8 Alasan Superman Tidak Sekeren Batman


by DC Comic

Di antara perdebatan kerupuk vs keripik, bubur ayam yang diaduk atau tidak, muncul lagi perdebatan baru menjelang penayangan perdana film Batman v Superman: Dawn of Justice. Seperti judul filmnya, perdebatan ini berkutat pada siapa yang kamu dukung, Batman atau Superman?

Namun satu hal yang pasti adalah, kamu punya alasan untuk tidak mendukung Superman. Berikut di antaranya.

 

1. Terlalu Kuat

via io9.com superman stronk

Iya kamu kuat mas. via io9.com

Kekuatan super, kecepatan super, bisa terbang, pendengaran super, kebal, dan berbagai kekuatan lainnya jelas membuat Superman dapat dikatakan sebagai superhero. Sayangnya, semua kekuatan tersebut justru cenderung membuat ia menjadi sosok superhero yang terlalu sempurna, kurang relatable.

Berkat kekuatannya, Superman hampir tak dapat dikalahkan; kecuali oleh sang musuh bebuyutan, Doomsday. Selain membuatnya terlalu sempurna, kekuatan tersebut juga punya risiko untuk disalahgunakan. Salah satu contoh penggambarannya terdapat dalam seri komik Injustice. Di situ diceritakan bahwa ia menggunakan kekuatannya untuk berkuasa mengamankan dunia dengan tangan besi.

 

2. Kisah dan Karakternya Cenderung Membosankan

vai timlevins.deviantart.com dc_super_heroes__cyborg_superman___10_by_timlevins-d5ultux

Supes melawan versi cyborg dirinya sendiri. via timlevins.deviantart.com

Seperti kita semua tahu, pahlawan super satu ini punya kekuatan yang mahadahsyat sampai-sampai membuat dirinya hampir tak terkalahkan. Hal tersebut membuat petualangannya cenderung membosankan untuk diikuti. Apalagi musuh-musuhnya kurang variatif. Sedangkan Batman lebih manusiawi dan musuhnya pun lebih beragam.

Pada akhirnya karakter yang ditampilkan untuk menyainginya jadi cenderung monoton. Karakter pesaingnya jadi berkutat pada penghuni Krypton lainnya atau berbagai Superman versi alternatif; entah versi cyborg, atau kloning dirinya sendiri.

Secara karakter pun manusia super satu ini cenderung membosankan. Sosok yang terlalu sempurna membuat karakternya jadi mudah ditebak; tidak seperti Batman, atau malah anti-hero yang sulit ditebak dan justru jadi menarik karena sisi buruknya.

 

3. Meski Super, Cenderung Terlalu Lembut pada Musuh

via forums.superherohype.com

Supes terkesan menahan diri ketika melawan Zod. via forums.superherohype.com

Superman sering diceritakan sebagai sosok yang baik hati dan berbudi luhur. Sayangnya kebaikan hatinya kadang membuat ia menjadi terlalu lembut pada musuh-musuhnya. Ia tak ingin menggunakan kekerasan secara berlebihan.

Salah satu contohnya adalah ketika Superman bertarung melawan Jendral Zod dalam film Man of Steel. Pada awal-awal pertarungan ia terkesan menahan diri, akibatnya jendral Zod semakin menjadi-jadi dengan kekuatan yang terus bertambah.

Di akhir pertarungan, ketika kota Metropolis sudah setengah hancur, baru akhirnya Superman secara terpaksa memilih membunuh Zod karena tindakannya yang semakin mengancam banyak hayat hidup manusia. Hal ini yang membuat ia jadi kalah keren dibanding Batman, yang selalu bersikap tegas dan keras pada musuh-musuhnya.

 

4. Kalah oleh Sebuah Batu

via screerant.com Kryptonite-Batman-V-Superman

Penjual bacan : “Nih bacan kang Sup”, Superman: “Ampun om aku nyerah”. via screenrant.com

Kelemahan seorang alien super terhadap Kryptonite ini terkesan konyol. Di antara sekian banyak bentuk kelemahan lain, Superman diceritakan lemah di hadapan batu yang bentuknya seperti batu akik.

Mungkin kalau Clark Kent ke Indonesia ketika batu akik masih tren, ia akan ketakutan setengah mati melihat batu bacan yang wujudnya mirip dengan Kryptonite. Apalagi masih banyak bapak-bapak yang mengenakan cincin batu ini di mana-mana.

Kalau Batman? Mungkin malah bisa koleksi batu-batu akik mahal termasuk Kryptonite di rumahnya. Karena ia tak punya kekuatan super, ia tak perlu takut kehilangan kekuatannya.

 

5. Kostum Aneh dengan Celana Dalam di Luar

via superman.wikia.com Golden_Age

Pamer celana dalam baru. via superman.wikia.com

Seperti yang kita semua tahu, entah mengapa terdapat elemen janggal ini pada kostum Superman. Dalam kostum-kostum lamanya, ia seolah menggunakan celana dalam di luar kostumnya. Untungnya untuk versi terkini ia akhirnya “bertobat” dan tidak lagi menggunakan celana dalam di luar kostum.

Dibandingkan kostum Batman, jelas kostum Batman lebih keren. Dengan warna hitam yang elegan, Batman siap menyaru dalam malam.

 

6. Alien Berkedok Manusia

via dualshockers.com Superman-New-52

Superman sang alien berwujud manusia asal planet Krypton. via dualshockers.com

Meski secara fisik Superman digambarkan memiliki bentuk tubuh sama seperti manusia lainnya, secara teknis ia tetaplah alien. Dibandingkan Batman yang adalah manusia biasa, jelas Batman lebih relatable. Kamu tidak bisa menjadi alien berkekuatan super, tapi kamu bisa jadi kaya dan menciptakan penemuan-penemuan untuk membuatmu superhero.

Lalu coba bayangkan bila Superman muncul dalam wujud alien-alien aneh seperti dalam film Men In Black. Kita mungkin tidak akan dengan mudahnya percaya atau mengidolakannya. Bisa saja pada awalnya kita akan tetap ketakutan meski niat dan tujuannya sama persis dengan ia yang berwujud manusia.

7. Superman Lebih Miskin Dibanding Batman

via pinterest.com eea3a39448b4244d749de59f166e9a00

Clark Kent bersama ibunya Martha Kent. via pinterest.com

Meski Superman punya Fortress of Solitude yang super megah, tetap saja pekerjaannya hanyalah seorang wartawan Daily Planet. Belum lagi latar belakangnya yang berasal dari keluarga petani, membuat Superman jelas kalah saing dengan Batman.

Pada sisi lain, Bruce Wayne alias Batman punya latar belakang keluarga bangsawan. Sejak Bruce kecil, keluarganya merupakan pengusaha kaya raya yang punya banyak harta. Setelah kepeninggalan Ayah dan Ibunya, Bruce pun menjadi kaya karena diwarisi harta dan Wayne Enterprises; perusahaan turun-temurun milik keluarga Wayne.

 

8. Superman Lebih Cupu Dibanding Batman

Si cupu Clark Kent. via journeyintothespectrum.wordpress.com

Si cupu Clark Kent. via journeyintothespectrum.wordpress.com

Hal ini merupakan salah satu hal yang jelas membuat sang alien maha kuat kalah telak dari sang bocah kaya penumpas kejahatan. Di antara sekian banyak bentuk alter-ego, Superman memilih menjadi Clark Kent, seorang wartawan cupu yang berasal dari desa. Bahkan Clark harus menjadi Superman terlebih dahulu demi memikat sang pujaan hati, Lois Lane.

Sementara di sisi lain, sang ksatria kegelapan punya alter-ego sesosok pemuda kaya, super keren, dan pujaan para wanita, Bruce Wayne. Tanpa harus menjadi Batman pun, banyak perempuan tergila-gila padanya. Bahkan ketika menjadi Batman, Ia tetap menjadi sosok keren bagi para pahlawan perempuan; Mulai dari Catwoman, Wonder Woman, sampai Black Canary.


 

featured image by DC Comic


No Comments

Comments are closed.