Koleksi Fashion Hermes 1950 Ini Harus Dihidupkan Lagi

by Gordon Parks, via Life Time Magazine

Banyak orang percaya, bahwa sesungguhnya perubahan fashion itu berbentuk sebuah lingkaran, dimana bersama berjalannya waktu, beberapa ide hanyalah mengulang apa yang pernah dibuat di masa lalu, lalu menambahkan sedikit aksen di sana dan di sini. Ada juga yang berupa kombinasi apa yang sudah pernah ada. Bahkan sebuah ucapan latin kuno sudah menegaskannya sejak dahulu; “Nihil Novi Sub Sole” yang berarti tidak ada yang baru di bawah matahari.

Karena itulah, tidak ada salahnya jika kita sesekali menengok ke belakang dan mempelajari apa yang sudah dibuat oleh orang-orang pendahulu kita. Siapa tahu menemukan harta karun terpendam? Seperti koleksi Hermes tahun 1950an ini misalnya. Walau sudah lama dibuat, koleksi fashion ini sangatlah cantik dan harusnya bisa dihidupkan kembali untuk digunakan di masa kini.

Beruntung dengan adanya teknologi, dokumentasi koleksi Hermes tahun 1952 ini masih bisa kita nikmati. Difoto oleh Gordon Parks, koleksi fashion ini unik karena menawarkan sebuah gaya busana berbentuk sederhana, tapi menjadi unik dengan aksen yang dilukis pada bagian depannya.

Diambil dari koleksi archive majalah Life Time, ini dia koleksi Hermes tersebut. Megah tapi juga sederhana, cantik, klasik dan benar-benar timeless. 

vintagehermes4

hermes1

hermes5

hermes10

hermes6

hermes17 hermes18

Bermodalkan secarik kain putih, ditambahkan beberapa aksen seperti ikat pinggang serta aksesoris tambahan seperti topi, koleksi fashion Hermes tahun 1950an ini terlihat unik. Menggunakan alat gambar untuk membentuk kantong, dasi, kancing hingga kerah pada gaun yang digunakan.

Uniknya lagi, bukan hanya kain berwarna putih yang dijadikan “kanvas”, ada juga kain berwarna gelap seperti pada foto-foto di bawah ini:

hermes11

hermes14

hermesbely

hermes9

Untuk membuatnya, gaun-gaun di atas benar-benar digambar pada secarik kain berukuran besar. Baru dijahitkan di bagian belakang dan diberi ikat pinggang untuk membentuk lekuk tubuh.

hermes20

hermes19

Bagaimana? Apakah koleksi Hermes tahun 1950an ini patut dihidupkan kembali? Atau justru kamu terinspirasi untuk mulai merancang gaunmu sendiri bermodalkan alat gambarmu? Atau mengajak kerja sama salah satu seniman desain untuk menggambar pada gaunmu?

Selamat berkreasi!

 


Semua foto by Gordon Parks, via Life Time Magazine