan tentang budaya Jerman. Salah satu caranya adalah lewat media film.

Setiap bulannya, Goethe Institut mengadakan pemutaran film Jerman dengan tajuk program Arthouse Cinema. Tempat ini juga terkenal dengan event film tahunan bertajuk Jerman Fest. Dalam acara tersebut, selain memutarkan film-film Jerman secara umum, juga ada pemutaran film-film sains dengan tajuk Science Film Festival.

Saat ini di Indonesia, pusat kebudayaan Jerman yang memakai nama Goethe Institut ada di Jakarta dan Bandung. Untuk cabang Surabaya, namanya Wisma Jerman.

 

Institut Francais Indonesia

via uwie1010.blogspot.co.id

via uwie1010.blogspot.co.id

Lembaga kebudayan Prancis, Institut Francais Indonesia (IFI), juga rajin mengadakan pemutaran film. IFI sering menerima tawaran kerja sama dengan komunitas lain untuk mengadakan pemutaran di venue miliknya. Dengan begitu, hampir tiap minggu IFI mengadakan pemutaran, seperti pada minggu ini ada pemutaran yang diinisiasi oleh Kolektif.

Selain itu, IFI juga punya acara tahunan bertajuk Festival Sinema Prancis. Tidak hanya menyuguhkan film-film Prancis, festival yang diselenggarakan bulan Desember ini juga menghadirkan film-film pendek Indonesia. Saat ini, IFI punya cabang di empat kota besar di Jawa, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

 

Taman Budaya Yogyakarta

via nuansa.persmahasiswa.org

via nuansa.persmahasiswa.org

Taman Budaya Yogyakarta sering digunakan sebagai tempat pertunjukkan seni. Bukan hanya film, di tempat ini kamu juga bisa melihat pertunjukkan teater, tari, dan musik setiap minggunya. Malahan karena punya beragam venue yang dengan kapasitas jumlah penonton berbeda-beda, Taman Budaya Yogyakarta juga sering jadi tempat penyelenggaraan festival-festival. Untuk pemutaran film, biasanya diadakan di Gedung Societet Militaire.

 

Erasmus Huis

via jeremyirons.net

via jeremyirons.net

Erasmus Huis merupakan pusat kebudayaan Belanda di Jakarta. Pusat kebudayaan ini aktif menggelar acara-acara kesenian seperti pameran, konser musik, dan pemutaran film. Setiap tahunnya, ada dua festival film besar yang diselenggarakan Erasmus Huis, yaitu Erasmus Documentary Film Festival dan Europe on Screen. Erasmus Huis terletak di Kedutaan Besar Negeri Belanda, Jalan Rasuna Said, Jakarta.

 

Itulah 10 tempat yang bisa kamu jadikan alternatif nonton selain bioskop. Kamu harus coba menonton di tempat-tempat itu, dan rasakan wawasanmu bertambah lewat beragamnya film yang disuguhkan.