Waspada Gejala Dehidrasi!

via chickaboomer.com

Kamu sering merasa sakit kepala? Apakah bibir dan kulitmu terasa kering? Bisa jadi itu gejala dehidrasi. Apa saja gejala-gejala dehidrasi? Yuk, kita simak berikut ini.

1. Rasa Haus

Tentu kamu akan merasa haus ketika kamu mulai kekurangan cairan tubuh. Sayangnya banyak orang yang tidak mempedulikan rasa haus ini dan tetap melanjutkan kegiatannya. Padahal rasa haus adalah sinyal awal tubuhmu kekurangan cairan. Ketika kamu mengabaikan rasa haus atau hanya minum sedikit air untuk membasahi tenggorokan, gejala dehidrasi yang lain mulai akan bermunculan.

2. Bibir dan Mulut Terasa Kering

Ketika tidak ada air yang masuk dari mulutmu, mulut dan tenggorokanmu akan terasa kering. Tidak jarang pula mulutmu mulai mengeluarkan bau-bau yang tidak sedap.

3. Rasa Lelah dan Ngantuk

Kurangnya cairan tubuh membuat otakmu tidak berfungsi optimal. Hal ini membuat kamu merasa lelah dan ngantuk. Pekerjaan pun bisa terganggu karena pikiran kamu sulit berkonsentrasi.

4. Urin Lebih Kuning dan Sedikit

Ketika hanya ada sedikit air yang masuk ke dalam tubuhmu, ia akan menggunakan semaksimal mungkin air tersebut dan mengeluarkannya sesedikit mungkin. Pada kasus-kasus yang lebih ekstrem, bisa jadi kamu tidak akan buang air kecil sama sekali atau urinmu akan berwarna kuning tua bahkan kecoklatan.

5. Sakit Kepala

Bukan hanya stres kerja yang bisa membuat kamu sakit kepala. Bisa jadi kamu terlalu fokus bekerja sehingga lupa memperhatikan asupan cairan tubuhmu. Kalau kamu sakit kepala karena dehidrasi, berarti dehidrasi yang kamu alami sudah memasuki tahap menengah. Jadi kalau kamu sakit kepala, mungkin sebaiknya kamu tidak langsung minum obat. Coba minum air yang cukup setiap 15-20 menit. Kalau sakit kepalamu berkurang setelah melakukan ini beberapa kali, mungkin sakit kepalamu memang disebabkan oleh dehidrasi.

6. Kulit Kering

Kulit adalah organ manusia yang terluar. Ketika organ ini mulai terasa kering, berarti asupan cairan ke dalam tubuhmu sudah kurang dari cukup untuk membuatnya tetap lembab. Mungkin kamu bisa menggunakan body lotion atau hand cream, tetapi kamu tentu ingin kulit sehat alami bukan? Lembabkan kulitmu dari dalam, minumlah lebih banyak air secara teratur.

7. Sering Pusing

Dehidrasi dapat membuat kamu merasa pusing. Pada kasus dehidrasi yang lebih parah, kamu bisa mengalami pusing hingga kamu tidak bisa berdiri atau berjalan secara normal. Kamu juga mungkin mengalami pusing karena rendahnya tekanan darah ketika kamu langsung berdiri setelah berbaring.

 

via chickaboomer.com

Obama saja rajin minum air mineral. Masa kamu ngga? – via chickaboomer.com

Gejala-gejala dehidrasi di atas masih tergolong ringan hingga menengah. Tapi sebaiknya gejala-gejala ini tidak kamu abaikan. Tanpa tindak lanjut, kamu mungkin akan mengalami gejala yang lebih membahayakan. Dehidrasi yang parah dapat menyebabkan demam, rasa lelah berlebihan, kebingungan, bahkan koma, kejang, dan kegagalan fungsi organ yang dapat menyebabkan kematian.

Seram ya. Maka itu, yuk, konsumsi cairan yang cukup. Cairan yang kamu konsumsi tidak harus air mineral kok, yang penting ada cairan yang kamu konsumsi. Tapi jangan minuman beralkohol ya, karena itu malah akan memperparah dehidrasimu.

Nah, kapan terakhir kali kamu minum? Ayo, minum dulu.

via www.weddingelation.com

via www.weddingelation.com