Cara Mudah Merawat Mata Indah

via songsindia.net

Jika kamu sudah membaca artikel tentang mata, kini mari bersama melihat bagaimana cara merawat bagian vital tubuh kita yang satu dua itu.

Begitu banyak hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk merawat mata. Mata adalah pelita kehidupan yang memberikan cahaya dan harapan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pepatah ini bisa dijadikan motivasi kita untuk dapat memulai merawat mata dan mencegah segala sesuatu yang buruk.

Salah satu hal sederhana yang bisa kamu lakukan adalah memperbanyak konsumsi wortel. Sayuran warna oranye ini banyak mengandung vitamin A (betakaroten) yang baik untuk kesehatan mata.

Senyawa betakaroten memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat mencegah hilangnya penglihatan akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan juga dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang biasanya menimpa para lansia.

 

Nah, berikut ini adalah hal-hal lain yang perlu diperhatikan:

via yoursightmatter.com

Jangan terlalu lama menatap layar laptop/komputer/ponsel. Cobalah beristirahat sejenak ketika mata sudah terasa lelah. Jangan mengorbankan kesehatan matamu hanya demi pekerjaan.

 

via youtube

Gunakan kacamata bila sedang berada di luar ruangan untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV). Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang berwarna gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

Pastikan juga untuk memakai pelindung mata khusus ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan kandungan udara yang berbahaya.

 

via rd.com

Jangan juga menggunakan tetes mata apalagi sampai ketergantungan. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan matamu.

 

via huffingtonpost.co.uk

Gunakan mentimun untuk mengurangi kantong mata dan rasa letih pada mata. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah kebengkakan.

 

via fitnesuk.com

Perbanyak konsumsi sayuran dengan daun berwarna hijau tua. Sayur-sayuran ini memiliki banyak kandungan gizi yang tentunya berguna untuk kesehatan mata maupun kesehatanmu secara keseluruhan.

Untuk menjaga fungsi mata tetap optimal, kamu tidak bisa hanya bergantung pada vitamin A. Kesehatan tubuh secara keseluruhan dan kerja syaraf tentu ikut mempegaruhi kerja mata. Untuk menjaga sistem penglihatanmu tetap baik, lakukan olahraga serta penuhi multivitamin C, E, B6, dan B12.

 

via popkey.co

Menonton TV dengan jarak yang sangat dekat dan memainkan ponsel di tempat gelap juga perlu dihindari. Cukupkan cahaya dan jarak mata ketika membaca buku. Jangan sampai kebiasaanmu ini menyebabkan fungsi mata terganggu.

 

via atleegleatoneyecare.com

Kalaupun kamu merasa mengenakan softlens maupun hardlens itu lebih praktis dari mengenakan kacamata, hindari memakainya lebih dari 19 jam.

Biarpun ada lensa kontak yang diklaim bisa tetap mengantarkan oksigen ke mata, matamu tetap perlu udara segar. Jadi kalau sedang tak perlu lensa kontak, gunakan kacamata saja.

 

via heavensalon.com

Jangan melihat cahaya yang terlalu terang secara langsung, misalnya matahari. Cahayanya yang terlalu terang dapat merusak mata. Maka itu pula kamu tidak boleh melihat perubahan cahaya matahari secara langsung saat gerhana matahari berlangsung.

Kalau kamu perhatikan, ada bayangan yang membekas dalam penglihatanmu setelah melihat cahaya yang terlalu terang. Tidak nyaman bukan? Ini juga tak baik untuk retinamu. Kalau cahayanya lebih terang lagi, kamu bisa saja kehilangan penglihatan.

 

Berikut adalah cara melatih kerja mata dan membuatnya segar kembali:

via mamashealth.com

Cobalah memfokuskan mata bergantian pada suatu objek yang berada di dekatmu dan sebuah objek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.

 

via unassimilatedinfo.blogspot.com

Duduk dengan nyaman, tempatkan siku di pinggul, tutup mata kiri dan kanan dengan telapak tanganmu secara bergantian. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka matamu dan ulangi seperlunya.

 

via giphy.com

Kalau merasa matamu lelah, coba putar bola mata secara perlahan dan kerjap secara berkala hingga terasa lebih nyaman.

 

Apa yang kamu lakukan agar matamu tetap sehat dan indah? Bagikan di kolom komentar ya!

 


featured image via songsindia.net