Bahan-Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo


menghilangkan komedo via stylecraze.com
via stylecraze.com

Kehadiran komedo di wajah sangatlah menyebalkan. Nyoozee yakin, kamu yang punya kulit wajahnya punya pori-pori pasti pernah mengalaminya.

Komedo sendiri adalah pori-pori yang tersumbat, yang membuat kulit di wajah terasa kasar dan berbintik-bintik. Nah, ada dua jenis sumbatan pori-pori ini. Jenis yang pertama adalah yang terbuka, dan yang berikutnya adalah yang tertutup. Apa beda antara keduanya sih?

Pori-pori yang tersumbat dalam keadaan terbuka akan memunculkan komedo berwarna hitam di area kulit. Inilah yang membuat komedo jenis ini disebut blackhead. Berbeda dengan itu, pori-pori yang tersumbat dalam keadaan tertutup akan membuat tonjolan berwarna putih, dan disebut whitehead. 

 

menghilangkan komedo via indiatimes.com

via indiatimes.com

 

Blackhead muncul di area kulit wajah karena pori-pori tersumbat dalam kondisi terbuka. Karena ini kelenjar minyak yang ada di permukaan kulit teroksidasi oleh udara di sekitar. Oksidasi membuat pori-kelenjar minyak tersebut jadi berubah warna menjadi lebih gelap atau menghitam.

Lain halnya dengan whitehead. Komedo jenis ini terjadi karena minyak terperangkap di bawah lapisan permukaan kulit. Karena terperangkap dalam kondisi tertutup, permukaan kulit akan mengeras dan terasa tidak nyaman.

 

menghilangkan komedo via beautybythegeeks.com

via beautybythegeeks.com

 

Pada umumnya komedo punya ukuran yang kecil. Hanya saja, meskipun ukurannya kecil, komedo bisa jadi masalah besar. Kenapa demikian? Karena jika dibiarkan dan tidak dihilangkan, komedo bisa berkembang menjadi jerawat. Tentu kamu tidak ingin menambah masalah di kulit wajahmu, kan?

Nah, kalau kamu saat ini sedang punya komedo dan ingin segera menghilangkannya, jangan buru-buru ke dokter kulit! Sebab, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan komedo dengan cara dan bahan-bahan yang alami. Beberapa akan Nyoozee paparkan di bawah ini:

 

Buah Pepaya

menghilangkan komedo via minimalistbaker.com

via minimalistbaker.com

Tidak sekadar untuk membantu melancarkan pencernaan, ternyata buah pepaya juga punya khasiat untuk menghilangkan komedo.

Bagaimana pengaplikasiannya? Cukup mudah! Cukup dengan memotong seperempat bagian buah pepaya dalam ukuran yang kecil-kecil. Kemudian, blender potongan tersebut sampai halus dan mirip bubur.

Oleskan di area wajah tempat komedo bersemayam. Diamkan selama sekitar 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini di malam hari sebelum tidur ya!

 

Lidah Buaya

menghilangkan komedo via womendailymagazine.com

via womendailymagazine.com

Gel lidah buaya sangat berkhasiat untuk mengatasi komedo. Lidah buaya mengandung 2 jenis hormon, yakni Auksin dan Giberelin. Mereka adalah hormon penyembuhan dan anti-inflamasi yang membantu untuk mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, lidah buaya adalah pelembab alami yang bagus untuk kulit.

Caranya sangat mudah. Cukup sediakan satu batang lidah buaya untuk diiris menjadi dua bagian. Lalu, gel pada irisan itu bisa dioleskan di area wajah yang punya komedo.

 

Madu dan Susu

menghilangkan komedo via tumblr.com

via tumblr.com

Saat kamu mendengar dua bahan alami tersebut, mungkin kamu berpikir bahwa keduanya akan enak kalau bisa dikonsumsi untuk menghilangkan komedo. Padahal, bukan!

Untuk menghilangkan komedo, dua bahan ini harus dicampurkan dan diaplikasikan di kulit. Keduanya dicampurkan agar asam laktat pada susu yang berfungsi melembutkan kulit bisa bekerja optimal dengan sifat antibakteri dari susu.

Campurkan satu sendok teh susu dan satu sendok makan madu (kalau bisa yang organik). Kemudian panaskan keduanya selama beberapa detik. Ambil selembar kapas, celupkan di campuran bahan tersebut dan celupkan kapas ke dalamnya. Barulah setelah itu, kamu diamkan kapas tinggal di bagian wajahmu yang banyak komedonya. Biarkan mengering hingga sekitar 20 menit, dan bilas dengan air dingin.

 

Buah Lemon

menghilangkan komedo via tumblr.com

via tumblr.com

Ingin kulit terbebas dari komedo, sekaligus menjadi lebih cerah? Mari gunakan lemon! Mudah sekali, kok.

Kamu hanya tinggal mengoleskan potongan buah lemon ke bagian wajah yang penuh komedo. Setelah itu, diamkan hingga mengering dalam jangka waktu sekitar 10 hingga 20 menit. Bilas dengan air bersih, baik hangat ataupun dingin setelahnya.

 

Jeruk Nipis

menghilangkan komedo via teruskan.com

via teruskan.com

Dari segi rasa, buah lemon dan buah jeruk nipis biasanya memang mirip. Keduanya sama-sama asam. Selain itu, buah ini juga mirip karena keduanya sama-sama dapat menghilangkan komedo. Caranya?

Cukup dengan memeras setengah kandungan jeruk nipis, lalu oleskan di daerah sekitar komedo agar sel-sel kulit matinya terangkat. Biarkan selama 5 menit, barulah kemudian gunakan air dingin untuk membilasnya.

 

Setelah tahu bahan-bahan alami apa saja yang bisa menghilangkan komedo dari wajahmu, Nyoozee juga akan berbagi sedikit nih tentang hal-hal apa yang harus kamu lakukan untuk menghindari penyumbatan pori-pori menjadi komedo tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mencuci wajah secara teratur dengan pembersih wajah yang tepat. Kamu bisa pilih pembersih dengan pH yang seimbang untuk kesehatan kulit wajahmu.
  • Hindari terpapar polusi udara terlalu sering dan berlebihan. Gunakan masker yang tepat ya! Kalau bisa yang biodegradable.
  • Pilih produk makeup yang sesuai jenis kulit. Entah itu untuk kulit kering, kulit berminyak atau kulit kombinasi. Jangan lupa membersihkannya sebelum beranjak tidur!
  • Kurangi makanan-makanan yang berminyak.

Dengan begitu kamu tak perlu mencemaskan komedo lagi deh!

 


featured image via stylecraze.com