5 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Setelah Olahraga

via fitandfiercemama.com

Hari itu agak berbeda dari hari-hari biasanya. Kamu menyempatkan diri untuk olahraga. Meski cuma joging keliling kompleks, ternyata cukup menguras banyak tenaga juga. Kamu pun merasa lapar. Mengingat tujuan kamu berolahraga adalah untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan, kamu agak takut memilih makanan yang tepat untuk kamu makan.

Memang cukup merepotkan jika kamu benar-benar ingin hidup sehat. Pola makan juga harus kamu perhatikan, bukan hanya sekadar mengeluarkan keringat belaka. Tapi jangan pusing dulu, inilah beberapa makanan yang baik sekaligus buruk untuk kamu konsumsi setelah olahraga.

 

TERBAIK

 

1. Telur

by Sigit Kuncara via youtube.com makanan terbaik untuk dimakan setelah olahraga

by Sigit Kuncara via youtube.com

Nutrisi kunci buat kamu yang hobi olahraga adalah protein dan karbohidrat. Telur punya keduanya. Setiap 70 kalori yang terkandung di telur rebus memiliki 6,3 gram protein. Telur juga merupakan salah satu dari sedikit pangan yang mengandung vitamin D. Namun jangan mengonsumsinya dalam kondisi mentah. Alasannya, telur matang, khususnya jika direbus, akan membuat tubuhmu menyerap protein dua kali lebih banyak.

Jika ingin lebih mengenyangkan perut, cobalah kreasikan telur menjadi omelet. Tambahkan bawang cincang dan tomat ke dalam omeletmu. Jika belum tahu bawang juga salah satu bumbu yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mengontrol nafsu makan. Akan semakin baik jika dipadu bersama telur yang kaya akan protein. Metabolisme tubuhmu akan semakin meningkat.

 

2. Buah-buahan Segar

via graciemag.com makanan terbaik untuk dimakan setelah olahraga

via graciemag.com

Selain menyegarkan, buah-buahan juga punya pemanis alami yang baik untuk mengganti energi yang hilang. Berikut adalah buah segar yang baik dikonsumsi setelah olahraga.

Pisang: Memiliki antioksidan yang berguna meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru. Selain itu kandungan potassiumnya baik untuk mencegah dan meredakan kram otot.

Blueberry: Memberimu antioksidan. Blueberry juga memulihkan tenagamu tiga kali lipat lebih cepat setelah olahraga.

Nanas: Kaya vitamin C, komponen kunci memperbaiki sel yang rusak. Buah ini juga mengandung bromelain, sebuah zat anti-radang yang tebukti mampu menyembuhkan memar dan keseleo, cedera yang sering dialami ketika berolahraga.

Kiwi: sumber antioksidan yang membantu melawan cedera otot. Kiwi juga mengandung vitamin C dan potasium. Tips menikmati: jangan buang kulitnya, sebab bagian itu justru punya banyak nutrisi yang kamu butuhkan untuk tubuh.

 

3. Roti Gandum

via annida-online.com makanan terbaik setelah olahraga

via annida-online.com

Setelah berolahraga, perut yang kosong harus diisi kembali dengan menu yang tepat. Makanan berupa roti gandum adalah pilihan yang tepat, karena mengandung banyak serat yang membantu mengembalikan energi yang hilang setelah berolahraga. Porsi karbohidrat pun lebih ringan dibanding kue-kue. Meski begitu, gandum tetap mampu menangkal rasa laparmu hingga waktu yang cukup lama.

 

4. Yoghurt

via mouthwateringmotivation.wordpress.com makanan terbaik untuk dikonsumsi setelah olahraga

via mouthwateringmotivation.wordpress.com

Selain mampu mendinginkan suhu tubuh setelah berolahraga, yoghurt juga menyediakan karbohidrat, protein dan serat yang baik untuk pencernaan. Namun perlu dicatat bahwa mengkonsumsi yoghurt setelah berolahraga mestinya dicampur buah-buahan segar seperti potongan apel. Nutrisi yang terkandung dalam yoghurt semakin baik dipadukan dengan gula alami dan antioksidan di dalam buah-buah segar.

 

5. Beberapa Jenis Kacang

via enjoydistrict.com

via enjoydistrict.com

Merupakan keputusan baik jika kamu mengkonsumsi segenggam kacang almond atau dua sendok makan selai kacang setelah berolahraga. Kacang akan memberikan protein, lemak baik dan juga karbohidrat untuk tubuh. Kacang juga baik untuk menggantikan energi  yang telah terpakai setelah berolahraga. Sebagai informasi, setengah cangkir kacang mengandung 34 gram protein.

 

TERBURUK

 

1. Makanan yang Mengandung Gula Berlebihan

via menfash.us

via menfash.us

Kesalahan terbesar yang dilakukan setelah olahraga adalah makan makanan yang mengandung banyak gula dan minum minuman bersoda. Gula dikenal sebagai momok yang merusak tubuh dalam jangka panjang. Bahan ini juga akan melambatkan metabolisme. Perlu diketahui bahwa metabolisme adalah kunci dalam menurunkan berat badan: semakin cepat metabolisme, maka semakin cepat berat badanmu turun.

Biasakan untuk selalu membaca label produk yang kamu konsumsi. Kalau bisa, hindari produk yang mengandung gula buatan setelah berolahraga. Minuman bersoda juga sama berbahayanya. Selain gula berlebihan, minuman ini akan menyebabkan perut kembung.

 

2. Makanan Cepat Saji

theseptemberstandard.com makanan terburuk setelah olahraga

theseptemberstandard.com

Siapapun setuju bahwa makanan cepat saji tidak baik dikonsumsi berlebihan. Akan tetapi banyak orang yang masih tergiur untuk memakannya setelah olahraga. Sangat penting untuk menghindari makanan semacam burger, french fries, hot dog, dan pizza, agar bisa sehat secara maksimal. Makanan-makanan semacam itu mengandung banyak lemak dan minyak yang tidak baik untuk kesehatan. Mengonsumsi makanan cepat saji akan meningkatkan risiko penyakit jantung dalam jangka panjang.

 

3. Keripik dan Camilan Asin Lainnya

via huffingtonpost.com

via huffingtonpost.com

Siapapun pasti tergoda jika melihat segepok keripik teronggok di depannya. Makanan ini sangat berpotensi bikin kamu ketagihan dan tidak berhenti makan sampai benar-benar habis. Tapi perlu diketahui bahwa keripik dan camilan asin lainnya tidak baik untuk dikonsumsi setelah olahraga. Terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat menguras pasokan kalium, yang ternyata dibutuhkan tubuh untuk pemulihan setelah olahraga. Alih-alih makan makanan ringan seperti itu, lebih baik makan buah-buahan kering.

 

4. Sayuran Mentah

via mensfitness.com

via mensfitness.com

Benar bahwa buah-buahan dan sayuran mentah tidak boleh dilewatkan dalam diet sehat. Tapi lebih penting lagi untuk memiliki pola makan yang seimbang, tidak mengekslusifkan sayuran. Selama latihan, tubuh menggunakan hampir semua energi dan membakar banyak kalori. Sayuran mentah saja tidak membantu melengkapi hilangnya nutrisi yang berharga seperti vitamin dan mineral.

Dengan kata lain, makan setelah olahraga tidak melulu harus sayuran metah. Akan lebih baik jika ditambahkan serat yang mengandung protein untuk mendukung perkembangan otot. Sayuran memang sehat dan rendah lemak, tapi tidak cukup baik sebagai makanan setelah latihan sebab tidak menyeimbangkan metabolisme tubuhmu.

 

5. Kue-kue

via duraneurosandwich.com makanan terburuk untuk dikonsumsi setelah olahraga

via duraneurosandwich.com

Meskipun kue-kue akan membuatmu kenyang, namun itu bukanlah makanan pilihan setelah olahraga. Tubuhmu membutuhkan karbohidrat berkualitas tinggi untuk menggantikan glikogen yang hilang saat olahraga. Benar bahwa kue-kue seperti donat, muffin, puding, pie, cupcake, pancake, mengandung karbohidrat. Tapi faktanya, mereka mengandung terlalu banyak karbohidrat. Ketimbang kue-kue semacam itu, lebih baik mengonsumsi roti gandum, seperti yang sudah disebutkan di atas.

 


Featured image via fitandfiercemama.com