4 Langkah Mencicipi Wine Layaknya Seorang Ahli


Di Indonesia, dimana masih sering kita dengar berita orang menegak miras oplosan, kesempatan mencicipi wine bisa jadi sangatlah langka. Wine kan memang tergolong minuman yang harganya mahal.

Tapi bila suatu hari kamu berkesempatan mencicipi wine, kira-kira apa yang harus kamu lakukan? Tidak perlu bingung. Nyoozee punya tips yang perlu kamu simak untuk mencicipi wine layaknya seorang ahli.

 

1. Perhatikan Kondisi Di Sekelilingmu

via www.dynamiccolumbia.com

via www.dynamiccolumbia.com

Sebagai langkah awal mencicipi wine, kamu harus mencari ruangan yang kondusif. Ruangan tersebut harus bebas dari bau-bauan seperti bau parfum atau hewan peliharaan, serta suasananya tenang. Dengan begitu konsentrasimu sewaktu melakukan penilaian terhadap wine tersebut tidak buyar.

Persiapan lainnya yang perlu kamu lakukan adalah memastikan lidah cukup baik untuk menganalisis rasa. Jangan mencicipi wine sesudah makan makanan yang terlalu manis, asam, asin, pahit, ataupun pedas. Dengan begitu indera pengecapmu dapat menilai lebih seksama rasa wine yang kamu cicipi.

 

2. Mengevaluasi Dari Tatapan

via www.foodandwinetime.co.za

via www.foodandwinetime.co.za

Menuang wine ke gelas tidak perlu penuh-penuh, kira-kira sepertiga gelas saja. Amati baik-baik wine tersebut. Tahan gelas di bawah cahaya dan goyangkan perlahan. Kamu bisa mengamati kedalaman warnanya dan mengidentifikasi kira-kira wine jenis apa yang akan kamu cicipi tersebut.

Bila keahlian mencicipi wine-mu semakin meningkat, kelak kamu dapat menentukan suatu wine bermasalah atau tidak, terfermentasikan dengan baik atau tidak, disaring dengan baik dan tidak, dan sebagainya. Malahan hanya dengan memiringkan gelas wine dan melihat kilau warna di tepinya, kamu sudah dapat menebak usia wine tersebut.

 

3. Mengevaluasi Dari Aroma

via www.buzztime.com

via www.buzztime.com

Di awal kamu sudah memastikan ruangan bebas dari bau dan indera penciumanmu normal-normal saja kan? Selanjutnya kamu bisa mulai menggoyang-goyangkan gelas dengan perlahan untuk mengeluarkan aroma wine dan mulai membauinya.

Sewaktu mencium aroma wine, tidak perlu sampai menyorongkan ujung hidung terlalu jauh ke dalam gelas. Sewajarnya saja. Lakukan dengan tidak terburu-buru. Nikmati dan resapi aroma tersebut.

 

4. Mengevaluasi Dari Rasa

via wine.lovetoknow.com

via wine.lovetoknow.com

Setelah melihat tampilan serta menghirup aroma wine di dalam gelas, langkah terakhir adalah mencicipinya dengan lidah. Sesap wine secara perlahan-lahan. Aturan tidak perlu terburu-buru masih tetap berlaku di sini. Nikmati dan resapi rasa wine tersebut.

Rasa yang sudah kita baui tadi sekarang bisa kita nikmati dan petakan. Apakah menurutmu wine tersebut komposisinya seimbang atau tidak. Lidah yang awam pun semestinya sudah mulai mampu meraba-raba mana wine yang baik dan yang kurang baik. Mana yang menurut indera pengecapmu enak dan mana yang tidak.

 

Dari satu botol wine, langkah-langkah ini cukup kamu praktikkan satu kali saja. Artinya jika kamu menuangkan wine lagi ke gelasmu, ya tidak perlu membauinya kembali. Kecuali jika kamu mencicipi jenis wine yang berbeda dari botol yang berbeda. Barulah langkah-langkah tersebut bisa kamu praktikkan dari awal.

Selamat mencoba dan jangan sampai hangover ya.

 


featured image via seahamharbouru3a.org.uk