Mencegah dan Mengatasi Kaki Bau Dengan Mudah

Kekasihku, kau memang cantik… kucinta kau walau dirimu… bau bau lu bau kaki…

Yang di atas itu merupakan penggalan dari salah satu lagu Project Pop berjudul Bau Bau Bau. Lagu itu menceritakan bagaimana cinta dapat mengalahkan segala hal, termasuk kenyataan pasangannya bau kaki (dan juga bau-bau lainnya).

Dalam situasi sebenarnya, kaki bau lebih sering membawa derita. Mungkin tidak sampai membuat hubungan asmara jadi berakhir, tapi setidaknya membuat indera penciuman pasangan jadi begitu tersiksa.

Supaya tidak menyusahkan orang lain dan juga tidak berujung menyusahkan diri sendiri, kaki bau harus sebisa mungkin dicegah dan diatas. Bagaimana caranya? Simak pembahasan Nyoozee berikut

 

Penyebab Kaki Bau

via yourbodyyourtemple.net

via yourbodyyourtemple.net

Sebelumnya kita perlu memahami dulu penyebab kaki bau. Kulit bagian kaki, sebagaimana permukaan tubuh lainnya, dilapisi oleh kelenjar keringat. Kelenjar ini mengeluarkan keringat yang berfungsi untuk mendinginkan tubuh ketika cuaca panas.

Potensi kaki untuk berbau tambah tinggi mengingat bagian tubuh ini merupakan salah satu bagian tubuh yang punya banyak kelenjar keringat.

Keringat di kaki sebenarnya tidak berbau. Kaki menjadi bau ketika terpapar oleh bakteri yang menempel pada permukaan kulit dan sepatu. Bakteri tersebut mencemari keringat pada kaki dan memproduksi zat asam yang menyebabkan bau tidak sedap.

Ada tiga jenis kotoran yang dikeluarkan bakteri pada kaki. Pertama ada methanethiol yang menyebabkan kaki berbau seperti belerang dan keju. Kedua, ada isovaleric acid yang menyebabkan kaki beraroma seperti keju atau tengik seperti cuka. Ketiga, ada propanoic acid yang menyebabkan kaki bau kecut.

 

Pencegahan Kaki Bau

via fanblogs.jp

via fanblogs.jp

Untuk mencegah kaki bau, sebisa mungkin hindari memakai sepatu atau kaus kaki yang basah. Alas dan kaus kaki yang basah seperti itu sangat digemari oleh bakteri yang menyebabkan kaki bau.

Selain itu jagalah agar sepatu tidak bau. Soalnya bisa saja kakimu bau akibat terpapar sepatumu yang bau. Nyoozee sudah pernah kok membahas langkah-langkah yang bisa kamu lakukan supaya sepatumu tidak bau.

Satu hal lagi, biasakan mencuci kaki sebelum dan sesudah memakai sepatu. Jangan lupa juga untuk mengelap kaki sampai kering.

 

Mengatasi Kaki Bau

Lantas kalau kaki sudah terpapar bau bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan

Menggunakan Sabun Anti Bakteri

via livingmividaloca.com

via livingmividaloca.com

Cuci kaki menggunakan sabun anti bakteri. Sabun akan membersihkan sisa-sisa keringat dan bakteri yang menempel pada kaki mati. Gosok-gosok kaki dengan scrub agar kulit mati ikut mengelupas.

 

Menggunakan Air Perasan Jeruk Lemon

via drhauschkaaus.wordpress.com

via drhauschkaaus.wordpress.com

Renda kaki dalam air perasan jeruk lemon sekitar 15-25 menit selama 2-3 kali sehari. Air perasan jeruk lemon ini dapat menjaga kelembapan kaki. Jika kelembapan kaki terjaga, bakteri tidak betah lama-lama bercokol di sana.

 

Menggunakan Deodoran Semprot

via s3.amazonaws.com

via s3.amazonaws.com

Prinsipnya sama seperti menghilangkan bau-bau berlebih di ketiak. Menyemprotkan deodoran ke kaki akan menghilangkan bakteri penyebab bau kaki.

 

Menggunakan Teh

via foottherapy.net

via foottherapy.net

Cara penggunaan teh untuk mengatasi bau kaki hampir sama dengan air perasan lama. Seduh teh, lalu rendam kaki di air teh tersebut.

 

Mencegah dan mengatasi bau kaki ternyata tidak terlalu sulit, kan? Makanya jangan malas-malas membersihkan kaki. Sesekali merawatnya dengan cara pedicure oke juga lho.

 


featured image via careertrek.com