Berani Bersepeda Downhill Dalam Kota Hingga Masuk Rumah Penduduk?


via indonesiandownhill.com

Sebagai salah satu kendaraan tertua yang pernah ditemukan manusia, sepeda sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Penggunaannya tidak lagi sebatas pada olahraga. Dengan bersepeda, kamu bisa berpindah tempat dan berekreasi.

Dalam cabang olahraga pun, bersepeda tidak lagi melulu dilombakan dalam sebuah arena melengkung bernama velodrom. Arena bersepeda sudah berevolusi ke berbagai tingkat. Bentuk jalurnya beragam, mulai dari jalanan lurus, antar kota dan negara, dalam lintasan akrobatik, hingga turun gunung.

Bersepeda turun gunung, atau yang biasa disebut juga downhill mountain biking, adalah jenis olahraga yang memadukan kemampuan bersepeda, daya tahan tubuh, dan gerakan melaju dan mengerem secara tiba-tiba.

Bayangkan sebuah gunung dengan sisi yang cukup curam. Hanya kamu dan sepedamu yang meluncur turun. Lintasannya tidak hanya garis lurus. Tentu kamu dituntut untuk ekstra hati-hati dalam menuruni jalur. Bisa saja ada batu berukuran besar yang menghadang atau dahan pohon yang menghadang.

Meski demikian, bosan dengan tantangan yang sudah disediakan alam, para atlet terus berkembang bersama olahraga ekstrem ini. Bukan hanya di dalam hutan, kini downhill biking dilakukan di dalam kota, lengkap dengan jalur aspal dan kelokan gang sempit. Bahkan sampai masuk ke koridor ruang tamu rumah penduduk!

Penasaran?

 

downhill dalam kota

via tonyeveling.com

 

Downhill biking versi ini terlahir di sebuah kota bernama Bratislava di negara Slowakia. Bentuk tata kotanya yang rapat dan padat, serta konturnya yang berbukit membuat kota ini sangat cocok dijadikan lokasi downhill dalam kota.

Ini adalah video resmi untuk lomba balap yang diadakan di tahun 2014 lalu:

 

Dengan bantuan beberapa tambahan rintangan seperti platform yang melengkung, pembalap bisa melompati tangga hingga mobil.

Mau merasakan jadi pembalap yang berkebut melewati jalur itu? Ini ada video dengan sudut pandang si pembalap:

 

Menariknya, acara serupa tidak hanya pernah dilakukan di luar negeri. Indonesia tercatat pernah mengadakan perlombaan serupa, walau tidak benar-benar downhill dalam kota. Lokasi acara di Indonesia ini bukanlah di perkotaan, tapi pedesaan. Tepatnya di Desa Kungkuk, Kota Batu, Jawa Timur.

Uniknya, di jalur ini para pembalap tidak hanya melewati lintasan alam semata, tapi juga harus menerobos masuk ke rumah penduduk! Mereka masuk ke ruang tamu, belok ke dapur, lalu kabur lewat pintu belakang menuju rintangan selanjutnya. Seru!

 

downhill dalam kota

by koko Riko via youtube.com

downhill dalam kota

via indonesiandownhill.com

downhill dalam kota

via bbc.com

 

Serunya lagi, dalam gelaran kali ini dilakukan dua tahap: siang dan malam hari. Tentu saja tingkat kesulitannya meningkat ketika malam. Dengan penerangan seadanya dan jalur yang terjal serta unik, para pembalap harus bisa mencapai titik akhir secepat-cepatnya.

Jangan lupa permisi dengan pemilik rumah ya!

 

Mungkin dengan kegiatan downhill biking ini, potensi wisata Indonesia juga bisa terdongkrak naik. Menurutmu, kota mana lagi di Indonesia yang bisa dibuatkan acara sejenis?

 


featured image via indonesiandownhill.com