Ragam Es Krim Unik yang Ada di Seluruh Dunia


es krim unik
via worldfoodist.com

Kecuali kamu memiliki masalah gigi sensitif yang tidak nyaman dengan makanan atau minuman dingin, rasanya kamu pasti suka dengan es krim. Dengan banyaknya ragam rasa es krim yang ada, kamu bisa dengan mudah jatuh cinta dengan es krim. Tapi tahukah kamu bagaimana sebuah es krim dibuat?

Pada dasarnya, es krim dibuat dengan cara membekukan sebuah larutan. Awalnya, semua es krim berasal dari produk susu. Tapi sesuai dengan perkembangan zaman, ada banyak pilihan rasa maupun teknik pembuatan es krim.

Nyoozee mengajakmu berkeliling mencicipi kuliner es krim dengan pembuatan unik yang tersebar di seluruh dunia. Yuk!

 

1. Es Krim Turki

Dondurma atau es krim asal Turki ini memang terkenal dengan keunikannya. Di beberapa kota besar di Indonesia, kamu bisa mencicipi seperti apa uniknya. Keunikan es krim ini terletak bukanlah pada rasanya, tapi justru pada cara penyajiannya.

Kamu yang sudah pernah membeli es krim Turki pasti tahu apa yang Nyoozee maksud. Untuk kamu yang belum tahu, lihat saja apa yang dilakukan oleh penjual es krim Turki ini pada pembelinya.

 

2. Es Krim Gulung Thailand

Berawal dari jajanan pinggir jalan di Thailand, kini es krim gulung ini sudah bisa dinikmati di banyak tempat. Menariknya, es krim ini baru dibuat setelah kamu pesan. Tapi tenang saja, prosesnya hanya memakan kurang lebih 2 menit kok. Lagi pula kamu tidak akan bosan menunggu karena bisa sambil menonton cara membuat es krim gulung yang juga menarik.

Menggunakan susu sebagai bahan dasarnya, kamu bisa memesan varian penambah rasa yang nantinya akan dihancurkan bersama susu di atas sebuah loyang besi yang selalu dingin. Setelah tercampur, larutan krim tersebut dipaparkan pada loyang lalu dikeruk hingga membentuk gulungan.

 

3. Es Krim dengan Nitrogen Cair

Pembuatan es krim yang satu ini akan membuatnya terlihat seperti percobaan sains. Setelah memilih bahan dasar dan campuran rasa yang kamu inginkan, semua bahan-bahan itu akan dicampur jadi satu dengan nitrogen cair yang dialirkan melalui pipa khusus. Setelah satu hingga dua menit diaduk otomatis, seluruh cairan ini akan berubah menjadi es krim.

Kamu tidak perlu khawatir karena penggunaan bahan nitrogen ini sudah terbukti aman. Tapi antrian di toko-toko es krim dengan nitrogen cair biasanya cukup panjang. Jadi sabar-sabar saja ya sambil memilih berbagai kombinasi rasa untuk es krim favoritmu.

 

4. Es Krim Gerus dari India

Entah apa nama es krim ini yang sebenarnya. Nyoozee menamainya begitu karena proses pembuatannya yang unik, yaitu benar-benar menggeruskan potongan buah dan susu pada bongkahan besar es yang berputar. Setelah beberapa kali putaran, sari buah akan menempel pada permukaan es. Si penjual akan mulai menyerut es layaknya es serut di Indonesia.

Bedanya, alat serut yang dipakai adalah jenis alat serut yang biasa dipakai untuk menyerut keju. Karena itu serutan es yang dihasilkan akan tipis dan memanjang. Mungkin rasa dan tekstur es krim sejenis ini akan mengingatkanmu dengan sorbet.

 

5. Es Krim Goyang dari Indonesia

Tidak adil rasanya jika membahas es krim unik tapi tidak memasukkan satu varian dengan kearifan lokal ini. Es goyang, sesuai namanya, memang dibuat dengan digoyang-goyangkan. Mungkin kamu pernah bertanya, mengapa es goyang digoyang?

Dengan bahan dasar santan, gula pasir, perasa makanan, dan tepung hunkwe, es krim ini membutuhkan gerobaknya sebagai salah satu alat pembuatnya. Bahan-bahan yang sudah dicampur akan dimasukkan ke dalam wadah pendingin di dalam gerobak, yang berisi es dan air garam agar es bisa membeku. Gerobaknya kemudian akan digoyang hingga larutan tersebut menjadi es krim.

 

Apa kamu tahu jenis es krim lain yang dibuat dengan cara yang unik? Share di kolom komentar ya.

 


featured image via worldfoodist.com