Jerih Payah yang Para Pejuang LDR Wajib Lakukan Agar Hubungan Tetap Langgeng

Salahkan hormon oksitosin kalau kamu merasa ingin selalu dekat dengan sosok yang kamu kasihi. Hormon inilah yang menghadirkan rasa nyaman ketika sedang berdekatan, berpegangan tangan, atau berpelukan.

Sayangnya, hormon tersebut seolah tidak peduli kalau manusia tidak akan selamanya bisa berdekatan. Ada kalanya situasi tertentu seperti perjalanan dinas, pindah kerja, atau lulus kuliah menyebabkan kamu dan orang yang kamu kasihi tidak lagi bisa berdekatan. Istilah kerennya, kamu jadi pejuang LDR (Long Distance Relationship); harus menjalani hubungan yang terpisahkan oleh jarak.

Sebagai pejuang LDR berarti kamu perlu banyak berjuang dan berjerih lelah agar rasa cinta tetap menyala. Nah, bagi kalian yang saat ini sedang menjalani kisah LDR, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar hubungan tetap awet. Mungkin terdengar klise dan klasik, tetapi inilah inti dari hubungan yang kamu jalin dengan orang yang kamu kasihi tersebut.

 

Saling Mengenal

pejuang ldr pun harus perhatikan bibit, bobot, bebet via huffingtonpost.com

via huffingtonpost.com

Hubungan apapun dimulai dari fase saling mengenal. Tidak terkecuali hubungan LDR. Sebagai pejuang LDR kamu perlu mencari tahu seperti apa kesehariannya di sana, siapa saja teman-teman atau orang-orang yang ia temui di sana. Semuanya akan membuat kamu lebih mudah ketika menjalani hubungan LDR.

 

Jaga Komunikasi

pejuang ldr harus jaga komunikasi via huffingtonpost.com

via huffingtonpost.com

Mengingat tidak bisa bertemu dengan orang yang disayangi secara fisik, pejuang LDR harus akrab dengan berbagai media komunikasi. Soalnya hanya lewat perantaraan media komunikasi lah kamu bisa melihat wujud atau mendengar suaranya. Rasa kangen dapat sedikit terobati .

Di zaman seperti sekarang, banyak media yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa gunakan BBM, Line, Facebook, Skype, WhatsApp, dan sebagainya. Manfaatkan berbagai fitur yang ada pada aplikasi semaksimal mungkin.

 

Saling Percaya

pejuang ldr kopi darat via popsugar.com

via popsugar.com

Hubungan LDR sangat mengandalkan rasa saling percaya. Kalau tidak bisa-bisa kamu dan pasanganmu saling curiga. Soalnya kan kamu dan dia tidak bisa memantau secara langsung apa yang kalian masing-masing lakukan. Bila sudah saling curiga, agak susah sih membuat hubungan tetap awet.

Karena itu bangunlah kepercayaan dengan sebaik-baiknya. Di awal memang agak sulit, tapi bila kepercayaan mampu dirawat dengan baik, niscaya pondasi hubungan kalian akan bertambah kuat.

 

Komitmen

pejuang ldr terpisah jarak via livesadvice.com

via livesadvice.com

Model hubungan jarak jauh yang sudah menyulitkan itu akan semakin menyebalkan kalau kalian tidak berkomitmen dalam menjalani hubungan. Karena itu sama seperti rasa saling percaya, komitmen juga harus dijaga.

Tidak usah muluk-muluk, bentuk komitmen dapat berupa menciptakan waktu rutin untuk berkomunikasi atau menyapa di pagi atau malam hari.

 

Menjadi pejuang LDR memang sulit, tetapi jika kamu bisa merawat dan menanamkan hal-hal di atas, LDR itu bisa kamu ubah menjadi mudah. Tetap semangat dan jaga kepercayaan pasangan ya!

 


featured image via aeoraji.com