Merasakan Sensasi Laut Mati di Pantai Tureloto


pantai tureloto via pinouva.com
via pinouva.com

Pernah dengar tentang Laut Mati? Tenang, meski pakai kata “Mati”  bukan berarti banyak orang kehilangan nyawa di sana. Kalaupun ada yang mati dan tidak dapat hidup di Laut Mati itu adalah hewan dan tumbuhan air.

Laut Mati merupakan danau yang konsentrasi mineral dalam airnya begitu tinggi. Iya, danau bukan laut. Orang kebanyakan menganggap tempat tersebut sebagai laut karena konsentrasi mineral yang tinggi tersebut menyebabkan kandungan garam di sana jadi berlimpah. Karena keunikannya tersebut, banyak orang yang datang berkunjung dan berenang di Laut Mati.

 

pantai tureloto via touristisrael.com

via touristisrael.com

 

Untuk merasakan sensasi berada di Laut Mati, kamu harus jauh melancong ke kawasan Timur Tengah. Laut Mati ini terletak di antara Yordania, Palestina, dan Israel. Terlalu jauh, bukan? Daripada membuang waktu terlalu lama di perjalanan, bagaimana kalau kamu mencoba tempat wisata di tanah air yang tidak kalah keren?

Pasti kamu bertanya-tanya; memangnya ada tempat seperti Laut Mati Indonesia? Jangan pesimis dulu! Ternyata ada kok. Namanya Pantai Tureloto di Nias Utara, Sumatera Utara.

 

Pantai Tureloto via gifarigraphy.blogspot.com

via gifarigraphy.blogspot.com

 

Pantai ini terletak di Desa Balefadorothuo, Lahewa. Desa ini ada di Kabupaten Nias Utara. Kalau sebelumnya kamu mungkin mengenal Nias hanya sebagai daerah wisata Lompat Batu Nias saja, kini saatnya meningkatkan informasi kebudayaanmu dengan wisata tanah air yang ada di sana.

Posisi Pantai Tureloto menghadap Samudera Hindia. Meski menghadap ke samudera yang terkenal dengan ombak besarnya, ternyata ombak tersebut tidak sampai ke pantai ini, lho. Mungkin karena terdapat banyak gugusan karang di sekitar pantai. Guguasan tersebut seolah menjadi benteng pertahanan Tureloto dari terjangan ombak yang ganas.

 

pantai turuloto via kaskusco.id

via kaskusco.id

Gugusan karangnya pun tergolong unik. Coba deh amati dengan baik. Pasti kamu akan sadar bahwa bentuknya seperti otak manusia. Ya, kan? Nah, ini dia alasan mengapa masyarakat sekitar dan pengunjung yang pernah datang ke sini menjulukinya sebagai Batu Otak.

Air di Pantau Tureloto ini begitu jernih. Dari segi temperatur, airnya cukup menenangkan. Kamu harus coba bermain atau berenang ke sini. Jangan takut, tenggelam. Karena Pantai Tureloto punya kadar garam yang cukup tinggi, sehingga tubuhmu bisa dengan mudahnya terapung di air. Sensasi ini hampir menyerupai sensasi berenang dan mengapung di Laut Mati yang terkenal di kawasan Timur Tengah.

pantai tureloto via garudasocialmiles.com

via garudasocialmiles.com

Bedanya, konsentrasi mineral di Pantai Tureloto tidak begitu tinggi. Sehingga masih ada beberapa biota laut yang hidup di bawah permukaan air. Biota laut ini tergolong indah untuk dinikmati sambil snorkeling, lho.

Jadi, jangan cuma berenang dan mengapung saja, ya! Coba juga aktivitas menyelam di dasar permukaan untuk benar-benar memanjakan dan merekreasikan tubuh dan pikiranmu. Kalau sudah bosan bermain di air, kamu bisa jalan-jalan di pasir putih yang terhampar luas di bibir pantai.

Selamat liburan ke pantai!

 


featured image via pinouva.com