Foto Dalam Air Tanpa Perlu Belajar Menyelam. Mau?


Pernah melihat foto dalam air milik temanmu? Ingin turut memiliki foto serupa tapi tidak mempunyai license menyelam? Tenang saja, di tempat wisata berikut ini kamu tidak membutuhkan lisensi. Yang kamu butuhkan hanyalah niat, waktu, dan sejumlah uang yang relatif tidak terlalu banyak.

Nama tempatnya adalah Umbul Ponggok. Lokasinya terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Untuk mencapainya tidak susah, sebab cukup mudah ditemukan jika kamu memiliki aplikasi GPS pada ponselmu.

Sekalipun kamu tidak bisa berenang, tidak perlu cemas juga. Kamu tidak perlu takut tenggelam, ataupun terbawa ombak hingga ke pantai selatan. Soalnya Umbul Ponggok bukanlah laut.

 

 

Sebenarnya Umbul Ponggok adalah kolam air tawar yang berasal dari mata air alami yang lalu dikembangkan menjadi tempat wisata tirta. Di sini, kamu akan menikmati sensasi berenang bersama ratusan ikan yang biasanya terhidang di meja makanmu. Mulai dari ikan mas, mujaer, bahkan sampai lele. Harga tiketnya murah, kamu cukup merogoh selembar Rp 5.000 per orang untuk tiket masuk.

Untuk kamu yang bisa berenang dan menyelam, kamu bisa menikmati Umbul Ponggok seperti layaknya kolam renang biasa. Bedanya, kamu akan ditemani dengan banyak ikan yang akan berseliweran. Kalau dibutuhkan, kamu bisa menyewa perlengkapan berupa masker, snorkel dan pelampung untuk kamu gunakan.

Jangan lupa siapkan kamera anti airmu jika berkunjung ke tempat ini. Tapi jika tidak ada, kamu bisa membeli kantung anti air untuk ponsel ataupun kameramu. Mau hasil lebih baik? Sewa saja jasa pemotretan dalam air yang juga disediakan di sini. Informasi yang Nyoozee dapatkan, kamu bisa menyewanya dengan harga Rp 300.000 per dua jam, lengkap dengan fotografer.

Fotografer yang kamu sewa biasanya juga akan memandu dan memberitahumu spot bagus yang bisa kamu manfaatkan.

Nah, ketika ia menanyakan mau pose seperti apa, umumnya ada dua macam pose yang ia maksud. Dua macam pose tersebut merujuk pada level kesulitan dan kedalaman posisimu di air. Berikut pose-pose tersebut:

 

1.Pose Melayang Biasa

 

Untuk kamu yang tidak bisa berenang, mungkin ini bisa jadi pilihanmu. Posisi tubuhmu agak sedikit melayang dan dekat dengan permukaan air. Jadi tidak perlu takut untuk kesulitan bernapas.

Hasilnya cukup bagus, kamu seakan tengah berenang mengarungi laut. Natural, walaupun agak kurang greget.

 

2. Pose dengan Konsep

 

Untuk kamu yang kreatif, foto jenis ini yang Nyoozee rekomendasikan. Syaratnya adalah kamu harus menyiapkan konsep fotomu. Jangan lupa juga untuk datang ke Umbul Ponggok dengan membawa perlengkapan penunjang konsepmu.

Semakin tidak lazim, akan membuat hasil fotomu semakin menarik. Mulai dari gaun pesta, seragam tim sepakbola kesayangan, gitar, bahkan sampai sepeda motor boleh kamu jadikan alat bantu. Ingin membuat foto pre-wedding di dalam air? Atau merayakan kelulusanmu lengkap dengan jubah dan toga? Memakai baju seragam bersama rekan satu geng? Kenapa tidak?

Ikan-ikan pun seolah bisa diatur untuk meramaikan latar belakang pemotretanmu. Para pemandu biasanya sudah mengantongi pakannya yang akan dilemparkan sesaat sebelum kamu menyelam agar ikan-ikan terlihat mengerubungimu.

Yang perlu kamu lakukan adalah menahan napas, mengatur pose tubuh dan wajahmu di dalam air, lalu jangan panik. Semakin lama kamu di dalam air,  semakin mudah fotografer mengambil fotomu.

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

 

Abadikan kemesraanmu di Umbul Ponggok via www.black4rez.blogspot.com

 

 

 

Selamat membuat foto dalam air di Umbul Ponggok!

 


Featured Image via: www.sewamobiljogja.my.id