6 Jenis Foto Ini Bisa Membuatmu Diblokir Instagram

Beberapa waktu lalu, netizen di Inggris dihebohkan dengan kasus foto kue milik Jenny Moseley. Pasalnya setelah Jenny mem-posting foto kuenya, beberapa hari kemudian ia tidak bisa membuka akun Instagram-nya. Ternyata ia telah diblokir oleh pihak Instagram.

Instagram beralasan bahwa Jenny telah melanggar user policy karena telah mengunggah foto yang bersifat “sexually suggestive” dan “contain nudity“. Kalau dilihat sekilas dan sedang berpikiran kotor, mungkin kue ini bisa saja terlihat seperti payudara. Namun nyatanya kue tersebut tetap saja hanyalah sebuah kue biasa yang tak punya dosa apapun.

Melihat hal ini, sepertinya para pengguna instagram harus lebih memilah-milih lagi ketika ingin posting foto di Instagram. Supaya kasus seperti Jenny tidak terulang, baiknya kamu tidak mem-posting foto-foto berikut:

 

Foto Kue

viabuzzfeed.com enhanced-23612-1459968896-1

Kue milik Jenny yang entah kenapa dipermasalahkan oleh sistem Instagram. via buzzfeed.com

Akun Instagram milik Jenny Moseley diblokir oleh pihak Instagram karena memosting foto simnel cake. Kue ini dianggap terlihat seperti payudara, walaupun sebenarnya tidak mirip-mirip amat juga. Berkaca dari kasus tersebut, sepertinya para pengguna Instagram di Indonesia juga harus hati-hati kalau mau posting foto kue. Mungkin kalau Instagram mengenali bahasa Indonesia pada sistemnya, akunmu bisa langsung diblokir juga kalau mengunggah kue apem atau kue tete.

 

Foto Jamur

Foto yang bisa bikin kamu diblokir Instagram via imgur.com foto jamur

Jamur yang model begini harus hati-hati kalau mau posting di Instagram. via imgur.com

Selain kue, hal lain yang tidak boleh kamu posting di Instagram adalah foto jamur. Meskipun lagi-lagi jamur hanyalah seonggok jamur biasa yang tidak berdosa, namun kalau sistem Instagram salah mengenali foto tersebut, akunmu bisa saja jadi diblokir. Apalagi foto jamur dengan bentuk-bentuk “tertentu”.

 

Foto Cupcake

oleh rianne via flickr.com cupcake

Posting foto cupcake dengan buah ceri di atasnya bisa saja salah dibaca oleh sistem Instagram dan membuatmu diblokir. via flickr.com

Selain kue dan jamur, benda lain yang sebaiknya tidak kamu posting di Instagram adalah foto kue mangkuk atau cupcake. Seperti yang kamu tahu di puncak kue cupcake biasanya diletakkan sebuah ceri merah yang manis.

Meski cupcake merupakan hal yang lumrah karena cuma sekadar makanan kudapan, namun sistem Instagram bisa saja salah mengenali. Foto kue cupcake pun bisa saja dianggap payudara; terutama karena ceri yang ada di puncak cupcake tersebut. Kalau nasibmu buruk, bisa-bisa seperti Jenny yang akunnya diblokir cuma gara-gara foto simnel cake.

 

Foto Buah Lemon

via lifehacker.com lemon

Tenang ini cuman lemon kok, jangan blokir aku ya Instagram. via lifehacker.com

Tumbuhan lain selain jamur yang mungkin akan dianggap bersifat “seksual” oleh sistem Instagram adalah buah lemon. Seperti yang kita semua tahu, bagian atas dan bawah lemon biasanya berbentuk menguncup. Kalau sistem Instagram salah mengenali, bagian menguncup dari buah lemon bisa saja dianggap melanggar user policy.

 

Foto Makan Pisang

via telegraph.co.uk banas_3027775b

Pisangnya enak yah mbak? via telegraph.co.uk

Jangankan buahnya, kegiatan memakannya pun bisa jadi salah kaprah dan dianggap sebagai kegiatan “seksual” oleh Instagram. Kegiatan tersebut adalah kegiatan makan pisang. Entah sejak kapan, kegiatan makan pisang jadi dianggap sebagai sesuatu yang bersifat seksual. Padahal makan pisang ya cuma makan pisang saja, tidak ada hubungannya dengan hal yang jorok-jorok.

 

Foto Telanjang

via webneel.com 5-winter-baby-photography

Foto bayi telanjang bakal bikin akun jadi diblokir Instagram juga nggak ya? via webneel.com

Kalau kamu posting foto yang satu ini, sudah pasti akunmu akan segera diblokir oleh sistem Instagram. Tetapi yang jadi pertanyaan, kalau kita foto bayi telanjang atau binatang telanjang, akun kita akan diblokir juga nggak yah?

Jawaban itu hanyalah sistem Instagram yang tahu. Pastinya jika tidak mau akunmu diblokir, baiknya sih jangan coba-coba posting foto telanjang, termasuk juga foto bayi atau binatang telanjang. Amannya, pakaikan saja baju untuk semua makhluk hidup di sekitarmu.

 

Ketatnya sistem seleksi pihak yang melarang tentu terkait dengan kemampuan sistem untuk mengenali potensi-potensi ke arah yang seksual. Bagaimanapun juga, apapun bisa saja jadi terkesan “seksual” jika yang melihatnya punya pikiran kotor. Sistem pemblokiran otomatis Instagram pun malah terkesan demikian. Foto kue saja bisa diblokir, apalagi 6 foto di atas.

Makanya, supaya nggak diblokir Instagram, jangan posting foto yang aneh-aneh deh; yang tidak aneh-aneh saja tetap mungkin diblokir.

 


Featured image via engadget.com