4 Alasan Naik Tangga Lebih Baik Daripada Naik Lift


naik tangga lebih baik via techtimes.com
via techtimes.com

Sekilas saat membaca judul artikel ini, kamu mungkin merasa jengkel atau tidak setuju. Bagaimana mungkin naik tangga bisa lebih baik dari naik lift? Bukankah lift sengaja diciptakan supaya penggunanya dapat mengefisienkan tenaga serta lebih cepat sampai ke lantai tujuan.

Jangan berburuk sangka dulu. Kalau kamu tinggal di apartemen atau bekerja di gedung pencakar langit, naik lift boleh jadi merupakan pilihan yang paling rasional. Tapi kalau kamu tinggal atau bekerja di gedung yang cuma terdiri dari lima lantai, naik lift sebenarnya tidak perlu-perlu amat.

 

naik tangga lebih baik via tumblr.com

via tumblr.com

Kecuali kamu memiliki keterbatasan fisik tertentu, alangkah baiknya jika kamu naik ke lantai tempatmu beraktivitas menggunakan tangga. Mayoritas orang kalau disarankan naik tangga, cenderung malas dan menganggap pilihan tersebut melelahkan.

Memang benar agak melelahkan sih, tapi naik tangga punya sejumlah kebaikan dibanding naik lift. Nggak percaya? Coba simak beberapa alasan kenapa naik tangga jadi pilihan yang lebih baik.

 

1. Menghindarkanmu Dari Gaya Hidup Tidak Sehat

naik tangga lebih baik via livestrong.com

via livestrong.com

Coba deh hitung, berapa banyak waktu yang kamu habiskan seharian duduk menatap layar? Nyoozee yakin pasti berjam-jam. Situasi seperti itu dapat membahayakan kesehatan. Lama-lama sakit punggung, nyeri di bagian leher, serta gangguan fungsi metabolis bisa semakin sering datang.

Untuk mengurangi potensi bahaya tersebut, kamu bisa naik turun tangga sebagai bentuk pencegahan. Hitung-hitung olahraga ringan supaya tubuhmu nggak terlalu kaku. Bahkan naik turun satu dua lantai saja sudah bisa membawa manfaat bagi tubuhmu lho.

 

2. Metabolisme Tubuh Jadi Bagus

naik tangga lebih baik via tommyeurope.tv

via tommyeurope.tv

Naik tangga memang lebih melelahkan daripada naik lift. Pernyataan tersebut benar adanya. Sebab, naik-turun tangga adalah kegiatan fisik yang cukup intensif. Sylvester Stallone saja melakukannya sebagai bentuk latihan fisik dalam film Rocky.

Selain itu, entah kamu sadari atau tidak, karena keintensifannya ini, naik-turun tangga dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan aktivitas joging. Alhasil, metabolisme tubuhmu akan jadi lebih bagus. Apalagi kalau kamu membiasakannya setiap hari.

 

3. Menyehatkan Jantung

naik tangga lebih baik via healthscopers.com

via healthscopers.com

Tahukah kamu di samping lari dan joging, naik tangga juga merupakan bentuk kegiatan aerobik? Kegiatan aerobik merupakan aktivitas fisik yang meningkatkan detak jantung dan menyehatkan sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Terbayang dong, bagaimana kalau kamu melakukannya secara rutin? Jantungmu lebih sering terlatih dan tentu lebih sehat!

 

4. Menguatkan Otot Bagian Bawah

naik tangga lebih baik via fitday.com

via fitday.com

Berjalan seperti biasa pada permukaan yang datar tidak membawa banyak perubahan pada tubuh kita. Hal ini karena kita hanya bergerak secara horizontal. Lain halnya jika kita rajin naik-turun tangga. Kita akan melakukan gerakan vertikal.

Dengan melakukan gerakan vertikal, tubuh bagian bawah yakni sekitar paha dan betis, dipaksa bergerak melawan gravitasi berulang kali. Dengan begitu otot bagian bawah tersebut lama kelamaan akan terlatih dan menjadi lebih kuat.

 

Tuh kan ada banyak kebaikan yang bisa kamu dapatkan dengan naik tangga. Yakin masih mau naik lift?

 


featured image via techtimes.com