Makanan-makanan Ini Bisa Kamu Masak dengan Rice Cooker!


Bagi kamu yang ingin mengisi waktu liburan dengan eksperimen memasak, Nyoozee punya ide yang oke, terutama untuk kamu yang baru belajar. Cara memasaknya kebanyakan hanya menggunakan satu alat, yaitu rice cooker. Meski kita tahu bahwa rice cooker biasanya untuk memasak nasi, nyatanya kita juga bisa memasak berbagai macam hal dengan rice cooker loh.

Penasaran apa saja yang bisa kamu masak dengan menggunakan rice cooker? Nih beberapa contohnya.

 

Nasi

Nasi goreng lezat begini bisa kamu buat hanya dengan rice cooker. via mindtalk.com

Namanya rice cooker, jadi gunanya pasti untuk membuat nasi. Meski demikian, rice cooker juga bisa digunakan untuk membuat olahan-olahan nasi lainnya. Sebagai contoh, kamu bisa masak nasi uduk, nasi kuning, atau bahkan nasi goreng.

Salah satu resep yang menarik adalah nasi mentega. Cara memasaknya mudah dan bahan-bahannya sederhana. Cukup siapkan mentega, garam, dan gula. Proses awal sama seperti memasak nasi biasa. Namun setelah diisikan air, masukkan mentega, garam, dan gula. Setelah itu tekan tombol cook lalu tunggu hingga matang. Setelah matang, tunggu beberapa saat agar mentega lebih meresap. Nasi mentega siap kamu nikmati.

 

Bubur

Bubur lezat seperti ini juga bisa kamu masak dengan rice cooker loh. via cumibunting.com

Selain nasi tentunya kamu juga bisa membuat bubur dengan menggunakan rice cooker. Cukup tambahkan air lebih banyak dan masak dalam durasi yang lebih lama. Kalau ingin lebih gurih, air juga bisa kamu ganti dengan kaldu. Setelah bubur jadi, baru deh tambahkan topping-topping favoritmu. Kamu bisa tambahkan suwiran ayam, kuah bumbu kari, seledri, dan topping lain seperti buatan abang-abang tukang bubur.

 

Mashed Potato

Bosan dengan nasi? Masak mashed potato aja di rice cooker kamu. via harrysfresh.com

Dengan rice cooker kamu juga bisa merebus. Salah satu kreasinya adalah kamu bisa merebus kentang dan membuatnya menjadi mashed potato. Jika penasaran ingin mencoba, cara membuatnya cukup mudah. Rebus kentang di dalam rice cooker. Setelah matang, hancurkan kentangnya dan masukkan kembali ke dalam rice cooker. Tambahkan susu cair, garam, dan merica sesuai selera. Satu porsi mashed potato bisa langsung kamu nikmati.

 

Pasta

Bosan sarapan itu itu aja? Masak mac n cheese aja dengan rice cooker. via foodnetwork.com

Rice cooker juga bisa kamu manfaatkan untuk merebus dan mengolah berbagai macam pasta. Entah itu spaghetti, makaroni, fetuccini atau pasta-pasta lainnya. Salah satu yang menarik dan cukup mudah dicoba adalah mac n cheese. Cukup rebus makaroni dengan air atau kaldu ayam. Setelah selesai, masukkan susu, garam, merica, dan parutan keju. Masak selama sekitar 30 menit. Jangan lupa untuk memeriksa mac n cheese tersebut ketika kamu masak dengan rice cooker.

 

Kue

Oreo brownies juga bisa kamu masak menggunakan rice cooker. via bunsinmyoven.com

Sedari tadi kita sudah membahas berbagai olahan rebusan menggunakan rice cooker. Meski begitu, ternyata rice cooker juga bisa digunakan untuk membuat macam-macam kue loh. Cara memasaknya juga tidak terlalu sulit.

Pertama-tama tentu kamu harus membuat adonan kuenya terlebih dahulu. Setelah adonannya selesai, masukan ke dalam rice cooker. Tekan tombol cook, tunggu sampai sekitar 30 – 45 menit. Jika sebelum 30 menit tombol rice cooker pindah ke mode warm, tekan lagi agar kembali ke mode cook. Bagi yang penasaran, kamu bisa coba resep brownies oreo yang mudah nan lezat.

 

Makanan Berkuah

Sup lezat ini juga bisa dibuat menggunakan rice cooker. via recipeshubs.com

Rice cooker juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam sup dan berbagai macam lauk pauk yang berkuah. Sebut saja opor, soto, kari, juga mie instan rebus atau mie godok ala jawa. Namun kalau kamu tidak mau terlalu ribet, coba saja masak sup sayur sederhana.

Rebus air menggunakan rice cooker. Masukkan sayuran serta ayam atau daging sapi ke dalamnya. Agar lebih mudah, kamu bisa gunakan bumbu sup siap saji. Tambahkan juga irisan bawang putih sesuai selera. Setelah itu kamu tinggal menunggunya hingga matang. Jika sudah matang, sajikan dan nikmati bersama dengan seporsi nasi panas.

 

Bagaimana, cukup mudah? Rice cooker adalah alat masak yang mudah ditemukan di rumah, tentu kamu takkan kesulitan mencoba.

Kamu punya resep memasak lain yang cuma bermodal rice cooker? Tambahkan di kolom komentar ya.

 


featured image via jennaseverythingblog.com