Ke Palembang Menikmati Festival Gerhana Matahari Total

via garuda-indonesia.com

Palembang adalah salah satu kota besar yang ada di Pulau Sumatera. Ibukota Sumatera Selatan ini akan punya hajatan besar di tanggal 9 Maret 2016: Festival Gerhana Matahari Total. Pastinya seru nih! Kamu bisa menonton gerhana matahari sekalian piknik menikmati enaknya pempek dan keindahan Sungai Musi di Jembatan Ampera. Festival Gerhana Matahari Total di Palembang ini bisa jadi akan jadi kenangan tak terlupakan.

 

Wisata Kuliner

pempek palembang asli

via pempekbaratailir.com

Seperti daerah lainnya, Palembang tentu saja memiliki makanan khas yang menggoda dan tak boleh dilewatkan. Seperti yang kita tahu, makanan khas Palembang adalah pempek. Rasanya kurang lengkap jika pergi ke Palembang tanpa menikmati makanan khas yang satu ini.

Pempek terbuat dari sagu dan ikan; biasanya ikan belida, tetapi ada juga yang membuatnya dari tenggiri. Pempek sekarang banyak dijual di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Namun mencicipi pempek yang asli dibuat oleh orang Palembang di lokasi asalnya tentu hal yang istimewa.

 

Naik Ketek

via palembangcity.blogdetik.com

via palembangcity.blogdetik.com

Ada juga transportasi air dengan nama unik yang bisa kita naiki, ketek. Agak mirip dengan getek, ketek adalah semacam kapal kecil yang digunakan sebagai penghubung antar wilayah yang tidak terjangkau dengan transportasi darat. Ketek ini banyak ditemui di Sungai Musi, sungai terbesar dan terpanjang di Sumatera Selatan.

 

Berkunjung ke Pulau Kemaro

via kaganga.com

Tempat yang bisa kita kunjungi juga dan masih berada di sekitar Sungai Musi adalah Pulau Kemaro. Pulau Kemaro merupakan tempat wisata yang indah yang terdapat di delta kecil Sungai Musi. Letaknya kira-kira 6 km dari Jembatan Ampera.

Di pulau ini ada kelenteng Hok Tjing Rio yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun luar negeri. Ada juga pagoda berlantai sembilan yang menjulang di tengah-tengah pulau.

Menarik pula untuk mengunjungi pohon yang dinamakan “Pohon Cinta”. Pohon ini melambangkan cinta sejati antara dua bangsa dan dua budaya. Alkisah pernah ada kisah cinta antara Putri Kerajaan Sriwijaya, Siti Fatimah, dengan seorang Pangeran dari Negeri Cina bernama Tan Bun An.

 

 

Menikmati Jembatan Ampera

Jembatan Ampera yang merupakan kebanggaan warga Palembang adalah obyek wisata berjuta pesona. Jembatan ini berada di atas Sungai Musi yang menghubungkan daerah Sebrang Ulu dan sebrang Ilir. Tahukah kamu Ampera sendiri merupakan singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat?

Di Jembatan Ampera inilah pada tanggal 9 Maret 2016 akan diselenggarakan Festival Gerhana Matahari Total. Kementerian Pariwisata menargetkan 5 juta wisatawan nusantara dan 100.000 wisatawan mancanegara untuk festival ini.

via coffeeoriental.wordpress.com

 

Itulah beberapa tempat wisata dengan satu agenda istimewa yang bisa dikunjungi di Palembang di 9 Maret nanti. Dari menikmati Jembatan Ampera yang menakjubkan, menaiki ketek di atas Sungai Musi, mengunjungi Pulau Kemaro. Sekarang kamu tahu deh, ke Palembang itu bukan hanya untuk makan pempek!

 


featured image via garuda-indonesia.com