Kunjungi 6 Pantai Indah di Barat dan Timur Indonesia Ini

via warnawarniwisata.asia

Kalau menyebut pantai indah untuk dikunjungi, bisa jadi kamu langsung terpikir Bali. Padahal Indonesia itu negara kepulauan lho, jelas pantai indah tidak hanya ada di sana. Kalau ingin mengunjungi pantai, ada banyak pantai indah yang bisa kamu kunjungi di Indonesia bagian Barat dan Timur. Berikut adalah beberapa di antaranya.

 

1. Kepulauan Anambas

pantai indah indonesia anambas

via www.pedomanwisata.com

 

Kepulauan Anambas yang berada di Riau ini awalnya merupakan lokasi pengeboran minyak dan gas. Meski demikian, tempat ini sebenarnya memiliki pemandangan laut yang layak kamu selami. Keindahannya banyak sempat dikatakan lebih unggul dari tempat-tempat menyelam di Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Di kepulauan ini, kamu juga bisa menemukan laguna-laguna berpasir putih berterumbu karang. Laguna adalah danau asin dekat pantai yang dahulu merupakan bagian laut yang dangkal. Danau ini terpisah dari laut karena adanya peristiwa geografis. Kamu bisa nih, menikmati pemandangan danau setelah bermain di pantai seharian.

 

 

2. Pantai Rambak

Kalau kamu berkunjung ke Bangka, pastikan kamu ke Pantai Rambak. Pantai Rambak berada tak jauh dari pusat kota Sungailiat. Kamu bisa mengunjunginya dengan mengendarai mobil hanya dalam waktu kurang dari 1 jam.

Kalau bosan melihat matahari terbit dari gunung dan tenggelam dari pantai, pastikan kamu menyaksikan pemandangan matahari terbit dari pantai ini. Pasir putih dan laut turkuois di Bangka ini tentu tidak lengkap difoto tanpa batuan granit raksasa yang khas di sisi pantai.

 

3. Pulau Lengkuas

pantai indah indonesia pulau lengkuas

via www.unc.edu

Pulau Lengkuas adalah salah satu pantai indah tersembunyi di Indonesia Barat. Dengan pasir putih dan batuan granit putih berkilauan yang menghampar di atasnya, pulau Lengkuas jadi destinasi yang wajib kamu kunjungi ketika ke Belitung.

Pulau yang luasnya kurang dari 1 hektar ini dikelilingi laut yang tenang dan dangkal. Banyak hal cantik yang bisa kamu pandangi di dasarnya, mulai dari terumbu karang, bintang laut, juga ikan warna-warni. Cocok sekali untuk snorkeling.

Setelah mengambang santai di pantai melihat biota laut melambai-lambai, kamu bisa mengunjungi sebuah mercusuar Belanda. Mercusuar ini sudah berdiri sejak tahun 1882 dan masih digunakan hingga sekarang. Kalau masuk ke dalam mercusuarnya, kamu bisa melihat pemandangan sekeliling dari puncaknya.

 

4. Pantai Ora

Maldives? Bukan! Ini adalah Pantai Ora yang terletak di Pulau Seram, Maluku. Letak Pantai Ora memang cukup terpencil, tapi justru bukankah di situ serunya?

Salah satu daya tarik Pantai Ora adalah penginapan yang berupa pondok-pondok kayu yang langsung menghadap perairan jernih berwarna hijau kebiruan. Terbayang kan, bahagianya langsung melihat laut biru segera setelah bangun tidur? Rasanya ingin segera melompat ke dalam pelukan air dan mengambang memandangi langit sampai puas.

 

5. Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur terletak di Kepulauan Kei, yang berada di antara Laut Seram, Laut Banda, dan Laut Arafuru. Dataran pantai yang terus memanjang 2 km ke tengah laut akan membuatmu merasa sedang berjalan di tengah laut.

Kamu bisa mengunjungi tabob, yang adalah tempat penangkaran penyu belimbing. Kalau beruntung, kamu juga bisa bertemu pelikan Australia dan Papua Nugini yang sedang bermigrasi. Lumayan kan, berkenalan dengan penduduk lokal maupun turis asing yang bukan manusia.

Tapi ingat, jangan sampai mengganggu keselamatan mereka ya. Tidak perlu peluk-peluk kalau itu bisa membahayakan kesehatan mereka. Sudah cukup deh korban lingkungan, taman bunga dan anak lumba-lumba misalnya, yang muncul akibat manusia terlalu nafsu ber-selfie. 

 

6. Selat Lembeh

via national geographic

via national geographic

Selat Lembeh yang berada di Bitung, Sulawesi Utara, memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Biarpun tak tidak seterkenal Taman Nasional Bunaken, namun Selat Lembeh dinilai sebagai lokasi muck diving (penyelaman di lokasi dengan dasar laut berpasir) terbaik di dunia.

Tidak main-main, Selat ini bahkan dijuluki “The Mecca of Macro Photography”. Kamu bisa menemukan banyak biota laut unik, kecil ataupun besar, yang sulit ditemui di tempat-tempat lain. Mungkin kamu bisa melihat atau memotret nudibranch dengan bentuk yang lucu-lucu. Tapi jangan dibawa pulang ya, biarkan biota lautnya tetap berada di sana. Bagus atau unik tak lantas harus dipelihara.

 

Malu tidak sih, kalau sebuah pantai itu malah indah karena jarang dikunjungi manusia? Manusia malah seolah merusak, entah dengan hal sekecil meninggalkan sampah sembarangan ataupun hal sebesar melakukan reklamasi pantai. Padahal manusia juga punya lho, kemampuan untuk menjaga pantai-pantai ini tetap indah. Kalau mau.

 


featured image via warnawarniwisata.asia

 


2 Comments

  • travel bangka belitung says:

    What’s up, every time i used to check website posts here early in the
    morning, since i like to gain knowledge of more and more.

Comments are closed.