Memilih Menu Berbuka Puasa

via tabloidbintang.com

Saat berbuka puasa adalah saat yang ditunggu setelah menahan lapar dan haus seharian. Namun, seringkali kita mengkonsumsi apapun yang ada di hadapan kita karena rasa lapar dan haus tingkat tinggi. Padahal hal ini tidaklah benar. Saat berbuka, kita juga harus memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Berikut ini ada 5 jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa.

 

Kurma

kurma kaya akan vitamin

kurma kaya akan vitamin – via papasemar.com

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka adalah kurma. Kurma mengandung zat glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kadar yang rendah yang dapat membantu mengembalikan energi pada sel-sel otak, saraf, tulang belakang dan seluruh tubuh. Tidak hanya itu, kurma juga mengandung garam yang mampu menyeimbangkan tingkat keasaman dalam darah. Vitamin yang terkandung di dalam kurma juga cukup banyak, mulai dari Vitamin A, B12, B2 serta mineral seperti fosfor, kalsium, magnesium, natrium, kalium dan masih banyak lagi.

 

Madu

khasiat-madu-1

Madu untuk kesehatan tubuh – via kendaripos.fajar.co.id

Sudah bukan rahasia lagi kalau madu memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Nah, dengan kandungan yang terdapat di dalamnya maka madu ini adalah menu yang baik saat waktu berbuka. Madu diklaim mengandung zat-zat yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh dan berperan mengembalikan energi dan stamina tubuh.

 

Buah-buahan

Buah-buahan kaya akan vitamin – via obatpenyakitjantungkoroner.com

Buah-buahan adalah makanan yang juga dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka. Buah-buahan ini bisa menjadi alternative untuk mengatasi dehidrasi setelah menjalani puasa selama seharian. Pilihlah buah yang kaya akan serat, mengandung kadar gula dan mudah dicerna tubuh seperti apel, pisang, anggur, melon dan papaya.

 

Sayur-sayuran

sayur-sayuran - via balitsa.litbang.pertanian.go.id

sayur-sayuran – via balitsa.litbang.pertanian.go.id

Tidak hanya buah-buahan saja yang baik dikonsumsi saat berbuka, namun sayur-sayuran juga sama baiknya. Saat berpuasa, lambung akan beristirahat selama seharian yang menyebabkan ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan di dalam tubuh berkurang. Untuk itulah, tubuh memerlukan makanan yang mudah dicerna. Sayur-sayuran adalah jenis makanan yang baik dikonsumsi karena mudah dicerna oleh lambung. Selain itu, sayur-sayuran juga kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti protein, serat, minera, vitamin C, K serta asam folat.

 

Ikan

khasiat ikan baik untuk tubuh - via vemale.com

khasiat ikan baik untuk tubuh – via vemale.com

Makanan terakhir yang dapat menjadi pilihan menu buka puasa adalah ikan. Ikan kaya akan protein sehingga baik bagi tubuh. Di dalam daging ikan, terkandung asam lemak omega 3 yang tinggi, protein hewani, antioksidan, Vitamin B2, D dan beberapa mineral.

 

Setelah membahas jenis makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa, tentu kita tahu bahwa tidak semua jenis makanan cocok dijadikan menu berbuka puasa. Apa saja jenis makanan yang perlu dihindari ketika berbuka puasa?

Air Dingin

Hindari air es saat berbuka puasa – via vemale.com

Pasti banyak dari Anda yang berbuka dengan air es untuk menyegarkan tenggorokan saat menahan dahaga seharian. Padahal, saat berpuasa suhu tubuh dan tenggorokan akan cenderung lebih hangat. Untuk itulah, disarankan agar kita mengkonsumsi air hangat. Hal ini untuk mencegah terjadinya radang pada tenggorokan.

 

Gorengan

tahu goreng – via resepmasakansederhana.info

Gorengan sepertinya sudah menjadi salah satu menu wajib yang harus ada di meja ketika berbuka puasa. Rasanya yang gurih memang membuat banyak orang memilih menu ini untuk berbuka. Sayangnya, makanan ini malah tidak dianjurkan saat berbuka. Selain dapat memicu kegemukan, gorengan akan memaksa organ tubuh bekerja lebih ekstra memproses lemak.

 

Makanan asam dan pedas

makanan pedas - via solusisehatku.com

makanan pedas – via solusisehatku.com

Selain goerngan, makanan yang asam dan pedas juga perlu dihindari saat berbuka. Hal ini lantaran kedua jenis makanan tersebut akan mengiritasi lambung karena kondisi perut yang kosong dalam waktu yang cukup lama saat berpuasa.

 

Bagaimana? Apa kamu memiliki beberapa rekomendasi jenis makanan yang cocok dan juga tidak cocok digunakan sebagai menu pembatal puasa? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya.

 


featured image via tabloidbintang.com