Mengenal Turtleneck: Beragam Jenis dan Padu-Padannya

mengenal turtleneck via fashion-agony.com
via fashion-agony.com

Dalam dunia fashion, kamu pasti sering mendengar istilah turtleneck. Apa sih sebenernya turtleneck itu? Leher kura-kura?

Turtleneck adalah sebuah istilah untuk pakaian dengan model kerah yang cukup tinggi sehingga menutupi bagian leher. Nah, meskipun model inti dari turtleneck  selalu berkerah tinggi, tapi ternyata item satu ini punya banyak jenis. Yuk, mengenal turtleneck dan cari tahu padu padannya!

 

Sleeveless Turtleneck

mengenal turtleneck via loft.com

via loft.com

Sleeveles turtleneck pada mulanya dihadirkan sebagai rompi untuk memberi kehangatan di musim gugur. Turtleneck yang satu ini punya siluet yang ramping dan bahan yang cukup tebal. Bagian lingkar lehernya biasanya tidak akan terlalu mencekik lehermu.

 

mengenal turtleneck

Untuk wanita, kamu bisa coba gaya seperti ini saat mengenakan sleeveless turtleneck

 

Tips Padu-Padan:

Wanita  & Pria: Gunakan kaos lengan panjang atau kemeja favoritmu yang warnanya kontras atau justru senada dengan sleeveless turtleneck. Pilih kaos yang ukurannya pas di tubuh, baru kemudian tumpuk dengan item ini. Untuk bawahan, kamu bisa memilih apa saja selagi warnanya netral atau sewarna dengan warna atasan sleeveless turtleneck-mu.

 

Classic Turtleneck

mengenal turtleneck via jcrew.com

via jcrew.com

Mengenal turtleneck jenis lain, yuk! Sesuai namanya, jenis turtleneck yang satu ini adalah jenis yang paling jadul. Lipatan lehernya dobel. Model lingkar lehernya tidak terlalu besar, terlalu kecil, ataupun terlalu tinggi. Bahannya pun cenderung ringan, biasanya dari katun. Tapi ada juga yang terbuat dari spandex, atau wol yang sangat tipis.

 

mengenal turtleneck

Para pria bisa menyontek gaya ini saat mengenakan classic turtleneck

Tips Padu-Padan:

Wanita: Padankan dengan celana kulit atau celana bahan yang berukuran ekstra. Bisa juga kamu padankan dengan rok berukuran medium yang mengembang dan punya banyak layer. Untuk kesan klasik kamu bisa memadukannya dengan model jeans apapun, ditambah jaket atau syal tipis.

Pria: Untuk memberi sentuhan klasik, kamu bisa gunakan celana jeans regular fit dengan tambahan gesper. Kalau lebih suka celana bahan, kamu bisa tetap memadukannya, kok. Coba pilih yang ada motifnya, entah itu garis-garis atau kotak-kotak. Supaya lebih kece, kenakan juga kemeja atau jaket.

 

Oversized Turtleneck

mengenal turtleneck via hm.com

via hm.com

Turtleneck ini sengaja diciptakan dalam ukuran yang besar. Bukan karena fashion item ini diperuntukkan untuk mereka yang punya tubuh berisi, melainkan karena oversized turtleneck sengaja dirancang terlihat ‘kebesaran’ dan benar-benar menghangatkan pemakainya.

Karenanya, oversized turtleneck biasanya terbuat dari bahan rajutan atau yang berasal dari wol. Dengan begitu, pemakai oversized turtleneck akan tetap hangat menghadapi musim dingin.

 

mengenal turtleneck

Saat mengenakan oversized turtleneck akan lebih baik memadankan dengan bawahan yang pas di tubuh

 

Tips Padu-Padan:

Wanita: Padankan oversized turtleneckmu dengan legging, rok mini, atau skinny jeans. Kalau rok mini yang kamu punya terlalu pendek, kamu bisa menggunakan stocking.

Pria: Skinny jeans atau jogger pants bisa dipadankan dengan oversized turtleneck. Bawahan yang pas membentuk tubuh akan menyeimbangkan proporsi bagian atas yang sudah menciptakan kesan ‘kebesaran’.

 

The Cowl Turtleneck

mengenal turtleneck via joefresh.com

via joefresh.com

Yuk, mengenal turtleneck jenis terakhir! The cowl turtleneck adalah perpaduan dari jenis classic dan oversized. Bahannya tebal dan dirancang untuk tidak terlalu membentuk tubuh. Bagian bahu sengaja didesain longgar, sedangkan bagian lehernya sengaja dilebih-lebihkan dengan model lipatan dobel.

 

Bawahan dengan warna apapun tidak jadi masalah, selagi modelnya pas di paha dan kakimu

Bawahan dengan warna apapun tidak jadi masalah, selagi modelnya pas di paha dan kakimu

 

Tips Padu-Padan:

Wanita & Pria: Padankan the cowl turtleneck dengan bawahan yang membentuk tubuhmu. Kamu bisa menggunakan celana apapun yang modelnya menyempit ke bawah. Entah itu jeans, legging, atau bahan lainnya. Sama seperti tips padu-padan oversized turtleneck, bawahan seperti itu bertujuan untuk menyeimbangkan proporsi tubuh bagian atas yang sudah punya kesan longgar atau besar.

 


featured image via via fashion-agony.com