Efektifkah Masker dan Penutup Rambut Layanan Ojek Daring?

masker dan penutup rambut ojek online gojek grab medis

Sebelum berkendara menggunakan jasa ojek daring, biasanya kamu akan ditawari masker dan penutup rambut. Bahkan dalam evaluasi layanan, kamu diminta untuk memberi umpan balik apakah si supir menawarkanmu kedua hal tersebut. Tapi pernahkah kamu berpikir, sebenarnya apa sih guna masker dan penutup rambut yang disediakan oleh layanan ojek online Gojek, Grab, dan semacamnya?

via www.bukalapak.com

via www.bukalapak.com

 

Kalau kamu perhatikan, masker (mask) yang disediakan oleh ojek daring sebenarnya adalah masker medis, bukan masker asap. Masker medis tidak terlalu efektif menapis debu dan asap yang kamu hirup saat berada di jalan raya. Masker medis fungsinya lebih untuk menyaring butir air yang mengandung mikroorganisme seperti bakteri.

Masker debu memiliki lubang penyaring yang lebih kecil. Sewaktu kamu menggunakannya, akan terasa lebih pengap. Harganya juga lebih mahal, sehingga kalau dijadikan bagian standar layanan ke konsumen, perusahaan ojek daring harus mengeluarkan biaya yang lebih besar. Apalagi kalau frekuensi pengantarannya banyak, tidak terlalu jauh, atau tidak melewati jalan ramai. Perusahaan ojek daring pasti akan lebih tekor.

Keuntungan masker medis sekali pakai adalah lebih murah dan praktis. Memang sih, wajahmu setidaknya bebas dari paparan asap, debu, atau sinar matahari secara langsung. Tapi penggunaannya di jalan raya tetap kurang efektif. Kalau kamu ingin melindungi paru-parumu dari asap dengan lebih baik, kamu bisa menyiapkan sendiri masker asap untuk kamu gunakan saat berkendara.

 

via www.gettyimages.com masker dan penutup rambut gojek grab

Ini aslinya buat operasi lho – via www.gettyimages.com

 

Selain masker, pengemudi ojek daring juga akan memberikanmu penutup rambut atau hair cover. Penutup rambut ini biasanya adalah disposable bouffant cap, terdiri dari satu lapis atau single ply. Penutup rambut sifatnya sekali pakai dan terbuat dari polypropylene dengan kualitas yang juga beragam.

Buoffant sendiri sebenarnya adalah nama model rambut yang terhitung mainstream pada abad ke-18 dan tahun 1950-an. Kalau dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia, sederhananya, gaya rambut buoffant ini adalah gaya rambut sasak. Gaya rambut ala ibu-ibu pejabat ini sempat dipopulerkan oleh Jacqueline Kennedy, istri dari John F. Kennedy. Mungkin penutup rambut ini dinamakan bouffant karena membuat tampilan rambut jadi seperti itu bila digunakan.

 

Gaya Rambut Bouffant via careforhair.co.uk

Gaya Rambut Bouffant via careforhair.co.uk

 

Penutup rambut ini biasanya digunakan dalam situasi atau kesempatan yang menuntut kehigienisan. Misalnya seperti di ruang operasi atau laboratorium. Bahannya memungkinkan udara untuk keluar dan masuk. Karena itu petugas laboratorium ataupun dokter bedah tidak akan merasa pengap saat mengenakannya dalam waktu lama.

Dengan mengenakan topi ini, risiko lingkungan terkontaminasi oleh rambut rontok bisa dihindari. Fungsi aslinya memang untuk  menjaga rambutmu agar tidak jatuh dan mengotori, bukan menjaga rambut agar tidak kotor. Karena itu penutup rambut tidak efektif melindungi bagian rambutmu yang tidak tertutup helm dari asap. Menjaga agar rambutmu tak terkena debu pun tidak efektif.

Jadi penutup rambut ini tidak efektif untuk menghindarkanmu dari asap dan bakteri. Hanya cukup untuk membantu menjaga rambutmu tetap ada di dalam helm. Setidaknya dengan mengenakan penutup rambut, penumpang yang punya rambut agak panjang tidak perlu repot menggelung rambut sebelum mengenakan helm. Mereka yang kesulitan menggelung karena rambutnya terlalu panjang pun tak perlu khawatir rambutnya akan kusut tertiup angin dan bau terkena asap. Tapi penutup rambut ini memang tidak bisa menghindarkan kamu dari bau dan bakteri yang ada di helm lembap. Kalau mau, mungkin kamu bisa menggunakan jaket dengan hoodie sebagai alternatif.

 

via www.go-jek.com masker dan penutup rambut gojek

via www.go-jek.com

 

Polypropylene, bahan yang digunakan dalam masker dan penutup rambut sekali pakai ini tidak biodegradable. Meskipun ia bisa didaur ulang, ia tidak bisa terurai secara alami oleh bakteri. Makanya, ada baiknya kamu agak membatasi pemakaiannya. Kalau kamu punya alternatif masker dan penutup rambut yang lebih efektif dan ramah lingkungan, gunakan itu saja. Dengan begitu, masker dan penutup rambut yang akan kamu gunakan lebih terjaga kebersihannya dan keberadaannya.