Charity Walking Tour: Mengunjungi Little India di Pasar Baru


by Jakarta Food Adventure

Bayangkan kamu berjalan-jalan bersama teman-temanmu, ditemani pemandu wisata, berkeliling lokasi dan menjelajahi beragam rasa dari kuliner yang ada. Sembari makan, para pemandu akan menjelaskan sejarah dan cerita di balik lokasi dan hidangan yang tersaji di hadapanmu.

Merasa itu adalah bagian dari paket wisata yang ada luar negeri? Ternyata Indonesia, tepatnya Jakarta menyediakan paket itu untukmu. Namanya Jakarta Food Adventure. Bersama mereka, kamu bisa melaksanakan sebuah petualangan kuliner sekaligus sejarah.

Dalam waktu dekat ini, tepatnya pada tanggal 2 April 2016, Jakarta Food Adventure mengadakan sebuah kegiatan yang diberi nama “Charity Walking Tour: Explore Little India Passer Baroe & The Taste of India”.

Dan ini adalah alasan-alasan mengapa kamu harus ikut dalam keseruan Jakarta Food Adventure kali ini:

 

Mencicipi Ragam Kuliner Khas India

Sejak masuk ke Nusantara pada masa dahulu kala, bangsa India sudah terkenal sebagai pedagang dan perantau. Menjajaki Nusantara, mereka membawa sebagian dari kebudayaan mereka, salah satunya cita rasa kuliner India yang khas dengan rerempahannya.

Bukan hanya di Indonesia saja, bangsa India juga sukses mendirikan pemukiman kecil mereka di banyak negara di dunia. Istilah kerennya, Little India, misalnya di Singapura dan Toronto. Di Indonesia sendiri istilahnya berubah menjadi Kampung Keling, tersebar di banyak kota, salah satunya di Medan.

Dalam acara Charity Walking Tour ini kamu pastinya akan mencicipi kenikmatan makanan dan minuman khas India tersebut. Acaranya sendiri berlokasi di Pasar Baru, yang memiliki cukup banyak restoran yang menyajikan makanan dan minuman khas India. Jadi untuk apa jauh-jauh ke Singapura hanya untuk merasakan Little India mereka? Kita punya kok!

 

Ditemani Para Pemandu yang Profesional

Walau nama Jakarta Food Festival sendiri belum bergaung cukup lama, kamu tidak akan dikecewakan dengan pelayanan yang mereka berikan. Sebab sebelumnya mereka sudah beberapa kali mengadakan acara serupa.

Jakarta Food Adventure pernah menjamu rombongan mahasiswa dan professor pengajar dari universitas di Amerika Serikat yang datang dan menjadi tamu mereka. Acaranya diadakan di pasar tradisional Gondaangdi, dilanjutkan dengan jelajah budaya dan kuliner di Glodok dan Petak Sembilan, lalu ditutup dengan demo memasak di wilayah Kota Tua.

 

Harga yang Murah

Hanya dengan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 200.000, kamu bisa ikut dalam kegiatan Jakarta Food Adventure berkeliling Pasar Baru dan sekitarnya. Dalam kegiatan ini kamu bisa menguak sebagian kecil jejak bangsa India di Nusantara, terutama dalam hal kuliner.

Bayangkan jika kamu melakukan tur kuliner ini sendirian. Mungkin sejumlah uang itu hanya cukup untuk membayar menu makanan yang kamu pesan dan ongkosmu. Tidak termasuk pemandu yang bercerita tentang hal-hal menarik yang baru kamu ketahui.

 

Kamu Sekaligus Beramal

Bukan tanpa alasan Jakarta Food Adventure mengusung nama Charity pada nama kegiatannya kali ini. Bekerja sama dengan komunitas sosial Berbagi Nasi Jakarta, mereka menyumbangkan sebagian uang pendaftaran untuk mereka yang membutuhkan.

 

charity walking tour

by Jakarta Food Adventure

Pendaftaran?

Segera akses www.foodtourlittleindia.eventbrite.com. Hubungi Indra melalui SMS/WA di nomor 085692012685 untuk konfirmasi setelah melakukan pembayaran. Jangan lupa, acara ini terbatas hanya untuk 50 orang saja lho!

Untuk info lebih lanjut tentang acara “Charity Walking Tour: Explore Little India Passer Baroe & the Taste of India”, ataupun acara Jakarta Food Adventure lainnya, kamu bisa mengunjungi laman jakartafoodtour.org atau akun media sosial mereka di Instagram, Twitter, Youtube, dan Facebook. Let’s Walk, Eat, and Share!

 


featured image by Jakarta Food Tour