Memilih Menu Sahur yang Tepat


via cdc.gov

Lancarnya seseorang dalam menjalankan ibadah puasa bergantung pada sejumlah faktor. Salah satunya yaitu dari makanan yang dikonsumsi ketika sahur. Sahur adalah waktu yang bisa dimanfaatkan seseorang untuk memasukkan asupan makanan ke dalam tubuh sebagai bekal menghadapi puasa hingga saatnya berbuka. Sehingga, kualitas makanan sahur yang baik tentunya akan berpengaruh pada ketahanan seseorang dalam berpuasa.

Memilih menu sahur seringkali dianggap mudah dan remeh. Padahal, faktanya dengan asal makan sahur yang tepat maka kamu bisa lebih nyaman berpuasa. Untuk itulah, pentingnya memperhatikan menu makan saat sahur. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diperhatikan untuk memilih menu makan sahur yang tepat.

Air Putih

air putih asupan cairan yang paling tepat

air putih asupan cairan yang paling tepat -via dream.co.id

Tentu saja, karena seharian akan berpuasa, kebutuhan tubuh akan air hanya bisa dipenuhi di jam berbuka sampai waktu sahur. Ketika kamu melakukan santap sahur, maka pastikan tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup agar terhindar dari dehidrasi ketika berpuasa seharian.

 

Konsumsi Karbohidrat Kompleks dan Serat

Karbohidrat kompleks untuk menu sahur

Karbohidrat kompleks untuk menu sahur – via azurama.wordpress.com

Ketika sahur, sebaiknya konsumsilah makanan yang akan memberikan efek kenyang lebih lama. Dalam hal ini, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan tinggi serat. Makanan yang kaya akan serat akan membantu melepaskan energi secara perlahan.

 

Jangan Lupa Buah dan Sayuran

perbedaan-buah-dan-sayur

Sayur dan buah-buahan – via dessyce.blog.upi.edu

Tidak hanya karbohidrat komplek saja yang harus ada dalam menu sahur, namun sayur dan buah-buahan juga diperlukan. Sayur dan buah-buahan mengandung mineral yang baik bagi tubuh.

 

Protein

Ikan, daging dan kacang kaya akan protein

Ikan, daging dan kacang kaya akan protein – via webmd.com

Zat lain yang diperlukan oleh tubuh saat santap sahur adalah protein. Protein ini bisa berperan sebagai cadangan energi selama berpuasa. Anda bisa mendapatkan zat protein ini dengan mengkonsumsi daging. Pilihlah daging tanpa lemak dan hindarilah mengolah daging dengan cara digoreng karena hal ini akan mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Akan tetapi, kalau tidak ada daging maka anda bisa menggantinya dengan tempe,  tahu, ataupun ikan.

 

Makanan yang Kaya Akan Zat Besi

Daftar-Makanan-Kaya-Zat-Besi

Daging merah sumber zat besi – via ideklik.com

Selama berpuasa tubuh akan secara otomatis mengalami kekurangan zat besi. Ini adalah sebuah permasalahan bagi seseorang yang menderita penyakit kurang darah (anemia). Oleh karena itulah, penting bagi anda untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti sayur bayam ataupun daging merah.

 

Susu

Susu kaya akan kalsium yang baik untuk menu sahur

Susu kaya akan kalsium yang baik untuk menu sahur – via health.kompas.com

Selain air putih, anda juga disarankan untuk meminum susu. Susu adalah minuman sehat dengan kandungan gizi yang tinggi, dari mulai vitamin hingga mineral. Susu juga menjadi sumber kalsium yang tinggi. Jika perutmu tidak cukup kuat dengan susu di pagi hari, ada baiknya diganti dengan susu kedelai.

 


featured image via cdc.gov