7 Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Dan Garam


via www.efektips.com

Menjaga tubuh tetap sehat dan fit sebenarnya tidak sulit ataupun mahal. Kamu bisa membuat pilihan-pilihan sederhana seperti naik tangga ketimbang naik lift ataupun membawa bekal sendiri ketimbang membeli.

Bila tubuh terasa tidak fit pun kamu tidak perlu buru-buru mengonsumsi obat. Sebagai langkah awal, kamu bisa merendam kaki dengan air hangat dan garam. Langkah ini dipercaya dapat membuat tubuh lebih santai dan rileks.

Bukan cuma itu, aktivitas simpel seperti ini juga punya manfaat lain. Apa saja manfaatnya, simak artikel Nyoozee berikut ini.

 

1. Menghilangkan Bau Kaki

Bau-kaki-1

Fakta yang harus kamu ketahui tentang bau kaki, bau tidak sedap tersebut tidak selalu berasal dari kaus kaki atau sepatu yang kamu kenakan. Bau tersebut bisa juga berasal dari kakimu sendiri.

Jika kamu punya masalah bau kaki, merendamnya ke dalam air garam hangat bisa jadi solusi untuk menyingkirkan bakteri penyebab bau kaki tersebut. Lakukan rutin atau terus menerus hingga aromanya kembali steril.

Baunya tidak juga hilang? Kamu mesti mencoba cara-cara lainnya untuk menghilangkan bau kaki.

 

2. Mengatasi Kulit Kaki Pecah-Pecah

via kakipecahpecah.com

via kakipecahpecah.com

Kulit kaki yang pecah-pecah tidak sedap dipandang. Merendam kaki secara rutin ke dalam air garam dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Oleskan juga minyak zaitun ke bagian yang pecah-pecah seusai direndam. Dengan begitu hasilnya akan jadi lebih maksimal.

 

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

via www.iklantribunbatam.com

via iklantribunbatam.com

Jika tangan atau kakimu terasa bengkak, kamu mudah kelelahan, kinerja otak menurun, daya tahan tubuh melemah, dan terjadi masalah pencernaan, mungkin saja sirkulasi darahmu sedang buruk. Ternyata merendam kaki di air hangat yang diberi garam dapat melancarkan sirkulasi darah lho.

Teorinya, ketika kaki menjadi hangat, badan akan mencoba menyeimbangkan dengan membuat hangat seluruh tubuh. Sirkulasi darah jadi semakin cepat.

 

4. Mengatasi Flu, Meriang, dan Batuk

via drcamphealth.com

via drcamphealth.com

Masih sambungan dari poin sirkulasi darah yang bertambah lancar, manfaat lain yang bisa tubuh rasakan adalah sistem imun yang makin membaik. Dengan begitu flu, meriang, dan batuk sebagai tanda-tanda awal tubuh sedang tidak fit, dapat reda.

Sebagai langkah pencegahan tidak ada salahnya untuk mencoba. Apalagi kondisi cuaca akhir-akhir sedang tidak menentu.

 

5. Melegakan Tenggorokan

via www.alodokter.com

via alodokter.com

Merendam kaki ke dalam air hangat dan garam membuat tubuh ikut-ikutan hangat. Karenanya lendir yang menghambat pernapasan di tenggorokan dapat luruh. Cocok nih jika tenggorokanmu sedang bermasalah. Tapi kalau berkelanjutan dan tetap ada perubahan, kamu harus mulai memikirkan konsultasi dengan dokter.

 

6. Meredakan Sinusitis

via www.webmd.com

via www.webmd.com

Bukan cuma lendir yang ada di tenggorokan, yang ada di sekitar mata, dagu, dan dahi pun bisa luruh. Munculnya lendir di sekitar mata, dagu, dan dahi tersebut bisa jadi ciri-ciri awal penyakit sinusitis. Karenanya, luar biasa kan manfaat merendam kaki dengan air hangat dan garam.

 

6. Meredakan Nyeri Otot

via kumpulantips.info

via kumpulantips.info

Kamu terkena serangan nyeri di otot atau terasa pegal? Merendam kakimu di air hangat yang diberi garam juga cukup membantu meredakannya. Niscaya otot-ototmu akan mengendur dan tubuhmu akan terasa lebih rileks dan ringan.

 


featured image via efektips.com