Cara-cara Menambah Penghasilan Saat Liburan

Manusia memang mudah sekali terjebak masa lalu, eh salah, terjebak rutinitas. Segala aktivitas yang rutin dilakukan banyak orang terkadang membuat bosan atau suntuk, makanya memerlukan waktu untuk mengembalikan semangat. Liburan adalah waktu untuk meluangkan waktu yang bebas dari pekerjaan.

Banyak cara menikmati liburan, entah hanya beristirahat dari aktivitas rutin di rumah atau pergi ke suatu tempat untuk sekadar menyegarkan pikiran dan menghilangkan penat.

Tentunya kamu juga menginsyafi jika mencari hiburan terkadang memerlukan biaya atau modal yang tidak sedikit, namun liburan yang terlalu lama juga bisa dimanfaatkan orang dengan mencari penghasilan lho.

 

Cari Pekerjaan Part-Time atau Freelance

via desiexpressonline.com

Orang mencari penghasilan saat liburan biasanya disebabkan beberapa faktor. Misalnya, ada yang bosan diam di rumah tanpa memiliki kegiatan yang menyenangkan. Ada juga yang memang karena butuh biaya hidup, butuh uang tambahan, karena hobi dengan pekerjaan yang dilakukan, atau newbie yang iseng-iseng mencari pengalaman.

Kalau kamu tertarik dengan kegiatan mencari penghasilan saat liburan, kamu bisa memilih yang sesuai dengan kondisi. Misalnya mencari pekerjaan paruh waktu (part-time) atau menjadi pekerja lepas (freelance). Kedua jenis pekerjaan ini relatif tidak tidak terlalu terikat.

Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan di antaranya seperti penjaga/pelayan toko, pelayan restoran, akuntan, apoteker, penulis, SPG / SPB dan masih banyak lainnya. Sekarang-sekarang ini sudah lumayan banyak kok perusahaan yang menyediakan lowongan seperti ini. Tinggal kamu sekarang yang harus lihai mencari peluang.

 

Magang

via kompasiana.com

via kompasiana.com

Terkhusus untuk kamu yang masih jadi anak kuliahan, selain mencari pekerjaan paruh waktu atau jadi pekerja lepas, kamu bisa juga memutuskan untuk magang pada suatu perusahaan atau instansi. Selain dapat pengalaman, beberapa kantor juga menyediakan upah buat pemagang. Untuk itu kamu mesti rajin-rajin mencari info di bagian kemahasiswaan atau bertanya pada senior di kampus. Kalau jejaringmu luas, coba saja hubungi alumni, siapa tahu kantornya menerima anak magang. Lumayan lho.

 

Berdagang

via rachelezra.com

Jadi pedagang mungkin bagi sebagian orang dipandang sebelah mata. Tetapi pernahkah terpikir bahwa berjualan makanan, misalnya bubur ayam, bisa membuat saldo tabunganmu lebih gendut dibanding dari penghasilan kerja kantoran. Ini bukannya bermaksud meremehkan pekerjaan tertentu dibanding yang lain lho.

Mencoba untuk berwirausaha terbuka buat siapapun yang ingin mencoba hal baru. Ketersediaan jaringan internet semakin memudahkan kita untuk menjual produk. Jangkauan penjualan lebih luas. Kalau kamu merasa tidak punya bakat atau jiwa dagang pun, kamu bisa mempelajari kemampuan ini pelan-pelan.

Malahan kalau kamu punya inovasi atau produk yang punya nilai jual tinggi, peluang untuk berwirausaha jadi tambah besar. Tidak punya produk pun tidak masalah. Kamu bisa mencoba jadi reseller, yakni mengambil barang dari orang lain lalu menjualnya.

 

Liburan dengan hiburan itu perlu, tetapi liburan dengan menambah penghasilan lebih itu lebih menyenangkan. Jadi mana yang mau kamu coba, liburan total menghabiskan uang tanpa perlu diganggu pekerjaan atau justru bekerja di saat libur tapi penghasilan bertambah?

 


featured image via aatcomment.org.uk