Pantai Mamuju Pesona Wisata di Sulawesi Barat


via wisatasulawesi.com

Jika kita tarik garis dari Sabang hingga Merauke, Indonesia merupakan negara kedua setelah Kanada yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Panjang garis pantai Indonesia adalah 54.716 kilometer. Dengan angka yang besar seperti itu, Indonesia sebenarnya memiliki banyak sekali pantai-pantai yang belum terekspose. Salah satu di antaranya mungkin seperti yang terletak di Mamuju.

Mamuju tadinya bagian dari provinsi Sulawesi Selatan. Di tahun 2004, Mamuju bersama wilayah Majene dan Polewali Mamasa membentuk provinsi sendiri bernama Sulawesi Barat. Mungkin karena pemerintahannya masih muda, pengembangan pariwisata wilayah ini belum maksimal. Jika digarap dengan lebih baik, pantai-pantai Mamuju berikut ini pasti akan semakin seksi.

 

Pantai Manakarra

via wisatasulawesi.com

via wisatasulawesi.com

 

Pantai ini terletak tepat di Teluk Mamuju. Di sini kamu juga bisa menemukan Pelabuhan Batu, tempat kapal-kapal bersandar. Karena letaknya yang strategis tersebut, tidak heran Pantai Manakarra banyak dikunjungi orang. Geliat kehidupan mulai terasa kira-kira sejak petang hari pukul 4 sore hingga dini hari pukul 12 malam.

Setiap harinya, dari tepi pantai ini kita bisa menyaksikan Pulau Karampuang yang membentuk siluet di kejauhan. Menghadirkan cahaya lampu pinggir pantai yang berwarna merah eksotis. Coba berkunjung pada hari peringatan kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus, kamu akan melihat keriaan yang lebih. Di sana akan digelar pesta ikan bakar dan acara lomba dayung Perahu Sandeq.

Warung-warung banyak berjajar di tepi pantai ini, menjual suvenir dan makanan kepada pengunjung. Asyiknya lagi, kamu juga boleh berkemah, mendirikan tenda, dan membuat api unggun. Sembari menunggu momen matahari terbit, kamu kamu bisa menghabiskan malam bersendau gurau atau bernyanyi-nyanyi di sekeliling api unggun.

 

Pantai Lombang-lombang

via wisatasulawesi.wordpress.com

via wisatasulawesi.wordpress.com

 

Jika Pantai Manakarra merupakan pantai yang populer dan banyak dikunjungi orang, Pantai Lombang-lombang relatif lebih sepi dan asri. Untuk mencapai pantai terpanjang di Sulawesi Barat ini memang butuh usaha ekstra karena letaknya sekitar 30 km dari ibukota Mamuju. Tapi jerih lelah pasti akan terbayarkan ketika melihat dan merasakan pantai yang masih alami ini.

Di sini selain bisa bermain air, kamu juga bisa berenang dan snorkeling. Bila sudah lelah, kamu bisa bersantai di saung atau gazebo yang tersebar di sepanjang pantai. Kadang-kadang di akhir pekan juga ada pertunjukkan musik ataupun seni secara gratis. Sangat cocok sebagai destinasi wisata akhir pekan bersama keluarga maupun teman-teman.

 

Pulau Karampuang

via junjunganmula.blogspot.com

via junjunganmula.blogspot.com

 

Pulau Karampuang secara administratif berada dalam wilayah Desa Karampuang, Kecamatan Mamuju. Letaknya berhadapan dengan Teluk Mamuju. Untuk menuju ke pulau ini kita perlu menumpang perahu dari Pelabuhan Mamuju.

Selain menikmati pepohonan yang rindang, pulau ini tempat ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Kamu bisa snorkeling di Paniki, sisi kiri dan kanan Pelabuhan Ujung Bulo Karampuang.

Kalaupun sekadar ingin menikmati keindahan laut, kamu bisa duduk-duduk di dermaga Pelabuhan Ujung Bulo tersebut. Dari dermaga yang terbuat dari kayu tersebut, kamu bisa memandang jauh ke laut lepas.

Selain menawarkan air laut yang jernih, di pulau ini kamu juga bisa mengunjungi sumur tiga rasa yang dikenal warga setempat dengan nama Sumur Jodoh. Di sini kamu bisa merasakan sensasi air rasa payau, asin, dan tawar. Selain itu kamu juga bisa berpetualang ke Gua Lidah yang di dalamnya banyak bersarang kelelawar. Hiii…

 

Jadi, siap untuk jalan-jalan ke Mamuju?

 


featured image via wisatasulawesi.com