6 Kuliner Banjarmasin Yang Wajib Kamu Coba!

via infotravel.esy.es

Ibukota Kalimantan Selatan, Banjarmasin, terkenal dengan sebutan Kota Seribu Sungai. Julukan itu melekat karena kota ini memang dilalui banyak sungai, seperti Sungai Barito, Martapura, ataupun Kuin.

Selain punya banyak sungai, Banjarmasin juga punya banyak sajian kuliner yang menarik. Apa saja kira-kira kuliner Banjarmasin yang enak untuk dicicipi?

 

Iwak Karim Telang Masak Asam

via kuliner.ilmci.com

via kuliner.ilmci.com

Bagi yang belum tahu, telang adalah nama ikan asin yang sangat terkenal di Banjarmasin. Menu khas Kota Seribu Sungai ini disajikan dengan cara yang menarik. Di Jawa biasanya kita menemukan ikan asin digoreng begitu saja lalu disajikan dengan sambal.

Beda halnya dengan di Banjarmasin. Telang dimasak dengan cara dicampurkan dengan sayur asam. Rasa asam dan asin berpadu jadi satu menghasilkan rasa baru yang unik. Penasaran kan bagaimana rasanya? Untuk kamu yang akan mampir ke Banjarmasin, usahakan untuk mencicipi menu yang satu ini.

Mandai

via masakandapurku.com

via masakandapurku.com

Kuliner Banjarmasin yang satu ini berasal dari kulit buah. Mandai biasanya dibuat dari kulit buah nangka, cempedak, ataupun tarap. Kulit-kulit buah tersebut terlebih dahulu melalui proses fermentasi sebelum diolah menjadi lauk nasi. Semakin lama difermentasi, mandai akan terasa semakin lembut.

Membuat mandai tidak bisa sembarangan. Kulit buah harus dipilih yang sudah matang. Bagian yang dimanfaatkan pun hanya bagian gabusnya saja.

 

Soto Banjar

via pasedap.xyz

via pasedap.xyz

Apa sih yang menjadikan soto Banjar khas dan berbeda dengan soto dari daerah lain, misalnya soto Betawi? Tidak lain karena sajian soto ini mengganti nasi dengan ketupat. Kuliner Banjarmasin ini juga tampil dengan bumbu rempah yang amat gurih. Tinggal pilih disajikan dengan kuah yang keruh karena ditambahi susu atau kuah yang bening saja.

 

Gangan Asam Banjar

via masakandapurku.com

via masakandapurku.com

Makanan ini dinamakan gangan asam banjar karena rasanya memang asam. Menu yang satu ini memiliki kuah warna kuning yang kaya akan rempah-rempah dan memiliki aroma yang kuat. Gangan asam banjar biasanya menggunakan ikan patin sebagai menu utamanya karena dagingnya yang lembut dan enak.

 

Apam Barabai

via katakutubuku.tumblr.com

via katakutubuku.tumblr.com

Banjarmasin juga punya kue apem versinya sendiri. Meskipun sama-sama dibuat dari tepung beras seperti kue apem yang biasa kita makan, versi Banjarmasinnya ditambahkan tape singkong. Apam Barabai ini pun dibentuk bulat-bulat seperti panekuk.

 

Nasi Kuning Masak Habang

via selerasa.com

via selerasa.com

 

Nasi kuning yang sudah membumi untuk masyarakat Indonesia ini disajikan dengan cara yang khas di Banjarmasin yakni dengan tambahan lauk dan sambal. Nasi kuning masak habang disajikan bersama sambal habang (sambal berwarna merah), serundeng atau abon, dan ikan gabus atau haruan.

Oh iya, meskipun warna merah sambal habang menjadikannya terlihat sangat pedas, kamu tidak perlu khawatir kok. Sambal ini biasanya juga ditambahkan gula merah sebagai pelengkap cita rasanya.

 

Itulah beberapa kuliner Banjarmasin yang patut kamu coba. Dijamin lidahmu akan bergoyang merasakan pengalaman mencicipi sajian tersebut.

 


featured image via infotravel.esy.es