Sehat dengan Street Workout ala Saitama One Punch Man


Kehidupan urban yang dinamis, aktif, dan bergerak progresif membuat banyak orang tenggelam dalam kesibukan, pola makan kurang sehat, dan kurangnya olahraga. Hal-hal ini bisa mengakibatkan munculnya kondisi yang dahulu tidak muncul pada fase usia tertentu. Misalnya, penyakit kelebihan kolesterol. Dahulu, hanya orang berumur yang dipercaya bisa mengidap penyakit ini. Tapi kini sudah banyak orang berusia muda yang menderita karenanya.

Olahraga, sebagai salah satu solusi menjaga pola hidup sehat pun mulai digemari. Mal seolah kurang lengkap rasanya jika tidak memiliki sebuah pusat kebugaran. Menjadi anggota pusat kebugaran pun seolah jadi gengsi tersendiri bagi banyak orang di kota besar. Berbagai promosi dan agenda menarik disiapkan untuk menjaring lebih banyak orang bergabung, dan tentu saja, dengan membayarkan sejumlah uang. Semuanya mengedepankan program-program pembentuk badan. Banyak orang yang rela merogoh kocek untuk tampil lebih kurus, langsing, dan memiliki perut rata.

Padahal ada yang murah (kalau tidak mau disebut gratis) untuk memiliki bentuk badan ideal. Salah satunya adalah street workout. Ini adalah aktivitas fisik yang dilakukan di taman terbuka atau fasilitas publik lainnya. Dipercaya berkembang di daerah urban Amerika Serikat, ada juga pendapat lain yang mengatakan street workout tumbuh dari lingkungan penjara yang keras. Padahal, kalau mau ditilik lebih jauh, apa yang dilakukan oleh pelaku street workout adalah kegiatan calisthenics.

Calisthenics adalah sebuah bentuk olah tubuh yang menitikberatkan pada gerakan motorik kasar, biasanya dilakukan secara repetitif dan tanpa bantuan alat. Beban latihannya? Berat tubuh kita sendiri. Karena itu juga, pola latihan ini sering disebut dengan nama bodyweight training, latihan dengan menggunakan berat badan sendiri sebagai beban.

Terlepas dari pelbagai perbedaan nama dan istilah, street workout kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup urban. Bermodalkan taman atau lapangan terbuka, kamu sudah bisa mulai melakukannya. Jika bingung bagaimana memulainya, kamu bisa mengintip cara olahraga Saitama, karakter utama dari komik One Punch Man berikut ini:

street workout one punch man

via pinterest.com

Komik One Punch Man bercerita tentang Saitama sang superhero yang sangat kuat. Saking kuatnya, seluruh lawannnya kalah hanya dengan satu pukulan saja. Saitama sendiri akhirnya sebal dengan kondisi tersebut. Dia merasa kekuatannya membuatnya terlalu kuat sehingga tidak ada tantangan sama sekali. Seluruh kekuatannya didapat dengan cara melakukan olahraga sederhana yang sebenarnya kamu bisa tiru. Well, tertarik ingin jadi superhero ataupun tidak, sepertinya kita bisa mengintip apa saja olahraga yang dilakukan oleh Saitama hingga menjadi sekuat itu.

 

1. Push Up

Mungkin kamu sudah tahu gerakan ini. Tapi tahukah kamu bahwa gerakan ini mempunyai banyak efek pada tubuh? Dalam satu gerakan push up, kamu melatih otot bahu, dada, core, dan scapular stabilizer (otot yang menghubungkan bagian leher, punggung bagian atas dan bahu). Banyak kan? Semakin tinggi posisi kakimu, semakin kuat beban dan latihan yang diterima otot-otot tersebut.

via wikimedia.org

Variasi gerakan push up yang beragam juga bisa kita lakukan jika gerakan standar rasanya sudah tidak lagi menantang. Coba lihat saja video di bawah ini tentang berbagai variasi push up.

 

2. Sit Up

Gerakan sederhana ini cocok bagi kita-kita yang ingin perut rata. Melihat orang melakukannya memang terkesan mudah. Tapi tunggu sampai mencoba melakukannya sendiri. Dengan repetisi yang tinggi dan rutin, gerakan dengan banyak variasi ini sangat efektif mengikis tumpukan lemak di perut.

via wikimedia.org

Tapi apa benar gerakan sesederhana ini bisa menguruskan perut? Sebenarnya otot bagian mana sajakah yang dilatih ketika kita melakukan gerakan ini? Ini dia jawabannya:

street workout one punch man

via fitnessuncovered.co.uk

Kalau sudah lancar dengan gerakan sit up, mungkin kamu bisa mencoba melakukan variasi gerakan pengikis lemak jahat di perut seperti di bawah ini:

 

3. Squat

Squat adalah gerakan yang melatih bagian bawah tubuh, seperti bokong dan paha. Jadi buat kamu yang mendambakan bokong kencang dan seksi, ini jawabannya! Kamu bisa mulai dengan melakukan gerakan sederhana ini untuk mendapatkan tubuh seperti para selebriti instagram ini:

 

Wall of love❤️… Without my babe A photo posted by Jennifer Selter (@jenselter) on

 


Cowok-cowok yang ingin berdada bidang dan berotot besar juga perlu melakukan gerakan ini loh! Kamu tidak ingin tubuhmu terlihat seperti ini kan?

street workout one punch man

Badan gede kakinya kok cungkring, Mas?

Nah, sebelum itu, ada baiknya kamu tahu bagaimana sebenarnya posisi squat yang benar. Pertama, kamu harus perhatikan posisi kakimu. Jangan sampai lututmu mengarah ke dalam atau terlalu keluar. Arahkan lututmu lurus ke depan. Kedua, perhatikan juga keadaan punggungmu. Jangan membungkuk. Usahakan tetap tegak. Mudahnya, bayangkan kamu sedang ingin duduk di kursi. Tidak perlu membungkuk untuk memposisikan dirimu dari posisi berdiri ke duduk kan? Cek gambar ini untuk membantumu lebih memahaminya:

via functionaltrainingcoach.com

via functionaltrainingcoach.com

 

street workout one punch man

via youqueen.com

 

4. Lari

Duh, masih perlu dibahas nih apa tujuan lari bagi kesehatanmu? Bukannya sudah banyak di antara kamu yang rela membayar mahal untuk ikutan acara lari?

Olahraga atau nggak, selfie aja dulu. via tempo.co

Olahraga atau nggak, selfie aja dulu. via tempo.co

 

Nah, jadi tunggu apa lagi? Bukankah keempat olahraga di atas bisa dilakukan tanpa perlu banyak persiapan? Kamu tidak perlu mendaftar di pusat kebugaran di mal. Tidak perlu juga ruangan yang luas untuk sekedar push up, sit up dan squat. Kalau lari, kamu bisa keliling komplek atau mencoba benar-benar berlari saat Car Free Day; mungkin bisa kamu lakukan hari Minggu nanti. Kamu juga tidak perlu waktu terlalu lama untuk melakukan semuanya, kecuali kamu tertarik menjadi superhero ala Saitama.

street workout one punch man

via 9gag.com