Aneka Bahan Masker Wajah Alami


Merawat kulit wajah adalah sebuah kegiatan yang tidak dapat terpisahkan dari kegiatan sehari-hari. Kamu setidaknya pasti mencuci muka untuk mengawali dan mengakhiri hari. Selain mencuci muka atau menggunakan pelembap, salah satu cara perawatan wajah yang lain adalah dengan menggunakan masker. Penggunaan masker untuk kulit wajah dipercaya mampu membuat kulit menjadi lebih sehat karena segudang nutrisi yang ada pada bahannya. Ada banyak bahan alami untuk membuat masker sendiri di rumah. Nyoozee akan memberikan informasi beberapa bahan dan resep paling mudah yang bisa kamu temukan untuk membuat masker di rumah.

 

Bengkuang

via vanwhole-produce.com

Jicama atau yang biasa dikenal dengan nama bengkuang ini biasa digunakan sebagai masker tradisional dan sudah terkenal sejak zaman dulu. Kandungan airnya dapat membantu memberikan rasa nyaman pada kulit. Bengkuang dapat membantu mencerahkan, menghapus noda hitam bekas jerawat, dan menghaluskan kulit.

 

Minyak Zaitun

via yogippie.wordpress.com

Minyak zaitun adalah salah satu bahan masker alami yang telah banyak digunakan. Minyak zaitun ini dapat digunakan pada semua jenis kulit, baik jenis kulit normal, kering, atau sensitif. Vitamin E pada masker minyak zaitun dapat menutrisi kulit dan menghapus kerutan di wajah sehingga tampak awet muda. Bahan masker yang satu ini bisa mengurangi noda hitam akibat bekas jerawat ataupun penuaan dini. Tak hanya menghilangkan bekasnya, minyak zaitun pun mampu mengurangi peradangan pada jerawat.

 

Pepaya

via oceanoptions.wordpress.com

Masker pepaya bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Membuatnya pun tidak sulit, kamu bisa menggunakan bagian sisa dari buah pepaya yang kamu makan. Kamu tinggal menggosokkannya ke seluruh bagian wajah. Biarkan mengering selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Maskeran dengan buah pepaya ini bisa dilakukan dua kali dalam seminggu. Enzim dalam pepaya dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit wajah yang diakibatkan sinar matahari dan mengurangi bintik-bintik hitam.

Buah pepaya mengandung papain yang berfungsi sebagai zat pemutih kulit. Kombinasi yoghurt dan pepaya akan mencerahkan dan melembutkan kulit dengan segera. Haluskan saja setengah cangkir pepaya dan tambahkan 1 sendok makan yoghurt. Oleskan pada wajah, diamkan, lalu bilas setelah beberapa saat.

 

Pisang

via bestfriendsforfrosting.com

Buah pisang memiliki kandungan yang tinggi akan vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan potasium yang masing-masing memiliki manfaat berbeda untuk kulit wajah. Kamu bisa mencampurkan buah pisang dengan macam-macam bahan masker wajah yang alami lainnya. Salah satunya adalah dengan madu.

 

Madu

via beautybanter.com

Khasiat madu untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Selain dapat dijadikan masker untuk kulit, madu juga ampuh untuk menghentikan pendarahan akibat luka kecil lho.

 

 

Lemon

via huffingtonpost.com

via huffingtonpost.com

Campurkan segelas perasan 1 buah jeruk lemon dengan minyak zaitun atau minyak almond manis. Dapatkan tekstur kulit wajah yang lebih lembut dan lembab dengan campuran masker ini.

Madu dicampur lemon adalah masker wajah yang efektif untuk mencerahkan wajah kusam. Lemon memiliki zat pemutih alami yang akan mencerahkan wajah dan juga mengelupas sel kulit mati. Madu sendiri akan menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan melembutkan kulit. Campurkan satu sendok makan lemon dan dua sendok makan madu. Oleskan pada wajah dan bilas setelah 20 menit.

 

Telur

via trusper.com

Jika kamu memiliki kulit kering, ambil sebutir telur dari kulkas. Pisahkan antara kuning telur dan putih telur. Gunakan putih telur dengan campuran perasan lemon atau madu.

Kandungan alami putih telur dapat dimanfaatkan sebagai masker kulit khususnya bagi penderita jerawat dan kulit berminyak. Putih telur juga dipercaya mampu untuk meringkas pori-pori kulit yang mulai melebar. Pembesaran pori-pori bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya polusi udara, luka akibat jerawat, serta pertambahan usia.

 

Yoghurt

via acnehelper.com

Untuk membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori, gunakan plain yogurt di wajah sekitar 20 menit. Campurkan 1 sendok teh yoghurt polos dengan jus dari 1/4 irisan jeruk dan 1 sendok teh aloe vera.

Penambahan tomat pada masker yoghurt akan mengurangi noda hitam pada wajah lho. Campurkan saja kedua bahan ini dengan perbandingan yang seimbang dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

 

Oatmeal

via beautychronicless.blogspot.com

Mengelupas kulit mati di wajah dengan masker ini mudah dan tidak perlu lama. Campurkan 1/2 cangkir air panas tidak mendidih dengan 1/3 cangkir oatmeal. Setelah air dan oatmeal tercampur selama 2-3 menit, campurkan 2 sendok makan yoghurt polos, 2 sendok makan madu, dan putih telur dari 1 butir telur kecil. Oleskan tipis-tipis ke seluruh bagian wajah dan biarkan 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Kamu juga bisa mencampur oatmeal tawar dengan tomat untuk membuat masker yang bisa melembutkan kulit wajahmu.

 

Susu

via thesource.com

via thesource.com

Ini merupakan cara lain untuk melakukan perawatan khusus yang cukup mewah di rumah tanpa perlu datang ke tempat spa. Masker ini bisa dibuat dengan mencampur 1/4 cangkir susu bubuk (susu sapi ataupun susu kambing) dengan air untuk membentuk pasta kental. Oleskan adonan tersebut secara merata di kulit wajah. Biarkan sampai benar-benar kering, lalu bilas dengan air hangat.

 

Mayones

via mamabee.com

Kenapa tidak? Jika kamu terbiasa menggunakan mayones sebagai teman menyantap salad sayuran dan buah-buahan, kini mari bereksperimen. Mayones ini ternyata ada manfaatnya ketika dijadikan masker untuk wajah. Teksturnya yang lembut akan membantu mengelupas sel kulit mati, membersihkan, dan menghaluskan kulit wajah sehingga terlihat bersinar.

 

Cuka Apel Sebagai Penyegar

via humansarefree.com

Sebagai langkah akhir dari perawatan wajahmu, gunakan cuka apel. Sebelum memakainya, cucilah mukamu terlebih dahulu. Setelah itu campurkan sesendok makan cuka sari apel dengan 2 gelas air putih. Setelah itu, gunakan layaknya toner biasa. Tuang sedikit di atas kapas wajah, lalu usapkan pada wajah.

 

Nah, dengan mengetahui manfaat lain dari makanan yang ada di kulkas dan dapurmu ini, sisa makanan jadi tidak mubazir lagi deh! Setelah memakan bagian yang bisa dimakan, sisanya bisa kamu gunakan untuk masker. Cantik luar dalam deh!

 

 


featured image via huffingtonpost.com