Tidak Hanya Superhero, Karakter Horor Ini Juga Saling Bertarung

Setelah sebelumnya Nyoozee membahas pertarungan Batman v Superman serta pertarungan superhero lainnya, kita beranjak ke dunia yang lebih kelam dan misterius. Dunianya para karakter horor. Walaupun biasanya objek teror karakter horor ini adalah manusia, ada kalanya mereka justru meneror satu sama lain.

Nggak percaya? Coba saja terus baca sampai bawah.

 

1. Vampir vs Manusia Serigala

via moviepilot.com

via moviepilot.com

Kedua karakter horor ini, baik vampir ataupun manusia serigala, seharusnya sudah cukup familiar. Awalnya kedua karakter ini ditampilkan dalam film yang berbeda. Misalnya vampir sudah ditampilkan sejak film Nosferatu tahun 1922. Sementara dalam film, karakter manusia serigala pertama kali muncul di Werewolf of London tahun 1935.

Penggabungan dan narasi bahwa kedua karakter ini saling bermusuhan karena itu bisa dibilang relatif baru. Bukan semesta Twilight Saga apalagi versi kacangan lokalnya, Ganteng-Ganteng Serigala, yang pertama kali menggabungkan kedua makhluk horor ini.

Film yang kelihatannya pantas untuk didaulat sebagai yang pertama kali mempopulerkan cerita permusuhan ini adalah Underworld.

via underworld.wikia.com

via underworld.wikia.com

Uniknya dalam film yang rilis tahun 2003 itu (ketika novel Twilight masih dalam angan-angan pengarangnya, Stephenie Meyer), bangsa vampir dan manusia serigalanya bukanlah makhluk supernatural. Mereka justru lahir karena terpapar virus yang diwariskan oleh leluhur mereka yang seorang manusia.

Bibit permusuhan muncul karena pada perkembangannya, bangsa manusia serigala dijadikan sebagai budak bangsa vampir. Bangsa manusia serigala kemudian memberontak dan permusuhan tersebut terus berlanjut.

 

2. Freddy Krueger  vs Jason Voorhees

via fridaythe13th.wikia.com

via fridaythe13th.wikia.com

Freddy Krueger adalah karakter horor dari waralaba film A Nightmare on Elm Street. Film yang disutradarai oleh Wes Craven tersebut pertama kali muncul tahun 1984 dan hingga era 2000-an sudah punya tujuh sekuel-prekuel.

Freddy Krueger yang juga muncul sebagai referensi dalam Deadpool meneror korbannya, anak-anak sekitaran Elm Street lewat mimpi. Apesnya, kalau Freddy Krueger membunuhmu dalam mimpi, kamu tidak akan kembali lagi ke dunia nyata.

Kalau Freddy Krueger membunuh lewat mimpi, cara Jason Voorhees membunuh lebih konvensional. Ia punya parang panjang untuk membabat para korban-korbannya. Karakter Jason Voorhees ini berasal dari waralaba film Friday the 13th. Dengan plot yang begitu-begitu saja, film ini sudah punya sepuluh sekuel-prekuel hingga tahun 2000-an.

via fanpop.com

via fanpop.com

Kedua karakter horor ini bertemu dalam film Freddy versus Jason. Dalam film produksi tahun 2003 itu, Freddy Krueger mengelabui Jason Voorhees untuk pindah lokasi membantai ke Elm Street.

Tujuannya supaya anak-anak muda di sana, yang tidak kenal dengan sosok Jason Voorhees, mengira pembunuhan yang terjadi adalah akibat kembalinya sosok Freddy Krueger. Kalau anak-anak itu mengingat dan kembali takut dengan Freddy Krueger, karakter horor tersebut bisa kembali meneror lewat mimpi.

Tapi lama kelamaan Freddy Krueger kesal mangsanya dibunuh duluan di dunia nyata oleh Jason. Akhirnya ia keluar dari alam mimpi dan bertempur melawan Jason di dunia nyata.

 

3. Alien vs Predator

via unitedmonkee.com

via unitedmonkee.com

Alien adalah karakter horor dari waralaba film Alien. Karakter ini pertama kali dimunculkan dalam film Alien tahun 1979 yang disutradarai oleh Ridley Scott. Karakter Alien hidup seperti makhluk parasit, butuh tubuh manusia sebagai inangnya, sebelum kemudian menetas.

Predator adalah karakter horor dari waralaba film Predator. Pertama kali muncul dalam film Predator tahun 1987, makhluk tersebut terlibat hubungan memburu-diburu dengan Arnold Schwarzenegger. Predator, sama seperti Alien, merupakan makhluk dari luar bumi. Ia datang ke bumi dan membunuh manusia untuk tujuan senang-senang, sekaligus menguji kemampuan bertarungnya.

via tumblr.com

via tumblr.com

Mereka bertemu dalam film keluaran tahun 2004, Alien versus Predator. Dalam film itu, diceritakan predator datang 100 tahun sekali ke bumi untuk memburu alien yang mereka tempatkan di dalam piramida di Antartika. Tujuannya adalah sebagai ritus pendewasaan diri bagi para predator.

 

4. Pocong vs Kuntilanak

via elakiri.com

via elakiri.com

Terinspirasi oleh film Hollywood yang mempertemukan karakter horor yang sudah populer, sineas Indonesia tidak mau ketinggalan memproduksi film sejenis. Di tahun 2008, muncul film Pocong versus Kuntilanak.

Kedua hantu ini memang sudah berbelas hingga berpuluh kali dipakai dalam sejumlah film horor. Hantu pocong misalnya muncul dalam Pocong 2, Pocong 3, Pocong Jalan Blora, Pocong Keliling, Pocong Kamar Sebelah, dan berbagai judul ajaib lainnya.

Begitu pula dengan karakter kuntilanak. Mencoba mengikuti kesuksesan karakter kuntilanak yang diperankan Suzanna, di tahun 2000-an muncul berbagai judul film kuntilanak yang tidak kalah ajaib. Mulai dari trilogi Kuntilanak-nya Julie Estelle, Paku Kuntilanak, Kuntilanak Kesurupan, Pacarku Kuntilanak Kembar, hingga Kuntilanak Beranak (wow, judulnya berima).

Film Pocong versus Kuntilanak sendiri bukan sekuel atau prekuel dari film pocong dan kuntilanak lainnya. Pembuat film hanya mengolah kembali karakteristik pocong dan kuntilanak yang sudah biasa ditampilkan di film-film lainnya.

Lantas apa yang menyebabkan mereka bertarung? Alkisah ada kuntilanak yang berperan sebagai piaraan atau penjaga suatu keluarga (keluarga itu pasti belum pernah baca artikel Nyoozee yang ini). Di sisi lain ada seorang pemuda yang di masa lalu menyimpan dendam kesumat terhadap keluarga tersebut. Pemuda ini terus memelihara dendamnya, bahkan sampai ketika ia mati dan menjadi pocong.

 

5. Sadako vs Kayako

via itanatsu-chan.deviantart.com

via itanatsu-chan.deviantart.com

Sadako adalah karakter horor dari waralaba film Ringu. Film ini pertama kali keluar tahun 1998. Pasti kamu hafal deh dengan karakter horor yang satu ini. Itu lho, hantu dengan wujud perempuan berambut panjang berbaju putih yang keluar dari TV.

Nah, nantinya Sadako akan dipertemukan dengan Kayako, sosok hantu yang mati dibunuh suaminya dari waralaba film Ju On. Di Jepang, film Sadako vs Kayako baru akan rilis bulan Juni 2016 nanti. Kira-kira seperti apa ya pertemuan mereka? Apakah mereka akan bertarung atau justru malah mengharu biru mengingat keduanya senasib sepenanggungan?

 


featured image via amazon.com