Tertarik Menonton Piala Dunia 2018 Gratis? Ini Caranya!

via theguardian.com

Tahukah kamu? Kompetisi sepak bola tingkat dunia pertama kali diselenggarakan oleh FIFA berlangsung pada tahun 1930, tepatnya di Uruguay. Melibatkan hampir 200 tim di seluruh dunia lewat kualifikasi pertandingan dan hanya 13 tim yang berhak ikut kompetisi Piala Dunia. Ajang paling bergengsi tingkat dunia ini selalu mendapat tempat di hati para maniak sepak bola. Seiring berjalannya waktu, proses perombakan terus terjadi oleh FIFA. Pada 2018 ini, 32 tim berhak mengikuti persaingan dalam kompetisi tersebut.

Tempat penyelenggaraan turnamen ini biasanya diundi oleh FIFA sendiri. Negara yang berhak menjadi tuan rumah atau tempat diselenggarakannya kompetisi ini harus lolos dalam fase grup 32 besar kualifikasi Piala Dunia. Pada tahun 2018 mendatang, Rusia berkesempatan untuk menjadi tuan rumah dalam kompetisi bergengsi yang diselenggarakan oleh FIFA tersebut. Untuk menyukseskan ajang Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan di negara beruang merah tersebut, Presiden Rusia Vladimir Putin dibantu oleh Presiden FIFA Gianni Infantino mengadakan kampanye perekrutan relawan untuk turut serta mempersiapkan pelaksanaan Piala Dunia 2018. Rusia berencana mengundang sekitar 15.000 relawan di 15 lokasi di beberapa negara hingga akhir tahun ini.

Seperti apa dan bagaimana persyaratan untuk menjadi relawan dalam Piala Dunia 2018 di Rusia? Dilansir dari website resmi Piala Dunia Rusia 2018, inilah tahap-tahap yang akan kamu lalui jika tertarik menjadi relawannya:

 

Registrasi

registrasi - via ionasis.biz

– via ionasis.biz

Registrasi dibuka untuk umum. Tidak ada syarat khusus seperti jenis kelamin, latar belakang suku, maupun kemampuan fisik. Hanya ada satu syarat penting yaitu mereka yang berumur setidaknya 18 tahun.

 

Seleksi

seleksi - via news.okezone.com

via news.okezone.com

Relawan diharuskan mengikuti beberapa langkah dalam tahap ini seperti test menentukan kemampuan analisa, tes berbahasa inggris, dan wawancara. Setiap calon relawan yang lolos berhak melaju ke tahap selanjutnya.

 

Pelatihan

training - via viva.co.id

training – via viva.co.id

Pelatihan diberikan untuk mengatur jalannya perhelatan Piala Dunia 2018 dengan baik. Bertujuan untuk memudahkan para relawan dalam menjalani peraturan yang ada untuk menyukseskan Piala Dunia 2018.

 

Pendukung Turnamen

volunteer - via news.okezone.com

volunteer – via news.okezone.com

Para relawan ditugaskan untuk mengatur dan memastikan acara siap untuk para tamu kompetisi Piala Dunia yang akan diselenggarakan pada 10 Mei 2016.

Jika sudah mengetahui lalu mengerti persyaratan dan tahap-tahap untuk menjadi relawan Piala Dunia 2018, lanjut tentang bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menjadi relawan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan paspor dan pas foto lalu mengisi biodata diri secara online melalui website resmi FIFA. Setelahnya, kamu akan melakukan tes secara daring dan mengikuti wawancara. Jika kamu lulus dan diterima dalam tahap ini, kamu akan mengikuti pelatihan lalu mendapatkan surat resmi dan seragam.

Keuntungan yang didapat sebagai relawan pada Piala Dunia 2018 adalah sebagai berikut:

  • Gratis menggunakan transportasi umum
  • Mendapatkan cinderamata dan seragam yang unik
  • Mendapatkan makanan di setiap jam kerjanya
  • Pengalaman yang berharga serta teman baru
  • Sertifikat sebagai relawan
  • Berkesempatan mendapatkan pelatihan khusus

Tertarik untuk mengikutinya? Segera daftarkan diri kamu untuk menjadi relawan Piala Dunia 2018 di Rusia. Rasakan keseruannya dan dapatkan kesempatan menyaksikan langsung tim kesayangan kamu tampil dalam perhelatan kompetisi sepak bola tingkat dunia di Rusia!

 


Featured image via goal.com