Tips Tidur Berdiri di dalam Kereta

Saat ini kereta rel listrik atau yang biasa disingkat KRL bisa dibilang menjadi salah satu unit transportasi massal utama bagi masyarakat komuter. Penggunanya pun berasal dari berbagai daerah, mulai dari Bekasi, Bogor, Tangerang, Depok, maupun daerah lainnya.

Kalau kamu pengguna commuter line yang menempuh jarak cukup jauh, KRL bisa menjadi salah satu tempat yang ideal untuk beristirahat. Sayangnya pada jam-jam padat, tidak semua orang punya kesempatan untuk dapat istirahat sambil duduk di dalam kereta.

Untuk mengakalinya, kamu juga bisa tidur sambil berdiri di dalam kereta kok. Nggak percaya? Nih simak tips tidur berdiri di dalam kereta dari Nyoozee.

 

Manfaatkan Pojokan Kereta

Pojok dekat pintu kereta bisa dijadikan sandaran untuk tidur berdiri. via nihongakkai.blogspot.comr

Pojok dekat pintu kereta bisa dijadikan sandaran untuk tidur berdiri. via nihongakkai.blogspot.comr

Kalau kamu masih amatir dalam hal ini, salah satu cara paling mudah untuk bisa tidur sambil berdiri di dalam kereta adalah dengan berdiri di bagian pojok kereta. Berada di pojok menjamin posisi berdirimu. Tak perlu takut jatuh, karena sudah tersangga oleh sudut siku-siku bagian dalam kereta.

Agar mudah tidur sambil berdiri di dalam kereta, kamu bisa segera incar tempat-tempat ini ketika baru masuk kereta: ujung bangku dekat pintu masuk kereta, pojok dekat bangku prioritas, dan pintu persambungan kereta.

Cari Posisi di Bagian Pintu yang Tidak Terbuka

Kalau tidur bersandar ke pintu, hati-hati kedua pintunya terbuka seperti ini yah. via tempo.co

Kalau tidur bersandar ke pintu, hati-hati kedua pintunya terbuka seperti ini yah. via tempo.co.

Tidak dapat pojokan? Tidak usah khawatir, karena masih ada tempat alternatif lainnya. KRL di Indonesia hanya membuka salah satu pintunya di setiap stasiun, jadi kamu bisa manfaatkan pintu yang tidak terbuka sebagai tempat tidur berdirimu.

Untuk mengetahui pintu mana yang tidak terbuka, berdirilah searah dengan arah jalan kereta. Jika sudah, maka pintu masuk yang berada di sisi kiri adalah pintu kereta yang tidak terbuka.

Tapi kalau memilih untuk tidur berdiri di sini, kamu tetap harus hati-hati ya! Sebab ada beberapa stasiun yang memiliki peron di sisi kiri atau kedua sisinya, sehingga pintu kiri tersebut kadang juga dibuka.

Jadikan ini pilihan yang terakhir. Kalau bisa, cari tempat bersandar lain yang lebih aman. Kalaupun menggunakan bagian ini, pastikan kamu tidak terlalu lelah sampai jadi tidak awas.

 

Gunakan Pegangan Plastik atau Bingkai Besi Kursi Kereta

Kamu bisa manfaatkan pegangan plastik atau pegangan bingkai besi bangku kereta. via benzano.com

Kamu bisa manfaatkan pegangan plastik atau pegangan bingkai besi bangku kereta. via benzano.com

Kalau kamu sudah cukup mahir tidur berdiri di kereta, tak perlu lagi kesulitan mencari pojok atau pintu yang tidak terbuka. Cukup manfaatkan pegangan kereta untuk membantu menjaga posisimu agar tetap stabil.

Pegangan ini biasanya ada di depan kursi kereta, atau juga kadang ada di bagian tengah dekat pintu masuk kereta. Selain pegangan plastik yang ada di atas, kamu juga bisa manfaatkan bingkai besi kursi kereta sebagai pegangan.

 

Manfaatkan Kondisi Kereta yang Padat

Kalau sudah padat, kamu bisa curi-curi kesempatan untuk tidur nih! via kompas.com

Kalau sudah padat, kamu bisa curi-curi kesempatan untuk tidur nih! via kompas.com

Jika kamu sudah menguasai kemampuan tidur berdiri di dalam kereta secara penuh, kamu bahkan tak perlu lagi memanfaatkan pojokan atau pun pegangan di dalam kereta. Salah satu prasyarat agar tidak jatuh ketika tidur berdiri tanpa pegangan adalah, pastikan kereta dalam keadaan sangat padat.

Pada jam-jam padat, KRL Jabodetabek biasanya akan amat sangat padat sampai-sampai setiap orang yang berdiri di dalamnya bisa tahan dengan ayunan kereta tanpa harus pegangan.

Maka kamu bisa curi kesempatan dan manfaatkan kondisi tersebut untuk tidur berdiri di dalam kereta. Tetapi lagi-lagi kamu harus hati-hati, kamu bisa jadi dimarahi orang-orang yang kesal dengan kamu yang seenaknya bersandar. Pastikan juga keamanan barang bawaanmu. Jangan sampai hilang ketika kamu tidur.

 

Itu dia beberapa tips tidur berdiri di dalam kereta. Untuk tahap lebih lanjut kamu mungkin bisa coba berlatih keseimbangan dengan guru shaolin atau berlatih keseimbangan dengan master Yoga. Siapa tahu kamu bisa tidur berdiri atau membaca di dalam kereta tanpa bersandar sedikit pun.

Punya pengalaman lain tidur berdiri di KRL Commuter Line? Bagikan dengan kawan-kawan Nyoozee di kolom komentar yaa.

 


Featured image oleh TrainPochi via Youtube.com