5 Google Doodle Menarik yang Menghiasi Tahun 2015

Google punya kebiasaan membuat doodle untuk merayakan hari-hari penting dalam sejarah. Hari-hari ini seperti ulang tahun Mozart, hari bohlam pertama kali ditemukan, Hari Ibu, hari kemerdekaan berbagai negara, dan lain sebagainya. Menariknya, tidak semua doodle hanya berupa tulisan Google digambar dengan gaya yang berbeda. Ada yang bentuknya animasi, bahkan ada yang berbentuk permainan dan bisa kamu mainkan jika diklik. Berikut beberapa Google Doodle menarik yang menghiasi tahun 2015:

 

Memperingati Ulang Tahun Ludwig van Beethoven yang ke-245

Tampilan Google Doodle memperingati ulang tahun Beethoven

Tampilan Google Doodle memperingati ulang tahun Beethoven. via mashable.com

 

Google Doodle biasanya dibuat untuk memperingati berbagai hal, termasuk ulang tahun dari tokoh-tokoh besar. Salah satunya dibuat untuk memperingati hari lahir Ludwig van Beethoven yang ke-245 pada 17 Desember lalu. Ludwig van Beethoven adalah seorang komposer yang cukup berpengaruh di era klasik kebudayaan barat. Ia terkenal lewat karya-karyanya seperti Symphony No. 5 op. 67 dan Für Elise.

Menariknya, di doodle ini kita bisa memainkan sebuah permainan menyusun partitur musik Beethoven sambil mengikuti kisah perjalanan menuju konsernya. Permainan puzzlenya cukup mudah, bahkan kamu tidak perlu mengerti banyak tentang partitur. Kamu bisa klik potongan partitur tersebut untuk membunyikan, setelah itu susun menjadi lagu Beethoven yang tepat.

 

Memperingati Musim Liburan

Memperingati musim liburan, Google membuat doodle yang bisa dicetak lalu dijadikan papercraft berbentuk holiday village. via google.com

Memperingati musim liburan, Google membuat doodle yang bisa dicetak lalu dijadikan papercraft berbentuk holiday village. via google.com

 

Doodle ini ditampilkan untuk memperingati musim liburan pada 23 Desember lalu. Dibuat oleh Robinson Wood, doodle ini terinspirasi dari bentuk-bentuk papercraft. Menariknya doodle ini bukanlah dihiasi oleh animasi yang menarik ataupun permainan iseng yang menyenangkan. Doodle ini berbentuk seperti mainan papercraft dan bisa dicetak di kertas, lalu dibuat menjadi papercraft betulan.

Doodle ini ditampilkan dalam versi berbeda 3 hari berturut-turut, yaitu pada 23 Desember, 24 Desember, dan 25 Desember. Pada hari kedua doodle-nya masih berbentuk mainan papercraft, tetapi berbentuk rumah. Sementara pada hari ketiga, Google menampilkan foto dari doodle hari-hari sebelumnya yang dibuat menjadi papercraft berbentuk holiday village.

 

Memperingati Hari Halloween

Permainan yang bisa dimainkan pada Google Doodle yang memperingati Halloween 2015. via smartdroid.de

Permainan yang bisa dimainkan pada Google Doodle yang memperingati Halloween 2015. via smartdroid.de

 

Hari Halloween diperingati setiap 31 Oktober dengan ciri adanya berbagai hal yang menyeramkan. Tak kalah, Google juga turut memperingatinya dengan membuat sebuah doodle yang berkesan menyenangkan. Doodle peringatan Halloween tahun 2015 bertemakan Global Candy Cup, yaitu kompetisi mengumpulkan permen yang diikuti oleh para penyihir.

Penyihir yang menjadi peserta Global Candy Cup mengenakan warna-warna yang mewakili tema warna logo Google: si merah, si biru, si kuning, dan si hijau. Untuk memainkannya pertama-tama pemain diminta memilih satu diantara 4 penyihir peserta Global Candy Cup. Setelahnya pemain harus mengendalikan si penyihir layaknya dalam permainan Flappy Bird untuk mengumpulkan permen-permennya.

 

Memperingati Hari Jadi Pony Express yang ke-155

Cuplikan permainan pada Google Doodle peringatan hari jadi Pony Express. via polygon.com

Cuplikan permainan pada Google Doodle peringatan hari jadi Pony Express. via polygon.com

 

Pada 14 April 2015, Google membuat sebuah Google Doodle yang bertemakan memperingati hari jadi Pony Express yang ke 155. Pony Express adalah sebuah layanan pengantar surat yang beroperasi dengan menggunakan kuda pada tahun 1860-1861, dari Missouri sampai California, Amerika Serikat. Kisah kejayaan Pony Express tersebut menginspirasi Google untuk membuat sebuah permainan pada Google Doodle tersebut.

Permainan dalam doodle Pony Express cukup sederhana. Pemain harus mengumpulkan surat-surat sambil menghindari berbagai macam halang rintang pada 5 jalur yang disediakan. Untuk menghindari halang rintang tersebut, pengguna cukup menekan tombol atas dan bawah pada tombol keyboard.

 

Doodle Ulang Tahun Hedy Lamarr ke-101

Logo Google ketika memperingati hari lahir Hedy Lamarr. via google.com

 

Sejauh ini yang kita tahu Google Doodle biasanya berbentuk animasi, bentuk lain dari logo Google, atau permainan-permainan. Ternyata tidak hanya itu saja. Untuk memperingati ulang tahun Hedy Lamarr yang ke-101, Google membuat sebuah film animasi pendek untuk menunjukkan perjalanan karir Hedy Lamarr.

Hedy Lamarr adalah seorang aktris asal Austria yang lahir pada 9 November 1914 dan meninggal pada 19 Januari 2000. Perjalanan karir Hedy tidak hanya menjadi seorang aktris saja. Ia juga menjadi penemu, bahkan membantu pasukan sekutu dengan penemuannya. Penemuannya termasuk pengembangan lampu lalu lintas dan frequency hopping system, teknologi layaknya pada wi-fi, bluetooth, GPS, dan sinyal telepon genggam.

 

Sebagai tambahan informasi, semua Google Doodle tersebut masih bisa kamu akses dan mainkan meski waktu tampilnya sudah lewat loh. Doodle tersebut bisa kamu akses melalui pranala google.com/doodles.

 


featured image via ibnlive.com