Halfbike, Sepeda Masa Depan Penuh Inovasi

via Halfbike Labs youtube.com

Sepeda merupakan alat transportasi tradisional yang sudah ada ratusan tahun. Selain menjadi transportasi, sepeda juga digemari sebagai alat alternatif untuk berolahraga. Keberadaannya selalu mengalami beberapa perubahan. Seperti fixed gear, sepeda gunung, BMX, sepeda lipat dan masih banyak lagi. Memiliki bentuk-bentuk yang berbeda dengan fungsi yang sama, menjadikan sepeda semakin diperbarui. Untuk menghilangkan kebosanan dalam bersepeda, inovasi terus hadir dalam perkembangan sepeda. Mulai dari bentuk frame yang unik dan roda yang digunakan.

Sepeda Halfbike merupakan inovasi terbaru dari bentuk sepeda yang semakin modern. Bentuknya yang simpel dan ramping ini menggabungkan fungsi bersepeda seperti berlari. Halfbike mengharuskan pengendaranya untuk selalu berdiri. Karena fitur simpel yang tidak dilengkapi jok untuk duduk, memaksa pengendaranya untuk mencondongkan badan ke kanan atau ke kiri ketika mengontrol sepeda ini.

Sebuah kompetisi arsitekturlah yang menginspirasi Martin Angelov dan Mihail Klenov dalam menghasilkan karya ini. Didasari dari pembuatan sketsa sepeda yang sederhana dan berbeda, lalu lahirlah bentuk dengan menggunakan roda tiga seperti ini. Dengan seni perakitan handmade yang memakan waktu yang lama dan penuh ketelitian, membuat Halfbike memiliki kualitas tinggi. Karena uji coba terus dilakukan pada setiap komponen-komponen halfbike.

Didesain seminimalis mungkin dengan tinggi kurang lebih 1 meter serta panjang 78 cm dan berat mencapai 8,2 kg membuat sepeda ini dapat dilipat dan dibawa kemana saja. Spesifikasi yang terdapat pada sepeda ini adalah warna, ukuran, frame, handlebar, roda dan pedal.

Warna

varian warna halfbike - via grindtv.com

varian warna halfbike – by halfbike

Menghadirkan pilihan dalam beberapa warna seperti putih, hitam, pink, lime, dan biru muda yang semakin membuat Halfbike mulai digemari.

 

Ukuran

ukuran - via bikestreak.com

ukuran – by halfbike

Kecil, sedang, dan besar berperan penting pada sepeda ini karena berat dalam setiap ukuran berbeda-beda, tergantung tinggi dari pengendara Halfbike.

 

Frame

frame - via gizmag.com

frame – by halfbike

Framenya yang terbuat dari alumunium berkualitas tinggi membuatnya ringan saat berkendara.

 

Handlebar

handlebar - via www.ecomobility-expo.net

handlebar – by halfbike

Setang kecil yang menjadi pengendali ketika mengarahkan sepeda ini. Dilengkapi hanya dengan satu rem yang terletak di bagian setang kanan yang kecil.

 

Roda

roda halfbike - via tokopedia.net

roda halfbike – by halfbike

Satu roda besar di depan dan dua roda kecil di belakang.

 

Pedal

sepeda halfbike

pedal – by halfbike

Kombinasi kedua pedal ini dibuat seringan mungkin dan memudahkan pengendar saat mengayuh sepeda.

 

Pada tahun 2014 lalu, sepeda Halfbike sudah dilepas ke pasaran melalui Kolelinia yang telah menjual ratusan lebih sepeda handmade ke berbagai belahan dunia. Sepeda ini bisa didapatkan langsung di website resminya halfbike.com dengan harga berkisar US$ 599.

Rasakan perbedaan yang di hasilkan ketika menaiki sepeda unik roda tiga ini. karena Halfbike sangat berbeda dengan sepeda lainnya. Dibutuhkan adaptasi untuk mengendarai sepeda ini dengan lancar. Membuat semua mata tertuju kepada sepeda ini. Berbeda dengan sepeda-sepeda yang lainnya, sepeda halfbike menghasilkan sensasi atau kepuasan tersendiri dalam mengendarainya. Lihat saja sendiri di video di bawah ini:

 

 


featured image by Halfbike Labs via youtube.com