Mengenal Sandal Gladiator: Sejarah dan Tips Pemakaiannya

sandal gladiator via apairandasparediy.com
via apairandasparediy.com

Kalau kamu lumayan melek mode, pasti kamu sadar bahwa tahun 2012 adalah tahun yang penuh kejutan. Berbagai fashion item baru bermunculan. Para perancang busana mengeksplorasi material-material unik habis-habisan. Para bintang ternama juga ikut menambah kejutan lewat bergaya senyentrik-nyentriknya.

Salah satu fashion item yang di tahun itu sempat naik daun dan cukup bertahan hingga hari ini adalah sandal gladiator. Pernah melihat sandal semacam ini? Sandal gladiator adalah sandal yang diselubungi dengan banyak lilitan tali di bagian kaki.

 

sandal gladiator via pinterest.com

via pinterest.com

 

Dunia mode menjadikan benda ini sebagai salah satu fashion item, terinspirasi dari penampilan para petarung di zaman Romawi. Para petarung yang kita kenal sebagai Gladiator dulunya biasa menggunakan sandal semacam ini. Sandal yang terbuat dari material kulit ini menutup setengah permukaan kaki, kemudian diikat hingga betis dan lutut.

Sebenarnya kalau dilihat dari perspektif sejarah, sandal ini bukan cuma dipakai oleh para petarung yang adu kekuatan di hadapan warga Romawi. Kebanyakan warga Romawi lainnya juga memakai sandal ini.

 

sandal gladiator via rainerpetterart.deviantart.com

Model sandal untuk gladiator yang biasanya dipakai saat bertarung via rainerpetterart.deviantart.com

 

Supaya tampil selayaknya manusia beradab, warga Romawi menghindari berjalan di tempat umum dengan kaki telanjang. Kalaupun ada yang seperti itu, pastilah mereka berasal dari golongan fakir atau warga yang tingkat kemiskinannya sudah sangat akut.

Sandal yang mereka biasa gunakan sehari-hari dibuat menggunakan bahan kulit untuk menutup setengah permukaan kaki. Kemudian agar setengah permukaan kaki yang tertutup tersebut bisa melekat, orang-orang Romawi zaman dulu menggunakan tali untuk mengikatnya sampai ke mata kaki, betis, atau lutut.

 

sandal gladiator via bustle.com

Untuk bangsawan, biasanya diberikan tambahan kain mewah untuk menutup bagian di atas mata kaki via bustle.com

 

Cara mengikatnya pun berbeda-beda. Ada yang hanya dililit, diikat sederhana, hingga yang dikepang dengan artistik. Cara pengikatan tersebut biasanya mengikut kelas sosial yang memakainya.

Jika pemakainya adalah masyarakat kelas bawah seperti pekerja kasar atau budak, tali sandal diikat seadanya. Sedangkan jika pemakai sandal dari kelas bangsawan, tentulah tali sandal dan dikepang dengan apik.

Selain cara mengikat, bentuk sandal kaum bangsawan pun lebih bagus. Material yang akan digunakan untuk menutupi permukaan kulit biasanya diberi warna. Metode pewarnaannya bukan dengan dicat, tapi dengan teknik celup.

Selanjutnya, sandal diberi tambahan kain yang terbuat dari bahan mewah. Kain tersebut gunanya sebagai ornamen tambahan menutupi bagian mata kaki atau betis.

 

sandal gladiator via pinterest.com

Salah satu model sandal gladiator masa kini via pinterest.com

 

Zaman dulu kala, sandal gladiator tergolong kaku dan keras, sehingga kurang nyaman di kaki. Solnya terlalu datar sehingga bisa membuat kaki terasa pegal. Lilitannya juga terlalu ketat sehingga sering menimbulkan bekas di kulit sehabis dipakai.

Untungnya, kita tidak harus merasakan hal serupa. Sandal gladiator yang ada saat ini terbuat dari sol yang cukup tebal. Meski ada juga sandal yang datar, tapi tidak sedikit desainer yang menambahkan bantalan di sol sandal. Dengan begitu sandal jadi sedikit lebih tinggi dan penggunanya lebih nyaman melangkah. Bahkan ada juga yang sengaja merancang sandal jadi mirip sepatu hak tinggi.

Selain itu, sandal gladiator masa kini juga tidak harus repot dililit dan diikat seperti zaman dulu. Ada yang bisa langsung dipakai, ada juga yang cukup diresleting. Tentunya tanpa menghilangkan aksen tali di sandal ini. Tali pelilit di model sandal gladiator zaman sekarang fungsinya hanya sebagai ornamen pemanis.

 

sandal gladiator

Saat mengenakan fashion outfit ini, kamu bisa serta-merta menggunakan koleksi sandal gladiatormu!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mengenakan sandal gladiator, Nyoozee punya beberapa tips nih. Tips yang sebaiknya kamu lakukan, dan yang sebaiknya jangan.

Do(s): Agar kakimu terlihat lebih jenjang saat mengenakan sandal gladiator, usakan untuk memilih hot pant, mini dress, atau mini skirt. Tapi kalau kamu lebih suka pakai midi dress sah-sah saja kok. Yang perlu kamu ingat, usahakan untuk memberi sedikit ruang atau jarak antara tali sandal dengan pakaian atau bawahan yang kamu kenakan. Tujuannya supaya sandal gladiatormu jadi terpamerkan.

Don’t(s): Jangan gunakan maxi dress, maxi skirt, atau celana jeans panjang yang menutupi tali sandalmu. Kalau kamu harus pakai celana panjang, lipat sedikit bagian bawahnya sehingga ada ruang yang terlihat antara tali sandal dan celanamu. Sebab kalau tidak dilipat akan menyulitkanmu saat harus membuka atau membetulkan ikatan tali sandal.

 


featured image via apairandasparediy.com