Hangover Setelah Pesta Semalaman? Konsumsi 5 Hal Ini Agar Segar Kembali


Setelah pesta liar sepanjang malam dengan berbagai minuman yang kamu minum, biasanya akan berlanjut dengan reaksi-reaksi tidak enak pada pada pagi harinya. Kepala pusing, sensitif terhadap cahaya dan suara, mual, kelelahan dan rasa tidak karu-karuan lainnya.

Jika sudah begitu, yang bisa kamu lakukan hanya terbaring terkapar, menyesali apa yang kamu lakukan tadi malam. Meski begitu, sebenarnya rasa hangover masih bisa diatasi lho. Salah satunya dengan makanan dan minuman berikut:

 

Air

Merasa pusing setelah pesta semalaman? Banyak-banyak minum air yah! via 6xc.com

Merasa pusing setelah pesta semalaman? Banyak-banyak minum air deh –  via 6xc.com

Terlalu banyak minum minuman beralkohol dapat menyebabkan tubuhmu dehidrasi. Karena itu cara paling sederhana meredakan hangover setelah pesta sepanjang malam adalah dengan minum air putih banyak-banyak.

Minum banyak air akan membantu mengembalikan cairan tubuh yang terkuras minuman beralkohol. Lain kali supaya hangover yang kamu rasakan tidak terlalu parah, coba deh minum air di sela minuman beralkohol.

 

Jahe

Jahe + Teh panas setalah pesta semalaman bisa jadi salah satu cara mengatasi hangover. via stylecraze.com

Jahe plus teh panas bisa jadi salah satu cara mengatasi hangover – via stylecraze.com

Jika hangover terasa sangat parah sampai membuat mual dan pusing, jahe bisa jadi pilihan cara mengatasi hangover. Dengan kandungan antioksidan dan antikoagulan, jahe akan membantu menyeimbangkan asam lambung juga sistem pencernaan tubuh.

Cara mengonsumsinya tentu bukan dicamil seperti halnya keripik. Untuk memperoleh manfaat jahe kamu bisa mencampurnya dengan air hangat, teh, ataupun susu.

 

Madu

Minuman madu campur air lemon adalah salah satu cara mengatasi hangover yang baik .via abc.net.au

Minuman madu campur air lemon adalah salah satu cara mengatasi hangover yang baik – via abc.net.au

Kamu juga bisa memanfaatkan madu untuk mengatasi hangover. Layaknya jahe, madu juga mengandung antioksidan sehingga baik untuk meredakan hangover.

Selain itu, pesta semalam suntuk minum-minum alkohol membuat gula darahmu jadi tidak stabil. Nah, kandungan fruktosa dan glukosa di dalam madu akan membantu mengembalikan keseimbangan gula darahmu.

Madu dapat dikonsumsi dengan cara dicampur air hangat. Untuk mendapat manfaat lebih banyak, bisa juga ditambah perasan lemon.

 

Air Kelapa

Air kelapa segar merupakan minuman yang cocok setelah pesta semalaman. via stylecraze.com

Air kelapa segar merupakan minuman yang cocok setelah pesta semalaman – via stylecraze.com

Bukan hanya sesudah berolahraga, air kelapa juga baik kamu minum ketika mengalami hangover. Dijamin rasa lelah, mual, pusing, dan sakit perut yang kamu rasakan sewaktu hangover bisa hilang.

Kandungan gula pada air kelapa dapat membantu menstabilkan tingkat gula darah yang terganggu akibat minuman beralkohol. Selain itu, air kelapa juga mengandung elektrolit berupa potasium. Elektrolit diperlukan untuk menjaga sel-sel tubuh dan berbagai fungsi penting dalam tubuh agar dapat berjalan normal.

 

Ubi

Selain minuman di atas, nyemil ubi juga bisa jadi cara mengatasi hangover lho. via cookieandkate.com

Selain minuman di atas, ubi juga bermanfaat untuk mengatasi hangover – via cookieandkate.com

Minuman beralkohol menyebabkan terganggunya gula darah serta metabolisme tubuh. Agar dapat kembali stabil, maka penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Ubi yang kaya kandungan karbohidrat bisa jadi camilan yang baik untuk mengatasi hangover. Terlebih karbohidrat pada ubi terdiri dari rantai kimia yang panjang. Dengan begitu ubi tercerna secara perlahan serta tidak menyebabkan peningkatan gula darah pada tubuh secara mendadak.

 


featured Image via polhem.com