Lama Olahraga, Tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun? Mungkin Kamu Sedang Plateau

Lama jalani program penurunan berat badan, tapi timbangan segitu-gitu aja.

Menurunkan berat badan bukan cuma perkara mengurangi porsi makan lalu timbangan badan bisa tiba-tiba jadi turun. Agar penurunan berat badan berjalan beriringan dengan tubuh yang sehat, prosesnya juga harus melibatkan olahraga dan pilah-pilih makanan yang tepat.

Salah satu kondisi yang muncul dalam proses menurunkan berat badan adalah ketika berat badan segitu-segitu saja padahal kamu sudah giat berolahraga dan makan-makanan sehat.

Jika kamu sedang dalam proses penurunan berat badan dan mengalami hal tersebut, maka kamu mungkin sedang berada dalam fase plateau. Apa itu plateau? Agar jadi lebih paham dan bisa mengatasi fase plateau dalam proses penurunan berat badan, simak ulasan Nyoozee berikut:

 

Apa Itu Plateau?

Horor itu setelah capek diet dan olahraga, liat timbangan ternyata masih segitu aja. via blog.nasm.org

Horor itu setelah capek diet dan olahraga, lihat timbangan ternyata masih segitu saja – via blog.nasm.org

Secara sederhana, fase plateau dapat dijelaskan sebagai satu fase dimana berat badan tidak kunjung turun meski sudah berolahraga cukup keras dan menjaga pola makan.

Dalam beberapa kasus, fase plateau membuat beberapa orang frustasi. Mereka menyerah lalu kembali ke pola hidup dan makan yang tidak sehat. Alhasil berat badan jadinya kembali naik. Padahal jika sedikit bersabar dan tahu cara mengatasinya, fase plateau dapat dilewati dengan mudah.

 

Apa Sih Penyebab Fase Plateau?

Lama diet dan olahraga ternyata lingkar pinggang segitu-gitu aja. via theweightlossmedication.com

Sudah intens berolahraga dan diet teratur, lingkar pinggang segitu-gitu saja – via theweightlossmedication.com

Penyebab orang mengalami fase plateau dapat berasal dari banyak hal. Bisa jadi karena program olahraga yang dijalani ikut meningkatkan massa jenis otot. Bisa juga karena tubuh mulai beradaptasi dengan pola makan yang dijalani. Intinya, pangkal fase plateau adalah dari asupan makanan dan metabolisme tubuh.

Bila mengalami fase ini, tidak perlu cemas. Fase ini bisa diatasi kok.

 

Lantas Bagaimana Solusinya?

Ada beberapa solusi yang dapat kamu tempuh saat berada pada fase plateau. Kamu bisa melakukan beberapa cara ini:

 

Evaluasi Program Latihan dan Diet

Siapa tahu ternyata kamu butuh olahraga lebih dari sekadar jogging. Diunggah oleh Ryan McGuire via pixabay.com

Siapa tahu ternyata kamu butuh olahraga lebih dari sekadar joging. Diunggah oleh Ryan McGuire via pixabay.com

Penyebab seseorang mengalami fase plateau adalah karena tubuh orang tersebut sudah pada titik nyaman. Berat badan jadi stagnan, tidak lagi naik ataupun turun. Jika belum puas dengan berat yang sekarang dan masih ingin turun, ada baiknya kamu melakukan evaluasi diri.

Cek kembali, apakah olahraga yang dilakukan sudah cukup untuk menurunkan berat badan saat ini? Apakah program diet yang kamu tempuh sudah pas dengan berat badan saat ini? Jika ternyata dirasa belum cukup, coba tambah intensitas atau durasi olahraga. Selain itu kamu juga bisa coba lebih mengurangi jumlah kalori makanan yang masuk ke tubuhmu.

 

Variasikan Olahraga Yang Kamu Lakukan

Coba lakukan olahraga baru bisa jadi salah satu solusi fase plateau. Diunggah oleh tpsdave via pixabay.com

Coba lakukan olahraga baru bisa jadi salah satu solusi fase plateau. Diunggah oleh tpsdave via pixabay.com

Menurunkan berat badan bukanlah proses yang mudah. Apalagi bila mengalami masa plateau yang akan semakin membuatmu bosan dan menyerah. Solusi lain yang dapat kamu lakukan adalah menambah porsi dan variasi olahraga.

Misal, olahraga yang biasanya kamu lakukan adalah joging pada pagi dan sore hari. Supaya porsi olahragamu bertambah tapi tidak membuat jenuh, kamu bisa mengambil kelas bela diri atau ikutan street workout, di samping joging yang biasa kamu lakukan.

Selain tidak bosan, kejutan yang diterima tubuh akibat aktivitas olahraga berbeda tersebut dapat merangsang berat badan untuk kembali turun.

 

Konsumsi Lebih Banyak Protein

Makan protein supaya nggak kebanyakan kalori dari karbo. via popsugar.com

Prioritaskan mendapatkan kalori dari makanan berprotein ketimbang dari makan berkarbohidrat – via popsugar.com

 

Jika sebelumnya kamu terlalu banyak makan nasi atau makanan berlemak, mungkin sudah saatnya untuk mengonsumsi lebih banyak protein agar fase plateau-mu bisa segera terlewati.

Beberapa penelitian menyebutkan mendapatkan kalori dari makanan berprotein dapat membantu proses penurunan berat badan. Syaratnya, konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak harus dikurangi. Kamu juga harus pandai-pandai menghitung jumlah kalori yang masuk dengan yang dikeluarkan supaya berat badanmu semakin berkurang.