Suka Minum Teh? Inilah Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan


Sebagai orang Indonesia tentu kamu sudah tidak asing dengan minuman bernama tsaa. Tunggu dulu, minuman apa pula tsaa ini? Nggak usah kaget, itu bahasa Filipina dari minuman teh kok.

Siapa sih, orang Indonesia yang tidak pernah minum teh? Selain rasanya yang nikmat, ternyata teh memiliki banyak khasiat lho! Beberapa khasiatnya seperti:

 

 

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

via gettyimages.co.uk

via gettyimages.co.uk

Katekin, salah satu jenis antioksidan yang terkandung dalam teh, diyakini dapat mengurangi penyerapan lemak, terutama lemak di bagian perut. Selain itu, kandungan katekin juga dapat membantu merangsang metabolisme tubuh sehingga berat badan kita cenderung tetap terjaga.

Tidak hanya katekin, kandungan tanin yang terdapat dalam teh juga diyakini berguna untuk membersihkan saluran pencernaan dan menenangkan perut. Dengan minum empat cangkir teh hijau setiap hari, secara otomatis kita sudah membakar 70-80 kalori setiap hari.

 

2. Mencegah Kanker

via dailymail.co.uk

via dailymail.co.uk

Berbagai studi menyebutkan bahwa minum teh secara rutin dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker perut dan usus besar. Zat yang berperan dalam pencegahan tersebut adalah polifenol atau theaflavin. Zat-zat yang terkandung dalam teh hijau ataupun teh hitam tersebut bersifat antioksidan dan serta efektif menangkal radikal bebas.

 

3. Memperbaiki Kesehatan Kardiovaskular

via express.co.uk

via express.co.uk

Mengonsumsi teh secara teratur juga diyakini dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung, kolesterol tinggi, ataupun stroke. Teh mampu mencegah penggumpalan darah yang menjadi penyebab utama penyakit jantung dan stroke.

Akan lebih baik kalau minum teh dibarengi dengan diet rendah lemak. Pola konsumsi seperti itu dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Rutin minum secangkir teh hijau atau teh oolong juga bermanfaat untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

 

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

via elitebuzzcatalog.wordpress.com

via elitebuzzcatalog.wordpress.com

Tidak hanya bermanfaat membantu menurunkan berat badan, kandungan katekin dalam teh juga berguna untuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Karena itu penderita diabetes sebenarnya aman-aman saja untuk minum teh selama teh tersebut tidak ditambahkan gula.

 

5. Menjaga Kesehatan Mulut

via theguardian.com

via theguardian.com

Menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Chicago, kandungan polifenol pada teh mampu menekan pertumbuhan bakteri pada mulut yang menyebabkan timbulnya bau mulut. Selain itu, kandungan fluoride dan tanin juga dapat membantu mengurangi pembentukan plak dan kerusakan gigi.

 

6. Meningkatkan Kepadatan Tulang

via eatthis.com

via eatthis.com

Ternyata bukan hanya susu yang dapat meningkatkan kepadatan tulang. Teh juga punya kemampuan tersebut. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Shanghai Ninth People’s Hospital, orang yang minum teh dua sampai tiga cangkir per hari lebih terhindar dari risiko patah tulang ketimbang yang tidak minum.

 

7. Membuat Awet Muda

via zesttea.com

via zesttea.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa teh hijau punya kandungan antioksidan yang tinggi. Satu penelitian menyebutkan bahwa tingginya konsumsi teh pada masyarakat Jepang menyebabkan tingkat penderita Alzheimer dan dementia di negara itu lebih rendah dibanding masyarakat Barat yang konsumsi tehnya tidak terlalu tinggi.

Penyebab keajaiban ini adalah kandungan EGCG pada teh hijau. Zat tersebut diyakini mampu menghambat produksi beta-amyloid, penyebab utama penyakit Alzheimer.

 


featured image via 39.benesse.ne.jp