Icip-Icip 6 Sajian Kuliner Khas Kampung Tugu

Selama ini, tiap kali membicarakan makanan khas Jakarta biasanya yang paling mengemuka adalah kerak telor ataupun karedok. Padahal sebenarnya Jakarta menyimpan banyak makanan khas yang belum banyak dikenal lho. Seperti misalnya sajian kuliner khas Kampung Tugu.

Seperti yang bisa kamu baca pada artikel Nyoozee tentang jalan-jalan keliling Kampung Tugu, masyarakat Kampung Tugu turun temurun mendiami Jakarta sejak 300 tahun yang lalu. Mereka menciptakan perpaduan unik antara budaya Portugis dengan pribumi. Salah satunya bisa kamu rasakan lewat sajian kuliner mereka.

Pada event Charity Walking Tour yang diselenggarakan Jakarta Food Adventure kemarin, Nyoozee berkesempatan icip-icip kuliner khas Kampung Tugu. Di antaranya seperti:

 

Ketan Unti

Ketan Unti

Ketan Unti

Penganan ini bahan dasarnya terbuat dari ketan. Di atas ketan ditaburi gula jawa dan kelapa. Agak mirip dengan ketan serundeng, tapi karena ada tambahan gula jawa rasa manis jadi dominan.

Bagi masyarakat Kampung Tugu, ketan unti biasanya hanya disajikan ketika ada yang berduka. Ketan unti menjadi penganan bagi para pelayat yang berdatangan menunggui jenazah sebelum dikuburkan. Karena itu ada seloroh yang menyebutkan nama ketan unti artinya ketan untuk orang mati.

 

Apem Kinca

Apem Kinca dan Kue Pisang Udang

Apem Kinca dan Kue Pisang Udang

Seperti pada umumnya kue apem, apem kinca juga terbuat dari tepung beras. Letak perbedaannya ada pada kinca, yaitu gula merah yang dicairkan. Untuk menikmati penganan ini karenanya bisa dengan mencocolkan apem ke kinca atau justru kinca yang disiramkan ke atas apem.

 

Kue Pisang Udang

Kuliner khas Kampung Tugu ini bentuknya mengingatkan kita dengan kue nagasari. Keduanya sama-sama terbuat dari tepung beras (sehingga menjadikan kue berwarna putih) serta sama-sama dibungkus dengan daun pisang.

Letak perbedaan ada pada isiannya. Bagian dalam nagasari biasanya diisikan pisang. Kue pisang udang, sesuai namanya, di dalamnya diisikan udang bersama dengan daun pepaya yang sudah dihaluskan dan bawang goreng. Menghasilkan rasa yang begitu unik di lidah.

Kue pisang udang dan apem kinca akan lebih enak lagi disajikan bersama kopi pahit. Membuat obrolan ngalor-ngidul jadi semakin seru.

 

Spet Daging

Spet Daging

Spet Daging

Dari kue-kue dan penganan, kita beranjak ke makanan berat. Pada dasarnya spet daging tidak terlalu berbeda dengan semur daging. Warna spet daging yang dominan hitam berasal dari kecap manis. Hanya bedanya, spet daging menambahkan asam jawa. Karena itu di mulut, rasa manis yang biasa kita temukan pada semur akan berpadu dengan rasa masam.

Spet daging versi orisinil menggunakan daging babi hutan. Tapi karena seiring perkembangan zaman, semakin sulit menemukan daging babi hutan di Jakarta, masyarakat Kampung Tugu kemudian menggantinya dengan daging sapi.

 

Gado-gado Tugu

Gado-gado Tugu

Gado-gado Tugu

Dari cara penyajiannya, kuliner khas Kampung Tugu ini sudah berbeda dengan gado-gado Betawi. Sayuran seperti bayam, kacang panjang, taoge, wortel, dan kol ditata di atas wadah. Setelah itu bumbu kacang disiramkan di atasnya. Baru sesudahnya ditambahkan pula potongan telur, kentang, dan tahu.

Gado-gado Kampung Tugu juga memakai cuka ketimbang jeruk nipis. Hal itu dimaksudkan agar rasa asam dapat lebih terasa.

 

Pindang Serani

Pindang Serani

Pindang Serani

Pindang Serani terbuat dari ikan bandeng yang diungkep bersama dengan kecap dan berbagai bumbu dapur. Proses pembuatannya sebenarnya kurang lebih hanya setengah jam. Tapi supaya terasa lebih enak, pindang biasanya didiamkan semalaman. Dengan begitu bumbu dapat lebih meresap.

Nama Pindang Serani berasal dari kata Nasrani. Itu karena pada awalnya orang yang membuat masakan ini adalah masyarakat Kampung Tugu yang kebanyakan beragama Kristen atau Nasrani.

 

Portuguese Egg Tart

Portuguese Eggtart

Portuguese Eggtart

Terakhir, Nyoozee mencicipi kue khas Portugal ini. Portuguese Egg tart sebenarnya bukan sajian kuliner khas Kampung Tugu tapi sengaja dihadirkan untuk menambah semarak tema Portugis.

Bentuknya sedikit mengingatkan dengan pie susu. Bagian kulitnya terasa sedikit keras dan hangat karena ditambahkan bubuk kayu manis, sementara bagian dalamnya empuk dan manis. Portuguese Egg tart menjadi penutup jalan-jalan kuliner yang menyenangkan.