Ingin Mulai Hidup Sehat? Siapkan Makanan Ini di Kulkas

Mulai hidup sehat dengan menyimpan makanan ini dalam kulkas via kaylaitsines.com
via kaylaitsines.com

Kita semua pasti ingin hidup sehat. Tapi, coba jujur deh. Berapa banyak sih dari kita yang benar-benar konsisten melakukannya? Pasti hanya segelintir saja. Meski ada seratus alasan untuk hidup sehat, tampaknya banyak orang justru lebih tertarik untuk menemukan seribu macam alasan untuk tidak melakukannya. Tidak heran, hidup sehat hanya jadi wacana semata.

Kalau kamu tidak ingin seperti itu. Belum terlambat lho untuk memulai hidup sehat yang jadi impian banyak orang. Lagipula, tidak sulit kok. Kamu bisa memulainya dengan hal-hal yang mudah. Salah satunya ialah dengan menyimpan beberapa makanan sehat dalam kulkas agar asupanmu lebih terkendali.

Poin utama dari hal ini sebenarnya sederhana. Sehat atau tidaknya makanan yang masuk ke dalam tubuhmu, kadang kala tergantung dari apa yang masuk ke dalam kulkasmu. Makanya untuk mengontrol hal itu, kamu perlu menyiapkan beberapa makanan sehat dalam kulkasmu, seperti:

 

1. Plain Yogurt

Memulai hidup sehat dengan mempersiapkan makanan ini di kulkas via youqueen.com

via youqueen.com

Salah satu makanan yang harus ada dalam kulkasmu adalah yogurt. Produk olahan susu yang  difermentasikan ini mengandung banyak bakteri probiotik yang akan membantu menyehatkan ususmu. Rutin mengonsumsi yogurt bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Tidak hanya untuk sistem pencernaan, yogurt yang memang berasal dari susu juga memiliki kalsium yang menyehatkan tulang dan gigi.

Bila kamu rajin membeli yogurt untuk persediaan di kulkas, nantinya kamu pun akan terbiasa mengonsumsinya. Mulai dari membawanya sebagai tambahan bekal makan siang atau mengonsumsinya setelah makan malam. Terlepas dari kapan saja kamu akan mengonsumsi asupan sehat ini, akan lebih baik jika yogurt yang kamu pilih adalah yogurt tanpa perisa artifisial atau plain yogurt. Hal ini untuk menghindari tambahan gula di dalamnya.

 

2. Sayuran yang Bisa Dimakan Mentah

Hidup sehat dengan mempersiapkan makanan ini dalam kulkas via tumblr.com

via tumblr.com

Tahukah kamu bahwa wortel, bit, dan paprika ternyata lebih baik jika dikonsumsi dalam kondisi mentah? Sebab, nutrisi penting yang ada dalam ketiganya mudah hilang jika diolah menjadi masakan. Akan lebih optimal jika kita memakannya dalam kondisi belum dimasak.

Meski demikian, tidak hanya tiga jenis sayuran itu saja yang bisa kamu konsumsi dalam kondisi mentah. Ada juga brokoli, bayam, dan kubis yang bisa langsung kamu makan. Siapa tahu kamu mau beralih dari cemilan keripik kentang yang tinggi kalori dan menjadikan sayuran sebagai teman saat menonton serial drama favorit. Tapi, ingat ya. Pastikan untuk mencucinya hingga bersih sebelum menyantapnya mentah-mentah.

 

3. Saus Buatan Sendiri

Hidup sehat dengan mempersiapkan makanan ini di kulkas via eatmagazine.ca

via eatmagazine.ca

Untuk membuat sayuran yang bisa dimakan mentah menjadi lebih nikmat, biasanya kita menggunakan saus salad. Nah, daripada memenuhi kulkasmu dengan botol berisi saus salad yang rutin kamu beli di pasar swalayan, coba deh buat sendiri di rumah. Selain saus salad, kamu juga bisa membuat saus-saus lainnya kok. Pokoknya, saus apapun yang bisa kamu gunakan untuk menyedapkan makananmu.

Membuat saus buatan sendiri di rumah biasanya akan menjadikanmu lebih hemat. Kamu pun bisa membuatnya dalam jumlah yang banyak. Bagian terpentingnya ialah bahwa kamu sendiri bisa menjamin saus salad buatanmu tidak diberi pemanis buatan.

Setelah berhasil membuatnya, kamu bisa langsung memasukkannya ke dalam botol dan menyimpannya di kulkas. Jangan lupa berikan label di masing-masing botol ya. Ini untuk memudahkanmu mengenali saus apa yang kamu buat. Nah, dengan begini kamu sudah satu langkah menuju hidup yang benar-benar sehat lho.

 

4. Buah yang Tidak Perlu Dikupas

Hidup sehat dengan mempersiapkan hal ini di kulkas via healthbeckon.com

via healthbeckon.com

Jangan terpengaruh iklan yang membuatmu menelepon restoran cepat saji di tengah malam untuk menuntaskan rasa lapar. Mau tahu cara yang lebih mudah dari mengangkat telepon, memesan makanan, dan menunggu sekitar dua puluh menit? Sediakan buah yang tidak perlu dikupas dalam kulkasmu. Tinggal buka kulkas, cuci buahnya, dan langsung santap. Praktis kan? Contoh buah paling umum yang bisa kamu pilih adalah buah apel dan pir.

 

5. Telur Rebus

Hidup sehat dengan mempersiapkan makanan ini di kulkas via tumblr.com

via tumblr.com

Butuh cemilan dengan kandungan protein yang cukup? Coba deh biasakan mempersiapkan telur rebus di dalam kulkasmu. Kamu bisa merebusnya di malam hari, lalu memasukannya dalam kulkas dan memakannya di siang hari. Daripada kamu pergi jajan mencari cemilan yang tidak sehat, telur rebus bisa jadi pilihan alternatif yang lebih sehat.

 

6. Selai Kacang

Hidup sehat dengan persiapkan makanan ini di kulkas via istanbulmoms.com

via istanbulmoms.com

Ingin punya cemilan yang kaya protein tapi tidak punya waktu untuk merebus telur di malam harinya? Kamu bisa kok mencoba alternatif lainnya. Cukup sediakan selai kacang dalam kulkasmu. Nantinya, kamu pun bisa mengoleskan selai ini ke potongan buah dan menyantapnya sebagai cemilan.

 


featured image via kaylaitsines.com