Ganti Camilan yang Kamu Inginkan dengan Camilan yang Lebih Sehat


ganti camilan via doctorjacq.com
via doctorjacq.com

Bagi sebagian orang, hidup sehat selalu berakhir sebagai sekadar wacana. Sudah berusaha menyimpan berbagai makanan sehat di kulkas, eh tetap keterusan makan camilan yang tidak sehat. Bahkan sekalipun sudah tahu camilan yang sebenarnya dibutuhkan tubuh, yang dipilih dan dikonsumsi tetap makanan yang diinginkan saja.

Kamu gitu juga, nggak? Kalau iya, berarti kamu harus mulai berbenah diri. Terlalu menuruti keinginan bisa membahayakan tubuh. Tidak selamanya, apa yang jadi keinginanmu adalah sesuatu yang benar-benar kamu inginkan, atau kamu butuhkan.

 

ganti camilan via newhealthfocus.com

via newhealthfocus.com

 

Contohnya saja, saat kamu sedang ingin makan camilan yang manis-manis. Kamu pasti langsung mencari cupcakes, es krim, atau kudapan manis lainnya untuk memenuhi dahaga-gula (sugar craving) tersebut. Tidak lama setelah mengonsumsinya, kamu akan jadi malas dan beberapa waktu kemudian lapar lagi.

Kamu tahu tidak sih apa yang terjadi? Sebenarnya saat kamu ingin makan makanan tertentu, tubuhmu sedang mengirimkan sinyal ke otak bahwa kamu butuh suatu zat lebih banyak.

 

ganti camilan via runitlikeamom.com

via runitlikeamom.com

 

Sayangnya, otak agak susah mengartikan dan bahkan tidak jarang melakukan kesalahan di sini. Karenanya kamu sendirilah yang harus pintar-pintar mengetahui apa yang sebenarnya sedang diberitahukan dan dibutuhkan oleh tubuhmu.

Nyoozee akan memberikan sedikit gambaran nih tentang food craving yang kamu alami. Pada kondisi tertentu, zat apa sih yang sebenarnya tubuhmu butuhkan. Simak yuk!

 

Saat Sedang Ingin Makan Goreng-Gorengan…

ganti camilan via kulinersehat.com

via kulinersehat.com

 

Jangan karena tahu bulat digoreng dadakan, kamu ikutan mendadak ingin makan gorengan. Ketika kamu lagi ingin makan gorengan, tubuhmu sebenarnya sedang mengirimkan sinyal bahwa kamu sedang butuh kalsium. Daripada mengonsumsi hal yang kurang bagus bagi tubuh, lebih baik cari alternatifnya yang lebih sehat.

Ganti camilan dengan: Susu segar yang organik, keju, sayuran hijau yang tinggi kalsium.

 

Saat Sedang Ingin Makan Coklat…

ganti camilan via tumblr.com

via tumblr.com

Ada waktu istirahat atau santai-santai, bukan berarti harus diisi dengan makan coklat. Jika tiba-tiba muncul keinginan untuk makan coklat, artinya tubuhmu sedang butuh zat magnesium. Bukan butuh nutrisi lainnya yang ditawarkan oleh makanan lezat satu ini.

Ganti camilan dengan: Kacang-kacangan, biji-bijian, buah yang segar, atau sayuran yang bisa kamu makan mentah.

 

Saat Sedang Ingin Makan yang Manis-Manis…

ganti camilan via pinterest.com

via pinterest.com

Tiba-tiba ingin macaroon, martabak manis, atau apapun yang manis-manis? Dalam keadaan dahaga-gula seperti itu, bisa jadi yang dibutuhkan tubuhmu adalah zat kromium, triptofan, sulfur, karbon atau fosfor.

Ganti camilan dengan: Brokoli, bayam, keju, cabai, telur, atau kacang-kacangan.

 

Saat Sedang Ingin Makan yang Asin-Asin…

ganti camilan via epicurious.com

via epicurious.com

Keripik kentang idola masyarakat Indonesia sedang banyak dicari karena rasa barunya. Walau begitu bukan berarti makanan ini jadi makanan yang wajib kamu konsumsi saat sedang ingin makanan asin. Bila kamu mengalami hal itu, artinya tubuhmu sedang membutuhkan klorida dan silikon.

Ganti camilan dengan: Kalau kamu tahu kamu lagi butuh klorida, coba makan ikan atau minum susu kambing deh. Tapi kalau kamu butuh silikon, kamu bisa konsumsi kacang-kacangan atau biji-bijian.

 

Saat Sedang Ingin Makan Roti, Pasta, atau Lainnya…

ganti camilan via lovethispic.com

via lovethispic.com

Lagi ingin makan yang penuh karbohidrat atau yang istilahnya adalah makanan yang berat-berat? Itu artinya tubuhmu sedang membutuhkan nitrogen. Jangan lantas langsung berburu spaghetti, fettuccine, atau pizza ya!

Ganti camilan dengan: Ketimbang makan makanan berat yang tinggi karbohidrat, kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi produk yang kadar nitrogennya tinggi seperti keju, sosis, atau kacang-kacangan.

 


featured image via doctorjacq.com