Flag Football, Sepakbola Amerika Tanpa Tackle


HOUSTON, TX - DECEMBER 16: The line of scrimmage is seen between the Indianapolis Colts and the Houston Texans at Reliant Stadium on December 16, 2012 in Houston, Texas. (Photo by Scott Halleran/Getty Images)

Ketika mendekati akhir pekan, ada baiknya kita mempersiapkan kegiatan yang akan dilakukan. Sebab kalau akhir pekan cuma dihabiskan dengan istirahat di rumah saja, bakal membosankan juga kan? Lagipula, akhir pekan sebenarnya tidak harus selalu belanja ke mallhangout ke kafe atau kegiatan lainnya yang cenderung konsumtif. Akhir pekan juga bisa dihabiskan dengan kegiatan olahraga, wisata alam, atau mungkin sekadar keliling kota untuk menikmati pemandangan kota.

Kalau bicara masalah olahraga di akhir pekan, kami punya rekomendasi nih, guys. Kalau kamu bosen dengan sekedar jogging di sekitar rumah atau mampir ke area car free day di kotamu, kamu bisa mencoba olahraga yang satu ini: Flag Football. Nama olahraga ini mungkin terdengar asing bagi kamu. Untuk perkenalan, mari simak video dan foto-foto berikut:

 

 

via guardianlv.com

via guardianlv.com

 

via twincities.com

via twincities.com

 

Video dan foto-foto di atas, adalah cuplikan dari permainan sepakbola Amerika atau American Football. Kenapa bahas American Football? Karena Flag Football bisa dibilang adalah adaptasi dari American Football (beda dengan Rugby).  American Football sendiri memilki ciri-khas adanya tackle, yang bisa membuat kamu ngilu hanya dengan menonton saja.

Meski dilengkapi pelindung yang cukup lengkap, tak terbantahkan American Football tetap memiliki risiko cedera yang tinggi; bahkan beberapa cedera bisa mengakhiri karir si pemain. American Football saat ini populer di Amerika dengan organisasinya NFL (National Football League) yang sudah berdiri sejak tahun 1920. Untuk organisasi internasionalnya ada IFAF (International Federation of American Football) yang berdiri secara resmi sejak tahun 1998.

Nah setelah kita sedikit berbincang tentang American Football, kamu pasti jadi tambah penasaran, seperti apa sih Flag Football? Mudahnya, mari simak video dan foto berikut:

 

 

via @iffaofficial

via @iffaofficial instagram

 

via @iffaofficial instagram

via @iffaofficial instagram

 

Sudah lihat video dan fotonya? Seperti itulah kurang lebih gambaran Flag Football. Flag Football bisa dibilang American Football dalam versi minim kontak fisik. Risiko cedera dapat diminimalisir tanpa harus mengurangi tingkat keseruan dari olahraga American Football itu sendiri.

Pada Flag Football, pemain diwajibkan menggunakan Flag Belt yaitu bendera yang digunakan pada sekitar pinggang pemain (bisa dilihat di foto atau video). Sebagai pengganti Tackle yang digunakan untuk menghentikan permainan pada American Football, Flag Football mengharuskan pemain bertahan mencabut bendera atau Flag pada Flag Belt (yang biasa disebut dengan deflag) agar permainan berhenti dan dilanjutkan pada down atau kesempatan berikutnya.

 

Mike Lewis juga main looh. via @Iffaofficial Instagram

Mike Lewis juga main looh – via @Iffaofficial Instagram

 

Di Indonesia, tepatnya di Jakarta, Flag Football sudah dimainkan sejak tahun 2001. Meski begitu, organisasi sebagai payung kegiatan olahraga Flag Football di Indonesia baru didirikan pada tahun 2009 dengan nama IFFA (Indonesian Flag Football Association). Saat ini, olahraga Flag Football di Indonesia sudah cukup menyebar, meski kebanyakan masih di pulau Jawa. Tetapi keseruan olahraga Flag Football ini terus menyebar dan sedikit demi sedikit sudah mulai berkembang juga di daerah Sumatra.

 

via wordpress.org

Logo Indonesian Flag Football Association. via wordpress.org

 

Selain di Jakarta, olahraga Flag Football juga ada di Depok, Bogor, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Malang. Untuk selain di Pulau Jawa, olahraga Flag Football ada juga di Palembang. Jadi kalau kamu ada di sekitar kota tersebut, kamu bisa coba tanyakan kegiatan latihan rutinnya di Official Page IFFA di Facebook ya.

Kalau kamu ada di sekitar Jabodetabek, berikut jadwal rutin kegiatan Flag Football yang bisa kamu ikuti:

  • Setiap Sabtu pukul 09.00 pagi di lapangan hoki, Gelora Bung Karno (dekat gedung TVRI)
  • Setiap Jum’at pukul 16.00 sore di lapangan hoki, Universitas Indonesia, Depok
  • Setiap Minggu pukul 14.00 siang di lapangan sempur, Bogor

Untuk perlengkapan Flag Football, kamu ga perlu repot-repot menyiapkan berbagai macam atribut. Perlengkapan yang kamu butuhkan hanya sepatu olahraga (bisa sepatu futsal, sepatu bola, atau sepatu lari) dan pakaian olahraga (baju dan celana pendek atau panjang). Flag Belt dan bolanya kamu bisa pinjam dari pihak pelaksana kegiatan Flag Football di masing-masing tempat, jadi tidak perlu khawatir kalau kamu tidak punya.

Meski saat ini status Flag Football masih sekadar olahraga rekreasi, IFFA sudah memiliki beberapa kompetisi rutin yang dilakukan setiap tahunnya. Beberapa kompetisi tersebut adalah kompetisi nasional antar regional Merdeka Bowl, pertandingan persahabatan antar regional National Friendly Games, dan kompetisi nasional antar perguruan tinggi College Bowl. Penasaran bagaimana sengitnya kompetisi antar regional Flag Football Indonesia? Kamu bisa tonton video berikut ini:

 

 

Jadi tunggu apalagi? Ayo segera siapkan perlengkapan olahraga kamu, dan mari main Flag Football!!

 

 


featured image via cowboyspride.net