Inilah Perbedaan AA, BB, CC, DD, dan EE Cream

via rarephotos.info

Industri makeup tampaknya tidak akan pernah berhenti mengubah pola pikir kita tentang definisi cantik. Setelah BB cream menjadi produk paling digemari oleh wanita, mulai dari kalangan biasa hingga selebriti ternama, tren di dunia kosmetik beralih kepada CC cream. Setelah CC cream disepakati sebagai sebuah terobosan sempurna untuk menyeimbangkan warna di wajah, muncul lagi krim terbaru berupa DD cream.

Seiring berjalannya waktu, di akhir tahun 2015 lalu, sebuah merk kosmetik populer asal Perancis merilis produk mutakhir yang mereka sebut EE cream. Krim ini banyak disebut sebagi krim yang bisa membuat kulit wajah tampak sehabis melakukan facial therapy setiap kali kamu mengaplikasikannya ke wajah. Benar tidak sih? Di sisi lain, ada juga AA cream yang dikatakan sebagai salah satu krim yang harus mulai digunakan para wanita dewasa muda. Lalu, apa sebenarnya perbedaan AA, BB, CC, DD, dan EE cream ini?

 

AA Cream

via themosthappy.me

via themosthappy.me

AA cream sebenarnya merupakan singkatan dari anti aging cream. Mengetahui hal tersebut, kamu pasti sudah tahu dong apa fungsi utama dari krim ini. Krim ini memang berfungsi membantu kulit wajah kita melawan tanda-tanda penuaan, yang biasanya mulai muncul ketika kita akan beralih usia dari dewasa muda.

Kandungan dari krim ini dititikberatkan pada kandungan anti penuaan seperti peptides, retinoids, alpha hydroxyl acids, juga tidak lupa, antioksidan. Dua hal yang sangat difokuskan dari penggunaan krim ini adalah menipiskan garis halus dan bintik hitam akibat penuaan dini yang mulai tampak setelah menginjak usia 25 tahun.

 

BB Cream

bedanya bb cream cc cream via refinery29.com

via refinery29.com

BB cream sebenarnya adalah sebuah singkatan. BB bisa berarti beauty balms, blemish balms, atau blemish base. Sesuai dengan namanya, BB cream memang diciptakan untuk membuat wajah seolah terlihat flawless.

Krim ini awalnya ditemukan oleh seorang ahli kulit asal Jerman. Ia ingin membuat wajah pasiennya yang baru selesai menjalani perawatan laser tidak tampak pucat dan seolah tidak mengalami apa-apa. Maka itu ia memformulasikan sebuah krim yang bisa menutupi kekurangan yang muncul di wajah. Setelah mengetahui hal ini, mungkin kamu akan mempertanyakan; lalu apa bedanya BB cream dengan alas bedak atau foundation?

Meski punya efek yang sama, memberikan lapisan di wajah sehingga tampak tidak bercela, keduanya punya perbedaan yang cukup signifikan. BB cream punya kandungan yang lebih ringan dari foundation dan juga moisturizer. Kandungan ini menghasilkan daya lapis yang terlihat lebih alami dari daya lapis yang dihasilkan oleh foundation. Karena itu, setiap wanita yang menggunakan ini tidak perlu takut terlihat terlalu menor.

Selain kandungan yang ringan dan daya lapis yang lebih alami, BB cream juga mengandung SPF dan antioksidan. Ini menjadi nilai tambah tersendiri, karena kulit menjadi terlindungi dari sinar matahari. Kombinasi antara kedua kandungan ini bisa memberikan efek kulit yang segar sekalipun kamu sudah beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama. Krim ini pun aman untuk digunakan setiap hari.

 

CC Cream

bedanya cc cream via goodhousekeeping.com

via goodhousekeeping.com

Setelah BB cream sukses mendapat perhatian dari banyak wanita di seluruh dunia, dunia kosmetik kemudian merilis CC cream sebagai perbaikan formulasi dari BB cream. CC adalah singkatan dari Colour Control, Colour Correcting, atau Complexion Care. Krim ini pada dasarnya mempunyai efek untuk membuat warna kulit menjadi satu tingkat lebih cerah, namun tetap terlihat alami dan seolah tanpa makeup.

Yang membedakannya dengan BB cream adalah kandungan SPF lebih tinggi dan tambahan nutrisi lain yang mampu mengatasi beberapa masalah kulit sehari-hari seperti kulit berminyak, kulit kusam, dan jerawat. Nutrisi paling mutakhir yang membuat CC cream menjadi lebih baik dari BB cream adalah CC cream diformulasikan untuk mengoreksi tekstur kulit yang kurang halus.

Tapi, perlu kamu ingat juga bahwa biasanya variasi nutrisi yang ditambahkan ke dalam CC cream antara satu merek dengan merek lainnya punya perbedaan. Maka itu kamu harus tetap cermat dan selektif ya dalam memilih produk yang tepat untuk kulitmu.

 

DD Cream

perbedaan AA, BB, CC, DD, dan EE cream via beaut.ie

via beaut.ie

Berbeda dengan CC cream yang adalah penyempurna bagi BB cream, DD cream adalah krim yang memang dirancang untuk merawat, melindungi, dan melembabkan kulit untuk penggunaan sehari-hari. Sederhananya, kita dapat melihat ini dari namanya. DD cream adalah singkatan dari Daily Defense atau Dynamic Do all Cream. 

Tidak seperti BB cream atau CC cream, DD cream dirancang khusus dengan formula ekstra agar dapat digunakan efektif untuk bagian tubuh lainnya, seperti leher, tangan, dan kaki untuk penggunaan sehari-hari. Jadi, penggunaan DD cream tidak terbatas pada kulit wajah saja. Tidak heran, tingkat SPF-nya pun jadi jauh lebih tinggi dari BB cream maupun CC cream. Bahkan, DD cream punya tambahan nutrisi yang mampu mencegah penuaan dini di kulit kita. Meski demikian, tingkat pencegahan penuaan dini dari satu merek dengan merek lainnya cenderung berbeda.

 

EE Cream

bedanya AA, BB, CC, DD, dan EE cream via activeskin.com.au

via activeskin.com.au

Selagi masih banyak wanita terkesima dengan terobosan mutakhir berupa DD cream, industri kecantikan lagi-lagi memberikan kejutan dengan kehadiran EE cream. Sekilas, mungkin kamu akan menebak-nebak bahwa EE cream adalah penyempurnaan dari produk DD cream, atau sebagai bentuk alternatif dari CC cream dan BB cream. Tebakanmu bisa jadi benar, bisa jadi salah.

Semua tergantung dari definisi EE cream itu sendiri. EE cream dapat berarti extra exfoliating cream. Jika yang kamu maksud adalah ini, maka EE cream justru jauh berbeda dari BB, CC, atau DD cream.  Sebab, extra exfoliating cream berfungsi sebagai pembersih wajah dari kotoran dan sel-sel kulit mati yang mengendap di kulit wajahmu.

Lalu, apa yang membedakannya dengan pembersih wajah lainnya? EE cream berbentuk krim, bukan sabun cair, sabun batang, atau foam. Terlebih lagi kandungannya berupa tumbuhan laut yang tentu lebih aman dari bahan-bahan kimia yang umum digunakan pembersih wajah lain.

via tumblr.com

via tumblr.com

Berbeda dengan jenis EE cream yang sebelumnya, jika yang kamu maksud adalah even effect cream maka kamu tidak salah jika menerka bahwa produk ini semacam alternatif dari BB dan CC cream. EE cream punya tekstur yang lebih halus dan sangat adaptif saat diaplikasikan ke kulit wajah dibanding BB dan CC cream.

Lalu, bagaimana dengan fungsi utama dari krim ini? Krim ini punya fungsi sebagai penyempurna kompleksi dan perawatan kulit wajah yang lebih menyeluruh. Rata-rata kandungan dari EE cream adalah untuk menyamarkan bintik hitam dan pigmentasi yang berlebihan dengan warna asli kulit dalam waktu sekejap.

Setelah kamu mengaplilkasikan krim ini, otomatis krim akan bekerja menyamarkan noda lainnya yang muncul ketika tanpa sengaja kamu terkena polutan saat beraktivitas. Tidak hanya sampai situ, kamu pun akan terlindung dari sinar matahari karena ada kandungan SPF yang cukup tinggi dalam krim ini. Meski tidak setinggi SPF yang dikandung dari DD cream, tapi krim ini dapat terbilang punya tabir surya yang efektif, kok.

 

Nah, krim yang manakah yang kamu cari?

 


Featured image via rarephotos.info