Buat Sendiri Minuman Pre-Workout Dengan Bahan Alami Ini!

via hellourban.com

Minuman pre-workout atau minuman yang dikonsumsi sebelum olahraga bagi beberapa orang masih menjadi mitos. Beberapa menganggapnya tidak benar-benar berfungsi seperti yang digembar-gemborkan. Sekadar akal-akalan pemasaran suplemen saja.

Ada juga yang berpendapat bahwa minuman pre-workout dapat membantu mengefektifkan latihan. Minuman ini dapat membantu menambah tenaga, kekuatan, stamina hingga pembentukan otot. Mana yang benar?

Terlepas dari perdebatan tersebut, minuman pre-workout memang mengandung zat yang dipercaya dapat memaksimalkan tenaga, kekuatan, dan stamina.

Kafein misalnya. Zat yang identik dengan kopi ini dikenal sebagai peningkat energi dan daya tahan ketika berolahraga. Mengonsumsi kafein dengan jumlah yang tepat sebelum berolahraga dipercaya dapat memampukan tubuh melakukan lebih banyak set gerakan.

Hanya saja untuk memperoleh manfaat dari pre-workout drinks kamu harus mengeluarkan kocek lebih. Harga minuman ini mahal karena rata-rata produk impor. Tapi tidak perlu kecil hati. Untuk menyiasatinya, kamu bisa kok membuat pre-workout drinks sendiri di rumah. Berikut bahan dan resepnya:

 

1. Jeruk + Flax

minuman preworkout

Itu jeruk dan biji flax bersama minyaknya.

  • 1 buah jeruk utuh ukuran sedang, dikupas, tanpa biji
  • 4 sendok makan minyak flax (biji rami) dingin
  • setengah gelas air dingin

Buah jeruk mengandung potasium, magnesium, beberapa jenis vitamin B (B1, B2, B3 dan B6). Minyak flax mungkin terdengar asing, tapi bahan ini bisa kamu temukan di pasar swalayan besar. Minyak flax mengandung omega-3, serat, dan berbagai nutrisi lainnya.

Minyak flax yang tinggi kandungan serat akan memperlambat penyerapan gula alami buah jeruk ke dalam tubuh. Dengan begitu tubuh akan mendapatkan energi secara bertahap.

Cara membuatnya: Campurkan semua bahan ke dalam blender lalu haluskan. Minum pelan-pelan.

 

 

2. Pisang Coklat Susu Madu

chocolate banana smoothie minuman pre-workout

Nona Pisang sedang berendam santai di kubangan coklat dan tubuhnya sendiri – via superhealthykids.com

  • 1 buah pisang matang ukuran sedang
  • 2 sendok makan bubuk coklat
  • 1 sendok makan biji flax
  • 1 sendok makan madu
  • setengah gelas susu putih tanpa lemak

Siapa yang tidak suka nikmatnya camilan piscok? Pisang dan coklat bersatu dalam balutan tepung lalu digoreng garing. Eh, tapi bukan itu menu minuman pre-workout kali ini.

Bahan dasarnya memang pisang dan coklat juga. Kedua bahan ini kan mengandung protein dan karbohidrat. Selain itu pisang juga mengandung vitamin C, potasium, dan serat. Karenanya mengonsumsi pre-workout drink akan membuat perut berisi tanpa jadi kekenyangan.

Waktu yang tepat mengonsumsi minuman pre-workout ini adalah satu hingga dua jam sebelum latihan. Dengan begitu saat latihan, karbohidrat sudah mulai tercerna tubuh dan tidak terlalu membebani sewaktu latihan.

Cara membuatnya: Potong pisang kecil-kecil, lalu campurkan semua bahan kecuali susu. Aduk hingga cukup hancur lalu tambahkan susu untuk mencairkannya.

 

3. Melon + Keju

minuman pre-workout

Ini melon dan yang putih itu namanya keju lembut (cottage cheese)

  • 1 gelas buah melon yang sudah dipotong
  • setengah buah pisang matang
  • 1 sendok makan keju lembut rendah lemak (low fat cottage cheese)
  • 2 sendok makan gandum siap seduh
  • 1 butir telur
  • setengah gelas susu rendah lemak / susu kedelai

Iya, kamu tidak salah baca kok. Dalam resep minuman pre-workout ini, buah melon yang manis akan berpadu dengan keju. Tenang saja, dengan tambahan pisang dan susu, rasanya tidak akan berbeda jauh dengan jus buah pada umumnya kok.

Keju lembut rendah lemak digunakan sebagai penambah protein. Sesuai namanya, keju jenis ini rendah kolesterol dan tinggi kandungan vitamin B2. Vitamin B2 berfungsi untuk memecahkan komponen makanan sehingga mudah diserap oleh tubuh.

Cara membuatnya: Masukkan semua bahan dalam blender atau food processor, lalu campur hingga lembut.

 

4. Kopi

minuman pre-workout

Minum kopi sebelum olahraga ternyata sehat! via opparc.org

  • 2 sendok teh kopi
  • segelas air panas

Sesederhana kamu membuat kopi hitam biasa. Iya, resep terakhir ini memang segelas kopi hitam. Berdasarkan riset yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology, mengonsumsi segelas kopi 90 menit sebelum berolahraga dapat membawa efek positif bagi tubuh.

Kandungan kafein pada kopi membuat latihan yang dilakukan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Bahkan, penelitian yang sama mengatakan kafein memengaruhi selera makan seseorang setelah dia berolahraga. Seseorang yang minum kopi sebelum berolahraga cenderung makan lebih sedikit dibanding orang yang tidak minum kopi.

Tapi ingat, jika tidak suka dengan kopi pahit, tambahan gulanya juga jangan banyak-banyak. Kandungan gula, apalagi pemanis buatan, justru akan merusak efek positif minuman pre-workout ini. Kalau ingin rasa yang tidak biasa, coba campurkan kopimu dengan bahan-bahan unik ini.

Cara membuatnya: Seduh kopimu dengan air panas. Habiskan. Hati-hati lidahmu terbakar jika masih terlalu panas.

 


featured image via hellourban.com