5 Hal Yang Sebaiknya Kamu Pilih Saat Tubuh Butuh Camilan

via elle.com
via elle.com

Setiap orang pasti suka camilan, entah yang rasanya manis, asin, atau gurih. Camilan memang teman yang mengasyikkan saat sedang membaca buku, menonton film, menatap tugas di layar komputer, ataupun di sela-sela kegiatan lainnya.

Mengingat kehadiran camilan cukup penting dalam hidup, kamu harus cermat dalam memilihnya. Apapun asupan yang masuk ke dalam tubuh kan bukan cuma memengaruhi berat badan atau kesehatan tubuh saja. Produktivitasmu juga ikut-ikutan terpengaruhi.

 

via tumblr.com

via tumblr.com

 

Karenanya kamu mesti peka dengan tubuh sendiri. Bila suatu ketika tubuh mengirim sinyal butuh camilan, jangan langsung tergerak mencomot camilan yang manis-manis. Begitupun juga dengan camilan tinggi lemak.

Kedua jenis camilan tersebut harus kamu waspadai karena keduanya membutuhkan banyak energi untuk dicerna. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak juga bisa membuat sistem pencernaan secara keseluruhan jadi tidak stabil. Ujung-ujungnya konsentrasi tubuh dan pikiranmu jadi terganggu. Kamu jadi tidak maksimal dalam menjalani hari.

Tidak ingin seperti itu, kan? Yuk, mengenali beberapa makanan sehat yang bisa kamu konsumsi saat butuh camilan seperti di bawah ini:

 

1. Kacang Almond

butuh camilan via heynaturalbeauties.wordpress.com

via heynaturalbeauties.wordpress.com

 

Kacang almond mengandung protein baik dan lemak yang sehat bagi tubuh. Kandungan lemaknya akan membuatmu merasa kenyang sehingga kamu tidak akan terpacu untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Jika dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya, kacang almond bisa dibilang jauh lebih sehat. Kacang ini punya sembilan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, serat yang cukup, juga vitamin E yang berlimpah.

 

2. Buah-Buahan Segar

butuh camilan via tumblr.com

via tumblr.com

Tubuhmu membutuhkan camilan yang manis dan segar? Santap saja buah-buahan! Rasa manis alami yang ada pada buah akan mengatasi dahaga-gula yang bergejolak dari dalam tubuhmu. Selain itu, buah sudah terbukti punya banyak macam vitamin, mineral, serta antioksidan yang dapat memperbaiki dan meningkatkan sistem imun.

 

3. Telur Rebus

butuh camilan via smart-restaurants.co.uk

via smart-restaurants.co.uk

Kalau kebetulan kamu tidak mungkin pergi ke kampus atau ke kantor tanpa membawa bekal, maka coba deh bawa telur rebus di tempat makan. Cuma kamu jangan menyantap telur rebus tersebut bersama bekal makan siangmu. Kamu persiapkan telur rebus menjadi camilan.

Telur rebus merupakan camilan yang baik. Protein yang terkandung di dalamnya akan membuatmu merasa kenyang, sekaligus menstabilkan gula darah dalam tubuh.

 

4. Yoghurt

butuh camilan via youqueen.com

via youqueen.com

Meski lebih dikenal sebagai hidangan penutup yang populer di kalangan muda-mudi, yoghurt juga termasuk ke dalam camilan sehat, lho. Kalau kamu sedang butuh camilan, coba cari yoghurt saja deh. Lumayan untuk disantap sambil membuka akun-akun Youtube untuk belajar sains yang seru, atau melihat foto-foto menakjubkan alam semesta dari meja kerja.

Kalau kamu ingin ada sensasi rasa manis pada yoghurtmu, bisa menambahkan buah-buahan segar ke dalamnya.

 

5. Jus Tomat

butuh camilan via healthydietbase.com

via healthydietbase.com

Saat kamu merasa lapar dan ingin makan yang manis-manis bisa jadi sebenarnya kamu hanya merasa haus. Sama halnya ketika kamu mendadak ingin makan makanan yang asin-asin seperti keripik. Bisa jadi tubuhmu hanya perlu asupan yang punya sedikit kandungan sodium.

Untuk menghilangkan rasa haus tersebut, coba deh konsumsi jus tomat segar. Kandungan vitamin C di dalamnya akan membuatmu lebih bersemangat. Selain itu, mengonsumsi jus ini juga mampu memenuhi kebutuhan harianmu terhadap vitamin K, potasium, dan vitamin E.

 

Mau lebih siap siaga lagi? Kamu bisa mulai menyiapkan makanan-makanan sehat ini di dalam lemari es. Sehingga ketika tubuh menginginkan sesuatu untuk dimakan, kamu dapat memuaskan keinginan tersebut dengan segera.

 


featured image via elle.com