5 Sayuran yang Enak dan Sehat Dijadikan Lalapan

Ada gurauan seperti ini, “Coba saja lepas orang Sunda di kebun. Pasti ia akan tetap hidup dan sehat.” Lelucon itu berangkat dari kegemaran orang Sunda makan sayuran mentah atau biasa juga disebut lalapan.

Beberapa jenis sayuran memang bisa langsung dimakan tanpa perlu dimasak atau diolah di atas penggorengan. Misalnya seperti:

 

Daun Kemangi

via referensisehat.com

via referensisehat.com

Aromanya yang khas dan rasanya yang enak menjadikan kemangi punya banyak penggemar untuk dijadikan lalapan. Tidak cuma enak, daun kemangi juga diyakini bermanfaat untuk kesehatan wajah. Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B, dan antiseptik yang terdapat dalam kemangi konon ampuh untuk mengusir jerawat. Bakteri jadi hilang dan peredaran darah di kulit wajah jadi lancar.

 

Selada

via naturalbeautystyle.com

via naturalbeautystyle.com

Selada merupakan jenis sayuran yang tumbuh di daerah beriklim dingin. Sayuran ini selain enak untuk dijadikan lalapan, juga diyakini bermanfaat mengurangi risiko penyakit. Di antaranya katarak, stroke, insomnia, dan kanker.

 

Kubis atau Kol

via informasiherbal.com

via informasiherbal.com

Sayuran kol terdiri dari dua jenis, yaitu yang berwarna merah keunguan dan yang putih kehijauan. Kol yang lebih umum dijadikan lalapan adalah yang putih kehijauan. Selain dijadikan lalapan, kol juga biasanya dijadikan campuran makanan lotek atau karedok.

Dalam sayuran kol terkandung vitamin C, kalium, dan asam folat. Karena tinggi kadar vitamin C, kol cukup ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan dan sariawan.

Tetapi sebaiknya tidak mengonsumsi kol berlebihan. Sayuran ini dapat menimbulkan gas dalam perut sehingga tidak baik bagi penderita gangguan pencernaan.

 

Daun Pepaya

via papayaleaftea.org

via papayaleaftea.org

Walaupun rasanya pahit, pucuk daun pepaya merupakan salah satu lalapan favorit di Jawa Barat. Untuk menghilangkan rasa pahit tersebut kamu dapat merebusnya bersama daun jambu biji dan daun singkong.

Daun pepaya mengandung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing. Selain itu, daun pepaya juga mengandung zat papain yang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

 

Mentimun

via enkivillage.com

via enkivillage.com

Walaupun kucing agak asing dengan mentimun, buah ini disebut-sebut sebagai salah satu sayuran yang paling awal dibudidayakan dan dikonsumsi manusia. Sayuran ini mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika. Selain zat-zat tersebut, mentimun juga tinggi kandungan airnya.

Buah yang enak dijadikan lalapan ini juga sering dimanfaatkan sebagai masker perawatan kulit. Tidak hanya buahnya, biji mentimun juga bermanfaat sebagai obat alami.

Biji mentimun konon bermanfaat untuk mengusir cacing pita di saluran usus. Biji mentimun juga diyakini efektif untuk mengurangi radang di hidung dan tenggorokan.

 

Selain sayuran yang Nyoozee sebutkan di atas, masih ada banyak lagi sayuran yang bisa kamu jadikan lalapan. Oh iya, supaya lebih aman sewaktu kamu konsumsi, sebaiknya lalapan dicuci terlebih dulu untuk menghilangkan kuman dan residu pestisidanya ya.

 


featured image via ekoeriyanah.wordpress.com