Jenis-jenis Dress Code Ini Wajib Kita Kenali


via Dolce & Gabbana

Di mana langit dijunjung, di situ adat dipijak. Di mana kita berada, aturan berpakaian harus kita sesuaikan dengan tempat tersebut. Jangan sampai malah salah kostum, bisa malu sendiri nantinya.

Masalahnya, urusan dress code atau kode berbusana ini seringkali membingungkan. Jika dress code disebutkan cukup spesifik, misal “kemeja” atau “pakaian warna ungu”, mungkin gampang untuk dipahami. Nah, bagaimana jika dress code tidak disebutkan secara spesifik atau hanya berupa kesepakatan tidak tertulis?

Karena itu kali ini Nyoozee akan membahas tentang jenis-jenis dress code, baik untuk laki-laki maupun perempuan.

 

Kasual

via spaghettialhoeolhos.blogspot.com

via spaghettialhoeolhos.blogspot.com

Gaya berpakaian kasual bisa dikategorikan sebagai non-dress code. Di sini kita bebas memakai pakaian apapun sesuai ketentuan “bebas tapi sopan.”

Untuk laki-laki: Setelan paling santai tentu saja T-shirt, jeans, dan sneakers. Tapi kalau kamu ingin memakai kaus berkerah, hoodie, celana khaki, atau kemeja flanel, semuanya sah-sah saja. Sesuaikan saja dengan gaya dan selera berpakaianmu.

Untuk perempuan: Kenakan jeans favoritmu. Padukan dengan kaus yang kamu suka atau atasan yang menyerupai mini dress. Mengenakan model atasan yang lebih bergaya pun tidak masalah. Untuk alas kaki, kamu bisa menggunakan sneakers, flat shoes, sepatu berhak, bahkan sepatu bot.

 

Business Casual

via www.freecareeradvices.com

via www.freecareeradvices.com

Untuk jenis dress code yang satu ini kenakan pakaian yang santai, tapi tetap sopan untuk bertemu dengan rekan kerja atau atasan.

Untuk laki-laki: Biasanya kaum pria senang mengenakan celana khaki dan kaus berkerah. Untuk alas kaki, sepatu bahan kulit berhak datar bisa jadi pilihan.

Untuk perempuan: Kenakan celana bahan atau celana khaki. Kedua jenis bawahan tersebut bisa kamu padukan dengan atasan yang kasual tapi tetap bergaya. Permanis tampilan dengan tambahan aksesoris seperti gelang, kalung, atau anting. Pilih yang pas dengan pakaian yang kamu kenakan.

Untuk alas kaki, gunakan sepatu yang nyaman untuk bekerja. Kamu bisa menggunakan sepatu berhak datar maupun berhak tinggi.

 

Smart Casual

via casualdresses.online

via casualdresses.online

Jenis dress code ini satu tingkat lebih formal dari business casual, tapi belum sekaku tampilan informal.

Untuk laki-laki: Banyak pilihan yang bisa kamu kenakan. Untuk bawahan, kamu bisa memakai denim, celana khaki, atau celana bahan. Untuk atasan, kamu bisa menggunakan kemeja, sport coat, dasi, dan rompi. Semua tergantung pintar-pintarmu menampilkan diri.

Untuk perempuan: Mulai dari rok, celana bahan, hingga jeans hitam ketat cocok-cocok saja untuk gaya berpakaian satu ini. Padukan bawahan tadi dengan atasan berblazer, maka lengkap sudah. Sepatunya tinggal menyesuaikan.

 

Informal

via www.niutoday.info

via www.niutoday.info

Jangan salah mengartikan informal sebagai tidak formal ya. Justru dress code ini menuntut penampilan yang formal. Biasanya dikenakan saat menghadiri acara yang sifatnya serius. Gaya berpakaian ini juga jauh lebih elegan dan kaku dibanding smart casual.

Untuk laki-laki: Syarat paling mutlak penampilan formal adalah setelan jas lengkap dengan dasi. Dasinya juga harus yang panjang, bukan dasi kupu-kupu.

Untuk perempuan: Kenakan pakaian kerja formal seperti blazer, rok span, dan kemeja. Untuk sepatu gunakan yang berhak datar ataupun hak tinggi.

 

Semi-Formal

via www.ehow.com

via www.ehow.com

Bisa dikatakan gaya berpakaian semi-formal lebih glamor dibanding informal. Jenis dress code ini memadukan antara pakaian untuk situasi bisnis dengan pesta.

Untuk laki-laki: Tidak terlalu banyak berbeda dengan informal, dapat menggunakan setelan jas dengan dasi panjang.

Untuk perempuan: Gunakan gaun hitam andalanmu ketika menghadiri acara semi-formal. Evening dress berpotongan pendek akan tampak manis. Padukan dengan sepatu hak tinggi.

 

Formal

via paulsimonco.com

via paulsimonco.com

Gaya berpakaian formal hanya dikenakan untuk acara-acara spesial. Acara tersebut harus benar-benar penting atau skalanya besar.

Untuk laki-laki: Dapat menggunakan tuksedo lengkap dengan dasi kupu-kupu. Kalaupun tidak punya, kemeja batik terbaikmu dapat dijadikan pilihan.

Untuk perempuan: Kenakan gaun panjang atau kebaya modern sehingga penampilan tampak elegan. Jangan lupa juga tambahkan aksesoris-aksesoris pendukung. Untuk sepatu, gunakan sepatu berhak tinggi.

 

Semoga dengan panduan jenis-jenis dress code tersebut, kamu tidak kesulitan lagi menentukan pakaian mana yang harus kamu kenakan ke suatu undangan ya.

 


featured image via Dolce & Gabbana