Yuk Kenalan dengan Karakter Antihero di 6 Film Ini!


Meski sudah tayang sejak 10 Februari lalu, gaung film Deadpool masih terasa sampai sekarang. Salah satu yang menarik sebagai bahan pembicaraan adalah penyebutan Deadpool sebagai superhero. Para fanboy lalu protes mengatakan bahwa Deadpool bukanlah karakter superhero, melainkan karakter antihero. Sebenarnya seperti apakah karakter antihero itu? Apakah antihero itu orang-orang yang anti dengan para hero?

Ternyata antihero bukanlah seperti itu. Antihero adalah mereka yang menjadi pahlawan dalam sebagian aspek, namun dalam aspek lainnya dianggap sebagai persona yang tidak sempurna. Mengutip dari kamus Merriam-Webster, antihero didefinisikan sebagai:

a main character in a book, play, movie, etc., who does not have the usual good qualities that are expected in a hero

Dibanding pahlawan yang biasanya sempurna baik dari segi fisik, psikis, dan moral, antihero justru muncul berkebalikan dari konsep sempurna tersebut. Beberapa dari mereka tidak sempurna secara fisik, psikis, dan/atau memiliki sikap-sikap antisosial. Entah ia pernah melakukan kejahatan, melakukan hal baik dengan motivasi pribadi, bertubuh kurang ‘ideal’ seperti pendek atau gemuk, dan/atau memiliki kelainan psikis.

Jadi sebenarnya karakter itu seperti apa sih? Nih beberapa contoh karakter antihero dalam film.

 

Walter White (Serial Televisi Breaking Bad)

Walter White, karakter utama dalam serial televisi Breaking Bad. via cognoscenti.wbur.com

Walter White, karakter utama dalam serial televisi Breaking Bad. via cognoscenti.wbur.com

Kisah dalam serial televisi Breaking Bad berpusat pada kehidupan Walter White, sang tokoh utama. Dikisahkan Walter White adalah seorang jenius di bidang kimia yang menjadi seorang guru kimia di suatu sekolah. Suatu hari ia mendapat diagnosis kanker paru-paru stadium 3 dan divonis hanya memiliki sisa hidup 2 tahun ke depan saja.

Demi istri dan anaknya yang menderita Cerebral Palsy, Walter berniat memberikan masa depan yang cerah secara finansial untuk keluarganya. Demi mencapai tujuan tersebut, Walter memutuskan untuk masuk ke dunia kelam dengan menjadi pembuat dan penjual narkoba.

Mengapa dia termasuk antiheroMenjadi penjual narkoba, memiliki kanker paru-paru, namun tetap memiliki tujuan baik demi memapankan keluarganya membuatnya jelas seorang antihero.

 

Dexter Morgan (Serial Televisi Dexter)

Dexter Morgan antihero dalam serial televisi Dexter. via theimpactnews.com

Dexter Morgan, karakter utama dalam serial televisi Dexter. via theimpactnews.com

Dexter Morgan adalah tokoh utama dalam serial televisi yang berjudul Dexter. Serial televisi ini berkisah tentang kehidupan seorang analis percikan darah di kepolisian kota Miami bernama Dexter Morgan. Di malam hari, Dexter berubah menjadi seorang pembunuh berantai. Namun ia tidak membunuh orang-orang secara membabi buta, hanya para penjahat saja.

Di balik semua itu, kebiasaan Dexter membunuh orang-orang ternyata disebabkan oleh trauma masa kecilnya. Melihat ibunya dibunuh secara brutal berdampak kepada kelainan jiwa Dexter yang selalu ingin membunuh orang. Ketika masih kecil, ia diadopsi oleh polisi kota Miami. Polisi ini mengajarkannya untuk melampiaskan hasrat membunuhnya kepada para penjahat saja.

Mengapa dia termasuk antiheroMeski yang dibunuh adalah penjahat, tindakan pembunuhan tetaplah tindakan yang secara moral dianggap salah. Selain itu, Dexter juga memiliki gangguan jiwa yang membuatnya tidak sesempurna superhero. Itulah yang menjadikannya seorang antihero.

 

Walter Kovacs/Rorschach (Watchmen)

rorscachc watchmen105 via aceshowbiz.com

Tokoh Rorschach dalam film watchmen. via aceshowbiz.com

Rorschach adalah alterego dari tokoh bernama Walter Kovacs dalam film Watchmen. Dalam film diceritakan Kovacs menginvestigasi kasus pembunuhan Edward Blake alias The Comedian. Dalam prosesnya, Kovacs menemukan berbagai macam konspirasi dari kasus tersebut.

Rorschach dikenal sebagai seorang detektif yang menumpas berbagai tindak kejahatan, mulai dari kejahatan jalan sampai kejahatan terorganisir. Namun dalam prosesnya, Rorscach dikenal menghalalkan berbagai cara. Ia bisa melakukan tindakan-tindakan yang sangat kejam; mungkin terkait dengan sifat sociopath yang dimilikinya.

Mengapa dia termasuk antiheroMeski tujuannya menumpas kejahatan, sifat sociopath dan cara menumpas kejahatan yang keji jelas membuat Rorschach seorang antihero.

 

Severus Snape (Harry Potter)

Alan Rickman memerankan tokoh Snape dalam film Harry Potter. via theodysseyoline.com

Alan Rickman memerankan tokoh Snape dalam film Harry Potter. via theodysseyoline.com

Tokoh ini adalah salah satu guru yang mengajarkan ilmu pertahanan terhadap sihir jahat di sekolah sihir Hogwarts. Sejak awal cerita, Snape dikisahkan selalu menjadi salah satu tokoh yang dicurigai sebagai penjahat. Kecurigaan ini didukung sikap sinis dan asumsi afiliasi Snape dengan Lord Voldemort. Severus Snape juga dikenal sebagai salah satu guru killer yang sering kali bersifat galak terhadap para murid.

Meski demikian, di akhir cerita akhirnya terungkap bahwa semua tindakan yang dilakukan oleh Snape adalah demi menjaga Harry tetap aman. Semua itu ia lakukan sebagai simbol cintanya terhadap Lily Potter. Tidak main-main, kisah cinta Snape yang sederhana tapi dalam ini kemudian menjadi salah satu kisah cinta yang paling diingat dalam sejarah perfilman.

Mengapa dia termasuk antihero: Dalam serial Harry Potter, Snape digambarkan memiliki masa lalu yang kurang menyenangkan sebagai korban bullying geng James Potter, ayah Harry. Dasar dari tindakan kepahlawanan Snape pun sedikit banyak adalah bentuk rasa cintanya terhadap ibu Harry, bukan murni untuk keadilan.

 

Erik Lehnsherr/Magneto (X-Men)

Dua orang pemeran Magnet dalam franchise film X-Men. via popsugar.com

Dua orang pemeran Magnet dalam franchise film X-Men. via popsugar.com

Tokoh yang satu ini mungkin sudah cukup kita kenal, baik melalui komik ataupun adaptasi film X-Men. Erik terlahir sebagai manusia yang termutasi dengan kemampuan memanipulasi besi. Dalam adaptasi filmnya, Magneto dikisahkan selalu bertentangan jalan dengan Charles Xavier alias Profesor X, terutama terkait perspektifnya dalam melindungi para mutan.

Meski begitu, tujuan akhir mereka berdua sebenarnya tidak jauh berbeda, yaitu agar para mutan bisa hidup tentram. Bedanya Magneto, cenderung menggunakan cara yang “keras” demi kejayaan para mutan.

Mengapa dia termasuk antiheroDalam adaptasi film X-Men, tujuan utama Magneto tetaplah melindungi para mutan. Namun cara-caranya yang cenderung tidak baik dan ofensif membuat Magneto cocok dikatakan sebagai karakter antihero.

 

Gru (Despicable Me)

Gru, sang antihero film Despicable Me. via despicableme.wikia.com

Gru, sang antihero film Despicable Me. via despicableme.wikia.com

Gru adalah tokoh utama dalam franchise Despicable Me. Di awal cerita, tokoh Gru diceritakan sebagai tokoh penjahat jenius yang punya rencana besar untuk mencuri bulan. Seiring perjalanan cerita, Gru yang tadinya jahat akhirnya melunak karena 3 anak perempuan yang ia adopsi.

Mengapa dia termasuk antihero: Meskipun dalam seri kedua Gru sudah berubah baik, sifat dan sikapnya masihlah seperti Gru terdahulu yang egois dan tidak terlalu memedulikan orang lain.

 

Itu dia tokoh-tokoh dalam film yang bisa disebut antihero. Masih ada tokoh lain dalam film, anime, atau novel yang adalah seorang antihero. Punya antihero favorit? Tuliskan di kolom komentar ya.